Uniknya Pasar Terapung Banjarmasin

11 Jun

Jika berunjung ke kota Banjarmasin, kota yang dikenal sebagai kota seribu sungai ini jangan sampai terlewatkan ke pasar terapung, pasar yang telah telah mendunia. Pasar terapung ini berada di kota Banjarmasin,Kalimantan Selatan tepatnya di muara sungai martapura – barito. Kenapa disebut terapung? ….. mungkin udah pada tahu semualah, para pedagang di pasar ini menawarkan barang dagangannya menggunakan jukung (sebutan perahu khas banjar) , dan begitu pula bagi yang mau beli juga harus menggunakan jukung untuk membeli. Unik khan?….

Dan yang lebih unik lagi, pasar ini aktivitasnya dimulai dari pukul 3.30 WITA sampai matahari udah mulai muncul sekitar 6.30 WITA.  DI pasar ini kita bisa membeli barang2 layaknya di pasar kebanyakan seperti sayuran, buahan, wadai (makanan2 kecil dlm bahasa banjar),sarapan pagi, dan mungkin juga beli lauk pauk (tapi kemaren gw gak ngeliat). Dan tenang, ketika di pasar terapung tersebut kita akan didatangi oleh penjual2nya alias didekati oleh jukung2 tersebut sambil menawari barang dagangannya..dan tentunya juga ada kebanyakan dengan bahasa banjar dan dialek banjar yg juga khas…..

Untuk mencapai pasar ini tidak begitu susah kok karena pasarnya berada di kota. Dari kota kita hanya cukup pergi ke daerah Kuin, tepatnya ke dermaga2 kecil jukung, parkir2 untuk mobil sudah tersedia juga. Menuju kuin bisa dengan Taxi ato mobil pribadi. Dan dari dermaga jukung2 tersebut bisa pesan/carter jukung ke pasarnya sekitar 60000/jukung. Kemudian kita akan diajak menelusuri sungai martapura menuju ke hulu yang bermuara di sungai Barito. dan sepanjang sungai martapura kita juga bakal dapat melihat aktivitas2 yang unik juga seperti mandi( ada pertunjukan yang mengarah ke setengah bugil disini…wekekekeke.., cuci, buang sampah(weiksss).

O iya, untuk lebih merasakan keunikan pasarnya lagi, kita juga bisa menikmati sarapan pagi terapung. Yup, disana juga tersedia warung Soto Banjar terapung, kita cukup mendekati warung terapung tersebut, yup tetap diatas jukung yang agak gedean tentunya. Dan setelah dekat kita cukup naik ke jukung warung tersebut dan pesan dach. Dan jukung kita bakal parkir disebelahnya…..hmmm yummy sekali…. 

About these ads

29 Tanggapan to “Uniknya Pasar Terapung Banjarmasin”

  1. anas 11/06/2008 at 8:04 am #

    ambisi gw terkabul, menjadi orang pertama yg komen ttg pasar terapung ini.
    akhirnya datang juga yah postinganx.keren….paalagi pas liat ibu2 dgn jukungnya itu.banjar benget….! pake tapih (sarung) jilbab an n so ada juga tanggui nya (topi besar dr daun apa gitu….)
    dengar sarapan soto banjar di atas warung terapung itu, gw jd ingat pas kesono dulu.
    eh, jgn lupa trip ke banjarmasin tgl 21-22 juni 2008 ini.ada festival yg gak kalah seru.bakalan byk dpt foto bagus.

    >>>>kayaknya bagusan pasar terapung lokbaintan y…yg difoto lo keren bgt nas….untuk yg minggu depan tsb…udh diplan sich..ntar liat sblm hari-H dach…

  2. infogue 11/06/2008 at 9:33 am #

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com

    http://pariwisata.infogue.com/uniknya_pasar_terapung_banjarmasin

  3. Derzolicious 11/06/2008 at 12:30 pm #

    yep.. yep.. seru bgt waktu kita kmrn ksono. sebenernya momen2 penting harusnya terdokumentasi juga sih. mulay dari yang mabuk laut, yang ktiduran sambil nganga, yang tidur sambil dzikir juga. hohoho…

    >>>>wakakaka..ide bgs juga der….tapi bukan spot menarik kayaknya…:p…..
    behh….keluar lg dari chart euy….sussah bgt bertahannya

  4. Denmas 13/06/2008 at 6:50 am #

    Belum pernah ke Banjarmasin nih.. :-( Padahal berkali-kali dah landing di Bandara Syamsudin Noor.. but cuma transit doang. Kayaknya harus disempatin nih, pengen banget.. apalagi liat pic-nya pasar terapung… Ntar anterin yach.. hehehehe (ujung-ujungnya ngrepotin deh)

    >>>>walah…ngerepotin bgt lo…wekekeke..gak bro..gw posisi bukan di bjm soalny…..

  5. anas 13/06/2008 at 4:44 pm #

    dr segi keaslian n keunikan jelas lebih unggul lok baintan.tp lok baintan kurang ngetop, gak kyk pasar terapung muara kuin.aksesnya kurang lacar, coz letakny dipedalaman antara Bjm dan martapura.sekitar 30 menitan dr Bjm pake jalur darat.
    info terbaru nih, ntar bulan Juli ada lomba blog se pulau Kalimantan.jd gak hanya blogger kalsel aja, tp seluruh borneo.siapin aja ikut, lomba nya gak memandang dr mana asal kita (kelahiran maksudnya).yg penting domisili di kalimantan.

    >>>>klo ke lok baintan lewat mana nas?…gw penasaran euy….
    lomba blogger?..penyelenggaranya siapa?….

  6. anas 17/06/2008 at 4:50 pm #

    kalo mo ke lok baintan, pake taksi (argo) cuma 25 ribuan.dari pusat kota lewat terminal (jalan pramuka) ato bisa juga lewat jalan veteran.ambil jalan menuju sungai lulut.nanti disana terdapat pasar n ada sebuah jembatan gantung besar (bagus bgt kalo diambil fotonya saat fajar ato senja, bahkan koran Bpost menjadikan foto itu sbg koleksi yg sering dimunculin, bahkan lagi nih gramedia banjarmasin yg di duta mall juga memajang foto jembatan itu).nah disekitar situ ada sungai besar sungai martapura juga, ), kalo pagi sering nongol pasar terapung itu.
    kalo lomba blogger, yg ngadain speedy (anak perusahaan telkom, tahu dong…).skalanya regional kalimantan.sabtu dan minggu ini di kampus Uniska, ada pameran foto ttg sungai2.gw mo dtg ah.coz kampusnya dekat bgt ma tempat tinggal ku.

    >>>>jembatan sungai lulut?…ok…waiting list gw ntar buat foto2 dach….

  7. anas 17/06/2008 at 4:56 pm #

    oia…gw udah masukin blog mas anno ke link gw.nick nya si petualang, he…
    oia lagi, gw ada postingan baru juga tuh.ttg kebun binatang nya bjm.kebetulan gak sengaja gw kesono demi membahagiakan bbrpa keponakan..
    thanks ya udah masukin blog gw di blog nya mas anno..

  8. Lintang 19/06/2008 at 11:21 am #

    bagus tuh skrin syutnya…banjarmasin banget. btw km dah posting ttg pulau kembang belum no’ ? kayake asyik jg tuh diulas…secara aku blm pernah kesana hehe…

    >>>>untuk yg pulau kembang kemungkinan ntar malem..lupa terus….

  9. Iklan tanpa daftar 15/08/2008 at 3:10 pm #

    salam kanal
    sama2 urang banjar jua nah :lol:

  10. M. Syahriani 30/10/2008 at 10:57 pm #

    salam kanal . . .

    nang kaya apa yu umpamanya pasar tarapung tu kita labih kambangkan lawan ditambah warung atau jujualan barang-barang di lanting biar kaya pasar di darat ada mutur ada tuku jua. asyik kan . . .
    tarima kasih

  11. hansgrafiez 17/11/2008 at 9:31 am #

    BLOGNYA BAGUS, LESTARIKAN BUDAYA BANJAR KITA
    JANGAN SAMPAI HILANG DENGAN BERKEMBANGNYA JAMAN YANG SEMAKIN MODERN….

    SALAM KENAL SABARATAN NAH..UNDA URANG BANJAR JUAA…

  12. ati 17/01/2010 at 4:39 pm #

    bagus banar, maobati rasa rindu dengan kampung halaman, ulun di palembang

  13. bazprambanan 02/02/2011 at 3:29 pm #

    saya ke pasar terapung dan pulau monyet bulan juni-takut dikit ama monyetnya soale suka merampas barang-barang wisatawan dan disandera untuk ditukar dengan makanan, by tehe way “banjar tempat yg indah”

    • aNNo' 02/02/2011 at 10:17 pm #

      Monyet di pulau kembang ini emang agresif

  14. Vieramadhani Poetry 16/06/2011 at 12:27 am #

    waaaah ini yg punya bloh boleh diwawancara nggakk? atau siapa ajj yg tau pasar terapung secara langsung…
    mau buat berita untuk koran kampus, jadi cari narasumber…
    kalo ada yg berminat email saya di vieramadhani@yahoo.com yah? soalnya deadline yg dikasi pimred saya sampai jumat 17 juni besokk,,,, Makasiih sebelumnya… :)

  15. Rizal albanjari 17/09/2011 at 10:08 am #

    Ass wr wb,salam kenal,Alhamdulillah & segala fuja & puji hanya untuk ALLAH SWT,Amien

  16. Qori 11/06/2012 at 9:13 pm #

    menurut saya sih lebih bagus Pasar Terapung Lok Baintan masbro.

  17. yahoo.com 14/03/2013 at 2:55 am #

    “Uniknya Pasar Terapung Banjarmasin | from nagari to anywhere” Window Coverings
    was seriously engaging and enlightening!
    Within the present day world that’s really difficult
    to achieve. Thanks, Williams

Trackbacks/Pingbacks

  1. Soto ‘Terapung’ Banjar « from nagari to anywhere - 14/06/2008

    […] lain dari pasar terapung  Banjarmasin selain para pedagang sayuran dan buahan yang menjual barang dagangannya diatas jukung, juga terdapat […]

  2. Pulau Kembang pulaunya raja monyet « from nagari to anywhere - 19/06/2008

    […] Kembang pulaunya raja monyet 19 06 2008 Masih dari sisa perjalanan dari Pasar Terapung, selain mencoba Soto Banjar yang dijual terapung juga. Kita juga bisa mengunjungi tempat yang tidak […]

  3. Menelusuri sejarah Banjarmasin « from nagari to anywhere - 30/06/2008

    […] makamnya Sultan di daerah Kuin, Banjarmasin tepat di seberang dermaga klotok yang akan menuju Pasar Terapung dan Pulau Kembang. Komplek makamnya sangat luas sekali, dan biasanya akan rame di pagi hari, […]

  4. Pasar Terapung Lok Baintan « from nagari to anywhere - 27/01/2010

    […] tidak jauh dari kota, tetapi menurut teman gw, Pasar Terapung di Banjarmasin itu tidak hanya berada yang di Kuin , tetapi juga masih ada Pasar Terapung yang lebih bagus dan eksotis di sekitaran […]

  5. Uniknya Pasar Terapung Banjarmasin « Siischlepp's Blog - 21/10/2010

    […] sumber […]

  6. OBJEK WISATA PULAU KEMBANG KAL-SEL | Koran Global : Surat Kabar Online Indonesia - Portal Berita Indonesia Online Internet | Portal Berita Indonesia, Indonesia News Blogsite, Artikel & Tips, Koran Berita Online Indonesia di Internet - 04/05/2011

    […] putih/ Hanoman.Untuk mencapai pulau ini tidak begitu susah apalagi sebelumnya telah mengunjungi Pasar Terapung, pulau ini sebenarnya sudah kelihatan ketika kita akan menuju Pasar tersebut. Dan setelah […]

  7. sejarah kota aku banjarmasin « pendidikan - 05/08/2011

    […] makamnya Sultan di daerah Kuin, Banjarmasin tepat di seberang dermaga klotok yang akan menuju Pasar Terapung dan Pulau Kembang. Komplek makamnya sangat luas sekali, dan biasanya akan rame di pagi hari, […]

  8. Teknologi Informatika » Banjarmasin Kota Kelahiran ku - 12/08/2011

    […] makamnya Sultan di daerah Kuin, Banjarmasin tepat di seberang dermaga klotok yang akan menujuPasar Terapung dan Pulau Kembang. Komplek makamnya sangat luas sekali, dan biasanya akan rame di pagi hari, […]

  9. Banjarmasin | gardilla - 13/10/2011

    […] makamnya Sultan di daerah Kuin, Banjarmasin tepat di seberang dermaga klotok yang akan menujuPasar Terapung dan Pulau Kembang. Komplek makamnya sangat luas sekali, dan biasanya akan rame di pagi hari, […]

  10. Menelusuri sejarah Banjarmasin « kelincikuningsaja - 22/10/2011

    […] makamnya Sultan di daerah Kuin, Banjarmasin tepat di seberang dermaga klotok yang akan menuju Pasar Terapung dan Pulau Kembang. Komplek makamnya sangat luas sekali, dan biasanya akan rame di pagi hari, […]

  11. Pulau Kembang : Kabar Hotel | Tourism Videos & Visual Portal - 09/01/2012

    […] mencapai pulau ini tidak begitu susah apalagi sebelumnya telah mengunjungi Pasar Terapung, pulau ini sebenarnya sudah kelihatan ketika kita akan menuju Pasar […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 245 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: