Menelusuri sejarah Banjarmasin

30 Jun

Banjarmasin masih dikenal sebagai kota tertua di Kalimantan, dan memang kota tertua bukan masih…wehehehe… Nach berhubung kota ini menjadi kota tertua di Kalimantan dan tentunya juga terdapat situs-situs yang menjelaskan jika bener ni kota yang tertua.

Dari info yang gw dapet Banjarmasin ini tadinya berupa daerah yang berupa kesultanan Melayu, yang mana dipimpin oleh bangsa Melayu dari pulau Sumatera . Dan mendapat pengaruh Islam yang sangat kuat dari masuknya Melayu tersebut. Dan awal Sultannya memeluk Islam inilah dijadikan awal mula Kota Banjarmasin ditetapkan alias dijadikan hari jadi yaitu tanggal 24 September 1526.

Dimana Raja pada saat itu dikenal dengan nama SUltan SUriansyah. Dan menyusuri sejarahnya bisa dimulia dengan mengunjungi makamnya Sultan di daerah Kuin, Banjarmasin tepat di seberang dermaga klotok yang akan menuju Pasar Terapung dan Pulau Kembang. Komplek makamnya sangat luas sekali, dan biasanya akan rame di pagi hari, dipenuhi rombongan dari pengajian dan anak-anak sekolah.

Dan jika mau merasakan hawa kesultanan banjar jaman dulu bisa mencoba dengan mencoba shalat subuh di mesjid tertua di Banjarmasin. Lokasinya juga dekat banget dengan makam Sultan Suriansyah tersebut. Masjid ini sangat unik sekali karena masih berasitektur jaman dulu dan yang khas banget masjid ini berkerangka kayu ulin yang sangat kuat dan konon kabarnya kayunya masih asli. Dan jika shalat di masjid sebaiknya saat shalat subuh sebelum bertolak ke Pasar Terapung.

About these ads

37 Tanggapan to “Menelusuri sejarah Banjarmasin”

  1. Ojat 30/06/2008 pada 9:39 am #

    duh kapan ya bisa kesana…padahal masi satu pulau heehhehe

    >>>>yup jat…kita sekalimantan tapi berasa jauh sekali..kemana2 kudu muter ke Jawa dulu…

  2. Derzolicious 02/07/2008 pada 5:00 pm #

    iye, tapi jgn ampe subuhnya telat kalee! trus ngebangunin orang sambil ngerengek2 lagi, “ayo dong derr. kita ke pasar terapuung.. derrr.. bangun doong.. tar keburu siangg..”
    jgn gitu lagi ah! hahahaha

    >>>>bukannya kebalik….”ke pasar terapung yach….jgn tinggalin gw ……jgnnnnnnnnnnnnn”…..wahahahahahaha

  3. Juminten 02/07/2008 pada 9:13 pm #

    dari bangsa Melayu di Sumatra? ehmm ehmm… *GR* :P
    oh iya, itu bangunannya ada nuansa2 Melayu-nya. hihihi…

    >>>>iy Jum….orang Banjar itu bukan kebanyakan suku Dayak yg asli Kalimantan krn mereka dari bangsa Melayu, SUmatera…di Tembilahan Riau kalau gak salah juga bnyk orang Banjar….jadi klo lo ntar ke Banjarmasin gak asing2 bgt lah ma bahasanya…n bentuk2 rumahnya ….

  4. Menik 02/07/2008 pada 11:27 pm #

    duh… pengen ke kalimantan lagih :(

    >>>>terakhir kapan mbak?….

  5. ew 04/07/2008 pada 3:19 am #

    wow .. fotonya bagus2, cerah , warna-warni, bentuk masjidnya unik ya

    makasaih ya dah mampir di blogku

  6. Denmas 05/07/2008 pada 4:03 pm #

    Jadi penasaran pengen ke Banjarmasin deh… Ada liputan situasi kota Banjarmasin saat ini gak Bro? Suasana kotanya, jalan-jalannya, dll. Thanks

    >>>>ini nich PR gw dari kemaren2..pengen ngasih refensi ttg kota BJM..tapi blm kesampaian euy..materi foto sedikit….tapi pada dasarnya mirip ma samarinda gitu dach…n menurut gw kota paling semrawut yang pernah gw datangin…mungkin karena …sorry bagi warga BJM..gw ngasih comment jelek….biar warga2 BJM makin sadar dach….

  7. tito 06/07/2008 pada 3:04 pm #

    wah blognya bisa jadi travel guide nih :D

    >>>>apalagi klo ada yg ngasih akomodasi ke gw untuk travel ke tempat menarik2 lain….:))

  8. puputs 07/07/2008 pada 8:33 am #

    baca blog ini bisa lebih kenal indonesia y

  9. escoret 09/07/2008 pada 11:12 am #

    kpn ya aku ke situ….
    eh,bos…kurang detail tuh ngupas tulisannnya…kekeke

    makanannya mana..???

    >>>>behh…muncul juga lho akhirnya disini lagi peng….
    iy sich…data gw kurang lengkap..so gw gak berani ngmong ngalor ngidul yg lain….

    makanannya?..ada koq..di postingan sebelumnya….

  10. woel 10/07/2008 pada 8:01 am #

    wah….banjarmasin kotaku tercinta jadi kangen pulang……

  11. anas 14/07/2008 pada 9:30 pm #

    mas anno, gw udah ngerasain uniknya pendulangan intan di martapura lho..coba deh main ke blog gw.ditunggu lho.:)

  12. Elys Welt 15/07/2008 pada 6:38 pm #

    bangunannya cantik2 ya :)

  13. cempluk 16/07/2008 pada 2:30 pm #

    dulu pas smp pernah ke banjarmasin, tapi lupa deh buat saat ini gmana perkembangan kota itu..

    >>>>klo dibandingin ma smp..behh gw kagak ngarti dach..kecuali klo tahun kemaren lo masih smp…wekekekke…

  14. Dy 17/07/2008 pada 5:53 pm #

    wah..udah lama gak mampir,sudah sampai ke banjarmasin ya jalan2nya.. ^-^
    bntuk bangunannya mmg mirip2 bangunan yg ada di riau ya..jadi bangga juga nih, sebagai orang asli suku melayu..hehhe..

    >>>>ho oh mirip bgt Dy….

  15. taufik79 24/07/2008 pada 8:39 pm #

    salam kenal dari urang banjar

    >>>>salam balik bro…sorry lah kalo ada salah2 kate ech tulis….

  16. isyur 15/02/2009 pada 11:31 pm #

    mksh udh perhatiin kotaku,aq tnggal dkuin,psr trpung.dkt mkm sultan suriansyah.pemerintah kmi brusaha mmprbaiki tatanan kota yg msh smraut,jg pariwisata yg blm ditangani dgn baik,skali mksh byk.

    >>>>ok….gw berusaha sejujur meungkin untuk menilai suatu kota tsb bdskan pengliohatan dan sepengetahuan gw tentunya…

  17. atan bungas 24/02/2009 pada 1:15 pm #

    ayo ke banjar… kita bakunyungan…
    makanan banyak banar disana…

    • ishak 16/09/2009 pada 12:04 pm #

      mun tulak ka banjar bekunyung iyuh hai kainak,memangnyak ulun nih buhayakkah mun buhayak tadih mungkin kawak sampai ke sana,tapi ulun kdk kawak bakunyung kainak takutan tinggalam,patiak kusak kusak,bujurkan,ulunnih urg banjar sumatera wan keluarga ulun seberataan beandin,salam hagan keluarga andin nang ada di banjarmasin,dari ishak albanjary penyiar lagu lagu banjar di radio SAR Fm di gelumbang 107,9Mhz kabupaten serdang bedagai

  18. erwansyah79@yahoo.com 28/02/2009 pada 8:56 am #

    banjarmasin adalah kota yg secara history paling unggul di kalimantan,baik scra disiplin ilmu maupun kebudayaan,agama,,,,,,,,,,,,pokoknya ibu kota borneo di jaman dulu,,,,,,,,,,

    >>>>iya…gw s7 klo banjar sebagai kota tua nya kalimantan..tapi skrg bjm sdh banyak ketinggalan dengan kota2 lain di kalimantan…dalam hal kemajuan dan kerapihan kota

  19. erwansyah79@yahoo.com 28/02/2009 pada 9:00 am #

    banjarmasin banyak mempunyai tempat wisata menarik,,,,,,,,,,,,,,,salah satu yg khas adalah bagi para kaum hawa,,,,,,,,,bisa mampir krumah gue smalam,,,,,,,,ha ha ha ha ha,,,,,,,,,bcanda kali

    >>>>ada apa dirumah lo bro?….

  20. Mizz_RiyY 17/04/2009 pada 12:05 pm #

    tw gak crita cinta sultan suriansyah ???
    he,,

    >>>>gimana?…sharing dunk…
    khan urang banjar terkenal poligami y..
    gw punya pepatah nya…

    tapi lupa gw

  21. Rasyidi 26/08/2009 pada 10:56 am #

    ui…. kakawalan khususnya kaula muda urang banjar coba pang dengan semangat pahlawan kita selaku penerus tradisi selaku urang banjar kita tingkatkan pesona budaya kita dimata dunia bahwa urang banjar dengan adat istiadatnya masih tampak
    ingat semboyan kita waja sampai kaputing.

  22. Fie 15/09/2009 pada 1:06 pm #

    Wuih…. sebagai urang asli banjar… memank fakta kota kami msih semerawut, tapi pemerintah msih usahakan pembangunan kota ini….
    Insya Allah jadi Kota Metropolitan (2010)….

    >>>>amieeeeeen…sorry gw bilang semrawut y….itu jujur dari penglihatan

  23. Nasrun Zay 29/11/2009 pada 1:40 pm #

    Handak La aku tulak belalah kesana..
    Handak betamuan awan kulak di sana..
    di Sumut tempat aq beganak, rahat orang banjar Lho..

  24. wia 17/01/2010 pada 11:32 pm #

    jarang2 nih kalimantan disorotin .. hohoho … khusunya kalsel .. but, thanks buat yg bikin nih blog … n masukanx buat kami selaku warga banjarmasin …
    SEMANGAT!

  25. yahdi 20/01/2010 pada 10:57 am #

    Banjarmasin..kota yang menghkhianati sejarah.. banjarmasin sejarah nya dikenal dg kota sunga/seribu sungai.. sungai-sungai/kanal-kanal buatan yg di buat org terdahulu smpe penjajah(belanda) pun ikut membuat kanal guna mencegah banjir di bjm..sungai di sepanjang jalan a.yani, dulu nya menjadi salah satu lalu lintas air, sei bilu,sei miai..dll.. sekarang lebarnya ky selokan aja.. krn perilaku “urang banjar” nya sendiri.. dan tata kota yg jelek(beberapa thn belakangan)..alhamdulillah..pemerintah kota sekarang mulai merubah kebijakan nya ttg pengelolaan sungai2 d banjarmasin.. penyiringan dan pelebaran sdh mulai dilakukan.. mudah2an banjarmasin bisa menjadi lebih indah dari kota air Venesia(italy), ato kota2 di Belanda.. wisata air adalah andalan nya.. kiyapa “urang banjar” sorangan manyikapi sikap pemerintah kota nang handak mambaiki sungai kita ini??

    • John 31/05/2012 pada 12:31 pm #

      Aku juga berharap kota banjarmasin menjadi salah satu kota wisata yang terpandang di seluruh dunia,,, hehehe..

  26. Muhamad 27/02/2010 pada 12:47 am #

    Himung banar amun banjar nang kusayang banyak jua nag mangganang, tapi kayapalah kisah dangsanak kita sakaturunan nag ada du sumatra sanalah, adakah nagkawa mangisahakan ???????????????

  27. alkahfi albanjari 16/03/2010 pada 4:19 pm #

    makasih bakunjung kakampung ulun bawai haja kekawanan ,kami tiap hari lewat,…umpat sambahyang kadang kadang,…salam kenal

    ISEN MULANG, WAJA SAMPAI KAPUTING

  28. icoey 28/09/2010 pada 8:11 pm #

    hidup banjar…hidup bangsa melayu nang ad diindonesia…khusus na pulau kalimantan wan sumatera…kita 1 rumpun 1 tradisi 1 tanah air indonesia

  29. Sugiana Hadisuwarto 10/11/2010 pada 1:47 am #

    Bakunjung ke kampung pian, sering kami lewat…kami tetangga sebelah nah…kuala kapuas.

  30. PADIANG 02/01/2011 pada 11:13 pm #

    Salam sabarataan sabanjaran dimna pun bagana……., dri ulun banjar tambilahan…..

  31. erwansyah 23/05/2011 pada 3:14 pm #

    Banjarmasin====)))))>>>>> 45mnit TO MARTAPURA TEMPAT KELAHIRAN SAYA…Kota intan, kota santri,,,,Pusatnya oleh-oleh kalimantan terbesar

  32. John 31/05/2012 pada 12:26 pm #

    Banjarmasin bungas oooeeeyyy….
    Kotanya sungguh unik, banyak sungai2 yang mengelilingi kota Banjarmasin
    Pemandangan yang sangat indah kalo lagi naik kelotok atau kapal,, trus banyk aneka macam satwa dan berbagai macam budaya serta bahasa,, dan juga macam2 jenis makanan yang enak2 khas Banjarmasin… Ayooo kita ke Banjarmasin..

  33. raina 22/08/2012 pada 12:27 am #

    katurunan banjar ada kaitan kah dangan urang brunei??

Trackbacks/Pingbacks

  1. Banjarmasin | gardilla - 13/10/2011

    [...] Menurut yang saya kutip dari http://jalanjalanterus.wordpress.com/2008/06/30/menelusuri-sejarah-banjarmasin/ [...]

  2. Menelusuri sejarah Banjarmasin | pasifo98 - 19/09/2012

    [...] Menelusuri sejarah Banjarmasin. Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this. [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 216 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: