Palangkaraya, kota cantik

5 Okt

jembatan kahayan

PalangkaRaya merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Tengah. Kota yang baru-baru ini baru merayakan ulang tahun emasnya ini bener-bener kota yang masih sedang mencari jati diri menurut gw. Gw yang sudah tepat 2 thn di kota yang dijuluki kota cantik ini belum merasakan perkembangan yang sangat berarti selama 2 thn ini.

Foto diatas adalah view kota dari jembatan, dimana kotanya masih sepi, ya jelas kepadatannya masih 62 jiwa orang lebih per km2 nya dari total wilayah yg luasnya 2678 km2.

N foto dibawah adalah landmark kotanya yaitu jembatan kahayan.

Jembatan kahayan2

kenapa kahayan? Karena nich jembatan emang nyebrangin sungai kahayan. O iy, ni kota emang berada di pinggir sungai Kahayan, kayaknya ntar klo berkembang, ni sungai bakal dibilang membelah kota , hehehehe, maklum kotanya masih rame yg seberang saja.

N dari segi sisi tata kota, ni kota emang punya tata kota terbaik kayaknya dach di Indonesia, gw malah pernah denger koq klo kota ini pernah dianugrahi sbg kota dg tata kota terbaik, tp gw belom pernah dapet datanya euy. Jalannya udah lebar-lebar, n perkantoran juga teratur rapi, palagi sekolahannya juga terkumpul di satu tempat, n perumahan berada di pinggir-pinggir kotanya, so di tengah-tengah berada kawasan perkantoran dan bisnis yang dikelilingi perumahan.

Untuk fasilitas hiburan, baru ada 1 mal ato lebih tepatnya masih plaza kayaknya, namanya PalangkaRaya mall yg baru buka beberapa bulan yg lalu, ya gitu dach masih syarat ada sbg pusat perbelanjaan, belum ada apa2nya sich isinya. Trus untuk tempat nongkrong anak muda di sepanjang jalan Yos Sudarso ada cafe-cafe Tenda klo malamnya, palagi klo malam minggu, ni pusat kumpul2nya anak muda.

About these ads

91 Tanggapan to “Palangkaraya, kota cantik”

  1. rudyhilkya 10/10/2007 at 6:28 pm #

    palangka raya kota sepi …. habis masih banyak orangnya masuk utan ;)

    • edhoewarnet 22/09/2009 at 5:12 pm #

      tapi banyak duitnya cuy..

      • yerisevina 31/01/2010 at 12:36 am #

        sapa bilang , skrng dah rame tau . . .
        toh nda s’mua pnghuni kota ne msuk k’hutan . .. .

    • ning 17/05/2010 at 12:02 pm #

      ati-ati ya kalo ngomong palangkaraya itu kota cantik dan orgnya jg ramah2 apalagi skrg tambah cantik

  2. GWnya 22/10/2007 at 1:18 pm #

    @rudyhilkya : yup bener..kotanya sepi…tp orang utan emang ada koq…wakakaka..

    • tezar 26/01/2010 at 1:15 am #

      tp gagitu juga ko …..!

  3. kris 25/10/2007 at 2:05 am #

    palangka raya cewe2 cantik2

  4. krisi 25/10/2007 at 2:06 am #

    palangka raya cewe-2 nya cantik2 dan putih2

  5. STR 25/10/2007 at 9:28 am #

    Palangkaraya ama Pangkalan Bun yg jadi poto hider atas itu deket gak??

  6. GWnya 25/10/2007 at 10:04 am #

    @krisi : iya..ceweknya putih2 n cantik2..denger2 masih da hub ma Mongol di daratan china sono

    @STR : PLK-PBU 10 jaman..n klo ke pantai yg di hider atas 1 jam dari PBU…ayo buruan jalan-jalan ke Kalteng teluk Kubu itu cakep nian

  7. STR 25/10/2007 at 11:14 am #

    Ya, ya, ya, ntar kalo ada duit aku cabut ke sana. Kalo gak ada, jalan-jalannya lewat blogmu aja! Nama lengkapmu siapa? Mau aku tambahkan di blogroll-ku.

  8. GWnya 26/10/2007 at 5:22 am #

    trims banyak sekali..cukup ditulis – Anno’ d traveller – juga gak papa…
    tq bro…o iy..gw ternyata blm punya blogroll….ok dach..gw juga bakal bikin juga

  9. krisi 31/10/2007 at 1:04 am #

    palangka raya tempat yg paling rami pada malam hari di mana

  10. GWnya 31/10/2007 at 6:00 am #

    @krisi : coba ke jalan yos sudarso dekat Bunderan Besar..pasti rame terus…palagi klo malam minggu..tempat ngumpul anak2 muda…

    • yerisevina 31/01/2010 at 12:39 am #

      yupz tul buanget . . .
      coz d’situ Malioboro’y Palangkaraya . . . law dah mlm minggu beuh , asli padat’y minta ampun . . .

  11. Syarif Winata 02/11/2007 at 8:19 am #

    Hallo, Salam kenal…

  12. krisi 03/11/2007 at 7:44 am #

    oooo di palangka raya pada musim kemarau ke maren kata nya orang rame mancing ya itu ikan apa yang dapat ya

  13. Laksono 21/11/2007 at 12:20 am #

    setuju mas… palangka raya kotanya rapi dan bersih tata kotanya bagus dah di set dari awal kayaknya…

    hem… kayaknya saya bakal kangen palangkaraya nih

  14. anas 14/02/2008 at 11:19 am #

    dari segi fasilitas palangka raya emang jauh ketinggalan dari kota tetangganya banjarmasin.tapi wajah kota nya itu lho!….minta ampun rapinya.belom lagi perkantoran pemerintahannya yang rata2 besar dan punya halaman luas.
    tempat paling berkesan bagi aku di palangka raya adalah taman kum kum nya.benar2 menggambarkan hutan kalimantan bro.

    >>>>yup…tata kota palangkaraya mnrt gw emang paling bagus…Kum Kum lokasinya emang cozy bgt

    • Samitra.md 06/12/2011 at 4:43 pm #

      kum kum cuma ada satu buaya doank masih hidup nggak ya, saya tiga tahun dipalangka terakhir ninggalin palangka maret 2010

  15. farid 06/03/2008 at 3:08 pm #

    Jangan sampai deh Palangkaraya bener-bener dijadiin IBUKOTA, kalo jadi pasti ancur dah (tega nian si presiden kalo sampai jadi!!!)

    >>>>ternyata ada juga yg gak setuju toch….

    • yerisevina 31/01/2010 at 12:44 am #

      yupz ane stju , law IBUKOTA INDONESIA d’pndahin k paray ( singktan keren’y Palangka Raya ) yg ad ta2nan kota yg dah d’atur s’dmikian rapi bkal brntakan lg , coz pasti’y n’tar bkl bnyk prubahan yg d’lakukan untuk pmbenahan n ta2 kota yg baru . . .

  16. anas 14/03/2008 at 2:41 pm #

    pencetus awal palangka raya mo dijadikan ibukota RI adalah Bung Karno.bahkan katanya amin rais juga pernah melanjutkan niatan itu.tapi kayaknya perlu byk pertimbangan.
    gw sih setuju aja…tapi palangka bakalan byk berubah ya…

    >>>>paling ngak…pesawat semakin banyak yg ke palangka..n bakal lebih rame lagi n franchise-franchise juga bakal menjamur….wekkkkk….

  17. rina 26/03/2008 at 11:24 am #

    pasti x bakalan byk perubahan.area taman2 kum2 tuh bisa2 jd x berada ditengah kota nanti, coz palangka bakal nyebrang sampai sono.kan jd ibukota bakalan byk penduduk and bangunan.

    >>>>ckckckck…..bakal jadi gak ya….

  18. asti 09/04/2008 at 2:58 pm #

    Aku mau pindah ke Palangkaraya dalam waktu dekat ini.. Lagi cari-cari kontrakan rumah nih.. Ada info ga? Daerah yang aman dan enak buat tinggal gitu.. Makasi yaaa..

    >>>>behhh..kayaknya gw kenal nich ma namanya ..:p…..wekekeke….tenang..udah dicariin koq…..deket2 kami ja biar kami gangguin…wuahahahaha….

  19. ito' 22/06/2008 at 2:11 pm #

    Kl udh smpe bandara cilik riwut, trus mw ke jalan yos sudarso No.5, naik apa ya? Kl bisa, yg lengkap dan jelas ya. Aq dpt kerja di sana, asalq dr lampung. Insya Allah minggu depan udh berangkat. Trus kl mw nyari kos2an di deket situ dimana? Dan harga per bulannya berapa? Thanks ya. Plizz help me!

    >>>>dari bandara ada taxi koq 50ribu ke Yos Sudarso itu….tapi klo mo lebih murah anek ojek 25ribu ja…
    behhh…welcome to the jungle fren…wekkkkssss.
    klo kos2an di yos sudarso sich banyak, disitu daerah kampus….antara 300-600ribu/bulan…

  20. ito' 24/06/2008 at 3:47 pm #

    Dari bandara ke KPP palangkaraya (kantor pelayanan pajak) jalan yos sudarso no.5 brp jam ya naik taxi? Di sekitar KPP itu banyak kos2an gak? KPP dekat dengan universitas ya? Sorry msh awam. Blm prnh ke sn.

    >>>>disini gak ada yg jauh koq bro….o lo pasti anak STAN yg ditempatin di pajak PLK….selamat..selamat….bandara- yos sudarso paling setangha jam doank paling lama ..kecuali lo diajak muter dulu ke BJM ato sampit…wekekekekke…jln yos sudarso itu kayak dagonya bandung lah….walah….banyak aja koq kos dekat sono…

  21. ito' 03/07/2008 at 9:52 am #

    Thanks bro.. Aq udh dpt kos nih. Eh, kl mw beli laptop di mn ya? Toko komputer yg jual laptop yg lengkap gitu..

    >>>>selamat dach bro…lo gak nyasar ke hutan….wekekekeke….klo menurut gw mending lo nyari di jkt jach…harganya mahal euy disini

  22. nugraha 05/08/2008 at 12:20 am #

    jadi kangen nih ama palangka raya, meskipun belum genap sebulan pindah ke yogya…ya emang betul plkr punya tata letak kota yang sangat bagus, saya salut sekali. saya hampir 2 tahun hidup di sana. by the way, ada yg baru penempatan di kpp palangakaraya ya? selamat ya…saya dulu jg pegawai di sana.

  23. danummurik 08/08/2008 at 9:56 am #

    Palangkaraya sebagai ibukota Kalimantan Tengah yang memiliki tata ruang kota yang baik, seingat saya yang melakukannya adalah arsitek dari Rusia. Barangkali ini ada hubungannya dengan kedekatan Bung Karno dengan pemerintah Rusia waktu itu, terlebih lagi Bung Karno pernah datang pada saat pembukaan Kota Palangkaraya.

  24. Lya 08/09/2008 at 12:27 pm #

    Palangka Raya mang kota cantik….
    Aq sangat bangga jadi orang kalteng…
    Walaupun kotanya ga serame di jawa…
    Tapi kota bersih dan sejuk…
    Tata kotanya rapi…
    Sebenarnya kalo budaya kalteng lebih dipromosiin lagi pasti deh budaya qta ga kalah kerennya ma budaya – budaya Indonesia yang lain…
    Perlunya peningkatan sumber daya manusianya negh…

  25. ixan 11/09/2008 at 12:36 pm #

    sy baru 2 bln pindah ke palangkaraya……..dulu cuma liat dipeta aj,ternyata malah pindah kerja disn,tatakotanya bagus…menurut sy pemda perlu terobosan2 untk lebih menggeliatkan ekonomi kota pky ini,dengan mendirikan kawasan industri kota,sehgg terjd percepatan perputaran uang/ekonomi yg cepat,dan terbukanya lapangan kerja dikota pky,kota pasti lebih hidup dan rame dan kota pky tdk sebatas kota pemerintahan semata,ttp jg sebg kota bisnis,demikian pendapat sy..

    >>>>eamng buar dibikin bisnis..cocok si dawerahnya yg datar n tanahnya gak produktif….daripada di jaw ayg tanah subur…tapi ribet buat lalu lintas barang kali…angkutannya sungai n mulai dangkal kayaknya…

  26. sandi 28/09/2008 at 9:54 am #

    ya palangka itu sepi banget. makany gue mau di mutasi kerjakan ke kota ini hihihi.. ntar nunggu ramenya aja..

    >>>>lo mo mutasi ke PLK?….senasib dach ma gw….

  27. Panda 19/10/2008 at 10:41 am #

    Palangka Raya benar-bnar kota cantik. selama ni sudah banyak kota yg ulun singgahi dlm rangka bekerja, hampir seluruh jawa, sumbagsel, dan sekarang Plkry yang paling cantik.

    meski baru 3 bulan sangat betah rasanya.

    apalagi kalau sudah dapat temen mancing nantinya. hoby satu ini belum tersalurkan padahal di lumbung ikan alami.

    >>>>selamat datang di kota cantik palangkaraya bro….
    iy..disini hobi yg bisa banget disalurkan adalah mancing….

  28. Brenda 29/10/2008 at 9:35 am #

    Ternyata banyak juga yach orang yang suka ma paray,jadi kangen pulang ne habis dijogja beda banget ma paray and juga sudah kangen ma teman2 ku yang disana….gimana yach kabar mereka sekarang!!!! Paray mang keren banget sampai aku tiap hari kebayang pulang terus,fadahal aku baru 5 bulan ninggalin faray buat kuliah dijogja…..eh btw Palma nya masih kayak dulu or dah berubah yach…????

    >>>>hehehehe….tapi gw kangen pulang ke jakarta n sumatra euy…

    PALMA?..masih kayak dulu..cuman foodcourt doank ganti n mo buka 21 bulan januari ini

  29. AizzT 29/10/2008 at 2:15 pm #

    hmmm
    ktanya palma mwu bwat 21

    bner ga??

    >>>>nach ini nanya 21?…bulan januari ktnya…4 studio

  30. Taufik Hidayat 03/11/2008 at 4:51 pm #

    Sekalipun saya belum pernah ka Palangkaraya, dari beberapa sumber menyatakan bahwa ada beberapa ICON yang perlu digali yang memungkinkan munculnya investasi baru bagi pengembangan kota. Pemkot, khususnya Pemerintah Provinsi perlu mengajak berbagai elemen masyarakat (birokrat, pengusaha, LSM, perguruan tinggi, dll) untuk merumuskan pengembangan kota. Sektor pariwisata (buatan dan alami) perlu ditelusuri karena saya yakin, masih banyak potensi alam yang representatif untuk dijadikan ICON Palangkaraya.
    Ayo…hijaukan kotamu…tebarkan benih untuk paru-paru kotamu, kalau tidak sekarang….., kapan ???
    Dari kami (081 … 135 135)

    • tezar 26/01/2010 at 1:23 am #

      yoi p lg sungai kahayan bisa d bikin suatu tempat yang bisa untuk masyarakat lain meikmati keindahannya, memang harus d rubah dikit pesona nya.

  31. pradzt 21/11/2008 at 12:34 pm #

    toko game di palangkaraya dimana aja sich?????

  32. Brenda lorenty 24/11/2008 at 3:30 pm #

    Gmna keadaan paray deket natalan n taon baru dah rame pa lum….?
    Oh yach btw desember n taon baru paray ngadain acara pa’an…………..

  33. AizzT 30/12/2008 at 9:40 pm #

    4 studio ???
    alhamdulilah …ad kemajuan .
    palangkaraya jg skr ud ad kmajuan pesat .
    dlam wktu brsmaan .palangkaraya buat 3 hotel . hotel berbintang lgi .
    cihuy …. mudahan ad cabang grand .. hahahahaha

    >>>>amieeen

  34. viki 31/01/2009 at 6:11 pm #

    11 jempol to palangkaraya.sip bgt go to lo.cuman kok sepi yah misalnya az taman-taman gitu,masa disitu aja sc kan bosan.trus ceweknya cantik 2x uei,tapi ganas bangat jadi takut deh…he..he cuma bercanda

    >>>>sekarang lagi normalisasi taman2 dach kayaknya nich pemrov ..ada di bunderan kecil dan tugu nol yg lagi dibenahi

  35. sreve 15/02/2009 at 5:04 pm #

    palangkaraya makananya enak2,sebenarnya antara jkt ma plk gw lbh senang tinggal d plk,makananya enak2,biaya hidup murah,di bandingin jkt rutinitasnya itu2 aja,paling k mall,clubing,nongkrong2,di tambah lagi macet,sangat membosankan,tingkat stres gw lbh tinggi,klo di plk kayanya hidup gw tenang,bisa ngeliat hutan,bukit,gag macet,biaya hidup murah,untuk beli sebuah rmh pun enak,gw disni beli sebuah apartemant di kemang village aja udah ngeluarin 1,9 M..sebenarnya plk bisa maju,lewat kebudayaannya,..contohnya bali mereka bisa maju lewat kebudayaannya,walaupun untuk letak geografisnya bali lbh bagus karna view laut..plk raya bisa membuat sebuah villa atau cottage,dgn view sungai atw bukit2nya..dibantu lagi dgn kebudayaan khas Kal-Tengnya..itu akan menarik minat turis2 asing utk berkunjung k plk…karna org2 yg sudah terlalu lama tinggal di sebuah kota2 metropolitan atw megapolitan akan mencari t4 dimana tingkat2 pembangunan modern yg tidak begitu banyak,waktu gw liburan k vietnam itu kota sangat jauh dr modernsnisasi,plk dibandingkan vietnam lbh jauh modern plk,tp kota vietnam sudah dilindungi badan unesco dan mndpatkan penghargaan oleh badan tsb,sebenarnya plk masih bisa untuk diperbaharui segali masih belum banyak pembangunan,pemerintah harus meliat dmn letak2 yg harus di prthankan keasriaanya,misalnya di seberang sungai kahayan,buatlah sebuah villa atw cottage yg dmn hutannya masih dipertahnkan,dr pd pembangunan2 ruko2 gag jelas yg ada di seberangnya…untk kawasan tangkiling pembangunan villa disitu jg sangat bagus,seperti pd waktu liburan gw di thailand dmn sebuah villa berdiri dgn nuansa hutan,itu bisa terjadi di plk seandainya ada investor yg mau menanam sahamnya,:)
    tp skg investornya skg malah ingin membangun sebuah hotel berbintang dgn desain yg modern seperti di jl.iman bonjol..sbnernya bagus tp alangkah lbh bagus lg klo membuat sebuah villa di daerah seperti tangkiling,seberang sungai kahaayan,di jamin pasti bnyk turis2 mancanegara yg akan datang,apalagi kebudayaan kalteng sangat bagus dan memiliki nilai seni untk kacamata turis2 asing..dr pd hanya memikirkan sebuah modern tetapi nanggung,liat aja banjarmasin,plk banjarmasin jauh keliatan indah drp bjm,karnan buat gw proses pembangunan yg sangat modern tetapi tidak sempurna hanya sia2 saja,meliat jkt saja jauh ketinggalan dgn singapura negara tetangga,monorel aja udah terbengkalai,utk pembangunan busway harus menaiki jembatan yg sangat tinggi..makanya tingkat stress disini sangat tinggi,.ayo semua instansi yg terkait dukung plk untuk maju,lewat kebudayaan>>THANKS

    >>>>sip..ok dach..akhirnya ada suka yg nyaman tinggal di PLK..dari yg gw baca diatas …penduduk pendatang juga yach…..baru kali ini ada yg ngaku suka….
    tp btw klo suka, kenapa beli apartemen di jkt..blm jadi lagi tuch apartemen…..hehehehe

    • iman 25/11/2012 at 9:23 am #

      bgs samarinda

  36. Na2y 28/02/2009 at 12:08 pm #

    Palangkaraya kota cantik yg suepiii bgttt……. tp enak kerja di sana jd bisa nabung terus krn gk tau mo belanja dmana hehehe…..

    >>>>sama kita boss..jadi nabung pelampiasannya….tapi sekalinya ketemu kota juga ludes tabungan…hehehehe

  37. dhany 05/04/2009 at 6:09 am #

    kota yang cntik

  38. koemannakal 09/04/2009 at 12:09 pm #

    tgl 27 april ni gw mau kesana nih… benarkah cewe2nya cantik2?

    >>>>ceweknya putih2 n sperti keturunan cina

  39. made tirtha 21/05/2009 at 4:35 pm #

    ada toko lampu hias gak disana ?

  40. robbymilo 15/07/2009 at 5:29 am #

    Hi… bagaimana perkembangan Palangkaraya sampai saat ini saya baru merapat di banjarmasin hari Jum’at minggu lalu.. dan ini masih putar2 kalimantan tengah. Masih belum memutuskan untuk lanjut gas ke kalten or kaltim.. have any idea??

  41. uca 07/09/2009 at 3:29 pm #

    hehehe…palangka raya katanya kota cantik, dari segi wajah kotanya apa brand image’nya sebagai kota cantik itu ya? bingungggggggggggggggggggggggg

    >>>>bisa juga kebersihannya n tata kotanya juga cantik

  42. regenstyawan 17/09/2009 at 12:44 pm #

    hae paray?

  43. regenstyawan 17/09/2009 at 12:46 pm #

    duch sneng bgt ya bsa gliat kota palangka raya lg…. BTW ce paray mana ni?

  44. cahaya 17/09/2009 at 11:56 pm #

    kota palagaka menarik si tapi sayang jauh bnget dari jakarta malahan gw juga penasaran ma kota palangka kapan ya gw bisa ke kota cantik itu

  45. adhe_cuvhu 07/10/2009 at 5:41 pm #

    paaaaaaaaaaaaaaaaaaaaray………………..
    mmmmmmmmmmmmuach,,
    anti plusi,,anti macet,,anti gempa,,heeeeeeeeeeeeeeeeee….
    hijrah j dah org jawa t k paray……….

    >>>>tapi klo bulan sept-okt ASAAAAAAAAP

  46. DHARMO 06/11/2009 at 5:49 am #

    UENAAAAAG TENANN, tenang, bersih & damai, senang sekali di Palangka Raya, saya menempati sebuah rumah “dua hari gak disapu kondisinya tetap bersih” kaki tanpa sandal masih tetap nyaman, kota yang bener-bener CUANTIK luas, rapi, dan bersih (konon ceritanya master plan Palangka Raya dibuat oleh ir SOEKARNO “RI 1″

  47. Ariska 17/12/2009 at 1:23 pm #

    Palangkaraya, kota yang penuh dengan kenangan…
    Walaupun cuma 1 minggu tinggal di Palangkaraya, kenangannya gak hilang-hilang dari ingatanku. :-)
    Apalagi Kum-Kum,. Tempat terindah yang pernah ku lihat.. Di tepi sungai, di bawah pohon rindang…
    Aku pengen ke Palangkaraya lagi…
    Aku pengen maen ke Kum-Kum lagi…
    Adakah yang mau menemaniku ke sana?

  48. elang114 26/01/2010 at 12:10 am #

    Pembangunan di Palangkaraya sudah lumayan pesat, namun menurut saya masih berjalan sangat lambat. Dan terjadi desentralisasi pembangunan. Belum terjadi penyebaran, padahal lahan-lahan tidak produktif sangat essensial untuk dikembangkan masih sangat banyak. Namun perlu diingat tatanan kota perlu didesain dengan sangat matang sekali, demi menciptakan Palangkaraya sebagai kota cantik, bukan kota Urban dengan konotasi negatif “kumuh”.

  49. tezar 26/01/2010 at 1:26 am #

    semua akan indah bila pemimpin peduli apa yang harus di kerjakan

  50. nina jay 12/02/2010 at 1:00 am #

    whatever.. setelah sy membaca semua pesan, kesan, maupun info2 mengenai kota cantik plk .. semuanya memiliki kesan yang positif, oleh sebab itu semoga palangka raya di tahun2 yang mendatang akan lebih dewasa lagi dalam menata kotanya baik dilihat dari aspek hukumnya berupa produk hukum yang dihasilkan, melalui perda prop/kota yang mengatur tentang rencana tata ruang dan wilayah. sehingga tidak hanya slogan yang ditampilkan tapi juga berdasarkan fakta yang dpt dirasakan dan dinikmati oleh orang banyak. bravo tuk kota cantik paray…^_^

  51. bobon 27/02/2010 at 7:05 pm #

    aku rasa lebih bagus pangkalanbun daripada palangkaraya ! sorry gua beda pendapat krn sepengethuanku palangkaraya memang bagus tata kotanya tp sulit utk berkembang krn berada jauh d daratan dan jauh dr laut sehingga aktivitas perdagangan tdk terlalu menonjol dan lebih menonjol aktivitas kepegawaian shg ada yg menjuluki kota ini sebagai kota pegawai yg mengakibatkan harga barang mahal n harus d pasok dr luar daerah,penerbangan aja hanya satu maskapai dr surabaya atau sebaliknya sehingga harga tiket mahal banget sama aja dengan sampit n pangkalan bun padahal dua kota ini hanya ibukota kabupaten. mungkin kalau benar pangkalan bun lepas dari kalteng gua sbg orang kobar dukung banget krn pangkalanbun akan lbh berkembang dr palangkaraya…krn kota ini memiliki semua syarat utk jd ibukota provinsi kalau memang d setujui pemerintah sbb akan jd kota dagang yg akan berkmbang pesat….

    • Beny Alvigutama 10/09/2011 at 1:57 am #

      palangkaraya kota kenangan banyak cerita sma koe disana apa kbr paray dua tahun aku disana kota yang indah tenang..

  52. Salim 21/03/2010 at 1:23 pm #

    salam,sy ada rencana ke palangkaraya beberapa hari lagi,ada yg bs recomend hotel yg ada fasilitas hotspotnya gak?trims

    • aNNo' 23/03/2010 at 8:48 am #

      hotel2 di palangkaraya yang ada fas hotpsot setau gw y :
      aquarius(****), dandang tingang(**), sakura, halmahera

  53. agil ariyanto 18/04/2010 at 1:12 pm #

    2 bulang mndatang ak akan k’sini…………

    hhhahhaaaa…..

    rsanya pnend bgt k’sana……….

  54. arie 11/05/2010 at 8:06 am #

    aq bukan orang paray tp…, aq tinggal d paray…, n mmg q akui paray dh tertata rapi.., smw sdh berkmbang.., pantes nyandang kota cantik.., sayang bgt..SDAnya terlalu bnyak di exploitasi oleh perusahaan milik malaysia…, dn keliatannya ..masy.x adem ayem za..,kekayaanx d keruk.., bhkan jd kaki tangan mereka..prihatin bgt..
    harusx bisa untuk lebih ngembangin cantikx kota paray…terutama kemakmuranx.., bravo kota cantik.., ini peer kita..

  55. sandy_juli 01/07/2010 at 11:34 pm #

    Paray memang membuat rindu, dari seluruh kota yg pernah saya kunjungi tetap Paray yg terbaik dalam hal tata kota… Salam kenal dari anak pangkalan bun….

    • andi 07/07/2010 at 2:01 pm #

      Dalam waktu deket insya allah akan bekerja di palangkaraya. Semoga kerasan disana, karena dari tulisan2 sebelumnya kesimpulannya kota ini menyenangkan

    • iman 25/11/2012 at 9:21 am #

      bagus samarinda

  56. arun 16/07/2010 at 3:59 pm #

    palangkaraya lewungkuh..utuskuh..eka kanahuangkuh..
    ê_é

  57. rismalil 27/07/2010 at 7:38 am #

    tinggal menunggu waktu… beberapa tahun lagi Palangkaraya menjaga ibu kota Indonesia…. siap2 ya yang di sana

    • aNNo' 27/07/2010 at 10:10 am #

      emang udah pasti gitu?..dapat info darimana?

      • hugo simpei 29/07/2010 at 8:08 am #

        Hai..parayku…. seindah apapun kota2ku yg ada di indonesia… engkau tetap kotaku yang cantik.. bagai gadis yang makin mempesona.. kurindu melihatmu makin jaya… mau jadi ibu kota atau ibu tiri.. aku tetap mencintaimu// Majulah daerahku.. kasanangku..dan doaku (keluar dech bahasa daerahku..)

    • Samitra.md 06/12/2011 at 4:51 pm #

      itu pembicaraan dari zaman soekarno tp sekarangkan era SBY, mungkin aja sih tapi kalau jawa sudah terbenam seperti yg ribut dibicarakan jikalau anak gunung krakatau jadi meletus…

  58. SUSAN 08/08/2010 at 8:07 am #

    Walaupun aq bkn asli orang Palangkaraya, tapi aq sdh cinta bngt sama kota Palangkaraya,karena tata kotax sangat rapi n bebas polusi udara, mungkin kalau Palangkaraya jd IBUKOTA, pasti apa yang kita rasain sekarang bakalan jadi kenang-kenangn aja, jujur aq suka Paray yang sekarang ini tapi kalau nantix memeng bakalan berubah menjadi IBUKOTA,cinta qu tidak akan pernah berubah, aq sdh 5Thn. kerja disini n rasax betah banget dech tinggal disini.

    • aldo saputra 08/02/2013 at 11:47 pm #

      waooooo dah lama bngt ya d paray, saya baru 1,5 tahun :)

  59. rheyta 09/08/2010 at 4:15 pm #

    ntar lg q mo pulkam kesampit tp hrs turun dbandara c.riwut paray….insyaALLAH tlg 22 nch q dah brangkat dr PKU (pekanbaru), tp aq perlu info ttg penginapan dsekitar badara yg murah meriah bcz q kan nyampe’y mlm jd g munkin donk langsung balik ksampit mlm2 gitu…kr2 ada g dr tmn2 punya info…please yaa…q g telalu tahu ttg paray…krn sdh lm g maen2 ksini..trakhir ksini pas SMA z..jd q rs paray sdh bnyak brubah mk’y q takut nyasar z gkgkgkkkk….

    • aNNo' 11/08/2010 at 7:11 pm #

      sebaiknya cari pesawat ke plk ini yg landing sblm jam 4, karena travel resmi terakhir jam 4 ke spt. Klo hotel dekat bandara gak ada, kecuali cari ojek biar lewat jalan panarung bawah(gak bisa mobil, jalur mobil muter jauh), dan minta diantar ke adidas atau sakura yg dekat dgn ojek.

    • JAILUDIN 22/02/2011 at 10:52 am #

      ha urang sampit sama ni aku jg urang sampt yg kerja di sulawesi tengah, boleh kontak phone ya lebh jelas d 081341441372/ 085298717162 namaku jailudin

  60. uchiha_zach 19/09/2010 at 3:51 pm #

    palangka? Padat? Kmna aza lho?? Ga ada padat2nya smsX. Palangka tu lbh banyak gereja drpd manusia

  61. JAILUDIN 22/02/2011 at 10:50 am #

    Ass. Bang maaf n ada yg bs bantu ya aku butuh petunjuk n, aku dar sulawesi tengah rencana maret n akan pulang keampit, tp aku ada kendala rute/ travel/ po yg bsa d hubungi terutama dr balkpapan – palangkaraya adakah bis yg langsung tanpa harus singgah/ transit d banjarmain, jk ada yg tau hubung aku di 081341441372 an Jailudin Putra Borneo nfo jelas dapat dliahat d Facebook ku Jailudin Borneo

  62. penginapan di jakarta 24/02/2011 at 5:17 pm #

    mampir nich dari jakarta selatan…
    saya suka blog anda. also visit jasa pengamanan

  63. Maliku 14/05/2011 at 11:26 pm #

    Palangkaraya sekarang hotelnya dah berbintang, dulu cuma hotel2 kecil

  64. Wahyu Pambudi N 06/07/2011 at 2:45 am #

    besok kamis 7 juli 2011 aku mau kesana dulu baru meluncur ke pangkalan bun…kira” kamu tau travel/bus yang bisa saya tebengi??????

    • aNNo' 06/07/2011 at 7:55 am #

      Bisnya ada setiap pagi jam 6 dan sore sekitar jam 4-5

  65. arol 07/09/2011 at 8:29 pm #

    SEBETUL nya harapan untuk berkembang & maju masih pnjng.bagi kota palngkaraya.? karena saya penah tinggal dan bekerja selama 1 tahun disana.!!!! suasana sepi memang sangat terasa, apalagi bnyk masyarkt disana yg bisa dibilang krj dihutan,! yacp.! mngkin kedepn akn lebih maju & indah,karena alam disana masih bnyk yg asri, & belum trjamah.!!!

    Arol syah BALIKPAPAN.

  66. Sarah 05/03/2012 at 11:34 am #

    Bang Anno’ msh di Paray ya?
    Tlg klo ada info kos2an ya bang,ada yg lg nyari nih.Ibu punya baby 1.Tmpt aman & brsh.Mksh

    • aNNo' 12/03/2012 at 10:41 am #

      Sorry banget sis, sdh lama gak di palangkaraya lagi. Silahkan cek ttg gwnya

    • asap 25/11/2012 at 9:19 am #

      bagus tinggal di samarinda, kota.a berkesan

  67. adhi 16/01/2014 at 12:52 pm #

    kota cantik memang wow key ?

Trackbacks/Pingbacks

  1. Festival Budaya Isen Mulang, PalangkaRaya « from nagari to anywhere - 10/06/2008

    [...] Budaya Isen Mulang (FBIM) merupakan event tahunan yang digelar di ibukota provinsi Kalteng, PalangkaRaya. Festival ini merupakan event dalam rangka menyambut HUT Kalteng setiap tahunnya. Festival ini [...]

  2. Menimbang Pemindahan Ibukota Negara « Politik [tidak] harus umum - 18/03/2009

    [...] sebagai ibukota negara yang “bebas” dari image kolonialisme Belanda. Ide yang mulia. Palangkaraya direncanakan dengan baik dan terletak di pinggir sungai Kahayan. Tepatnya, dialiri sungai Kahayan di tengh kotanya. Cuma [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 245 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: