Mengenal Korea ‘via’ Museum

12 Okt

Jika berkesempatan berkunjung ke negara Korea Selatan(Korsel) atau berniat berkunjung ke Korsel, tempat wajib yang harus dikunjungi adalah museumnya yaitu National Folk Museum of Korea. Museum ini berada di tengah kota Seoul ibukota negara Korsel. Dan museum ini malah dikepung oleh gedung-gedung bertingkat sekelilingnya. Dan meuseum ini juga bersebelahan lokasinya dengan kantor perdana menteri dari negara ginseng ini yang disebut Blue House.

Dan konon tadinya komplek museum ini adalah eks komplek istana kekaisaran Korea yaitu istana Gyeongbokgung yang saat ini tidak berfungsi lagi. Sejak museum ini digabungkan dengan kompleks istana tersebut, maka museum ini sangat luas sekali. Pertama masuk kita akan disuguhi oleh patung-patung yan g konon katanya itu merupakan patung di pusara kuburan-kuburan dan juga ada ukiran-ukiran kayu yang disebut jangseung sebagai penyukses panen dan seterusnya kita akan disuguhi bangunan tinggi berupa seperti pagoda yang dibawahnya ada ruang museum utama/exhibition hall.

Di ruang exhibition hall ini terbagi beberapa ruangan yang saling menyatu, dimana disini kita bisa belajar mengenai bagaimana kehidupan masyarakat korea jaman dulu sampai sekarang, asal muasal korea, proses perkawinan di korea, etnis yang ada di korea, suasana pedesaan korea, pakaian daerah , rumah-rumah khas korea dan tentunya juga benda-benda kuno asli korea yang kesemuanya  diceritakan di beberapa diorama seperti halnya diorama di Monas, Jakarta tetapi disini sangat lengkap sekali.

Selain kehidupan korea, disini juga diceritakan bagaimana proses pembuatan Kimchi-sayuran khas korea, huruf kanji korea dan tentunya ginseng korea. Selain exhibition hall juga tersedia musem khusus anak-anak. Setelah puas mengenal korea lebih dekat di ruangan, masih banyak juga yang menarik di area luar museum. Selain ada patung pemanggil panen, disini kita bisa memasuki area bekas istana dan melihat ruang-ruangannya yang sangat megah dengan ciri khas ruangannya adalah warna merah.Dan setelah puas berkeliling dan tentunya bangunan yang sangat kokoh biarpun terdiri dari kayu-kayu. Dan di luar area istana kita bisa berfoto dengan aktor-aktor yang berperan seolah-olah masih sebagai penjaga istana jaman dulu.

Dan jadikanlah foto bersama penjaga sebagai oleh-oleh dari museum korea ini. Cukup seharian di museum ini, kita sudah bisa mengenal korea hampir 100% saking lengkapnya isi museum ini. *kunjungan wajib*

Iklan

13 Tanggapan to “Mengenal Korea ‘via’ Museum”

  1. anas 13/10/2008 pada 7:37 am #

    kira2 mana besar n lengkapnya ama museum louvre di paris mas?
    gw aja nyesel mas waktu kuliah di jogja n waktu jalan2 di solo gak penah ke museum nya.padahal disana banyak juga museum bagus.hiks…

    >>>>gw ke paris belum euy..next destination tuch….
    iya bener nas…klo kita mo tahu suatu daerah kita kudu ke museum ….

  2. pramudyaputrautama 14/10/2008 pada 7:20 am #

    wah … enak banget keliling2 terus. Abidin (atas biaya dinas )atau Abipri (atas Biaya Pribadi) … ??? Btw kapan ke kutub utara ?

    >>>>bukannya banyakan elo keililing2nya pram?…
    gw seimbang2 ja dach kayaknya abidin ma abipri versi lo pram…

    ke kutub utara?…mo barengan gak?…ayokkkkk

  3. budiernanto 15/10/2008 pada 5:53 am #

    ya ampun, udah sampe ke negeri ginseng juga toh, ajak2 dong..

    saya kalo bisa S2, mau ambil di Korea ah, doain yaaa..

    >>>>>kebetulan ja nich bro..
    n beruntung juga disana lagi musim semi
    so bis aliatin warna warni tumbuhan….

  4. woel 15/10/2008 pada 7:36 am #

    mas anno…..gmn dah ada hasil blom?he….

    >>>>ini hasil dari korea….ckckckckck….

  5. escoret 16/10/2008 pada 2:33 pm #

    foto terakhir,bisa di dapatkan juga di semarang…
    nama lokasinya kuil sam poo kong…

    *bsk tak email deh*

    >>>>ada di semarang peng?….mantab dunk semarang ada kuil yg keren kayak gitu….

  6. denmasrul 17/10/2008 pada 12:48 am #

    Dari Selaparang Lombok langsung ke Korsel 🙂 Ceritain lengkap perjalanannya dong Bro… bisa buat tambah pengalaman kita-kita yang belum pernah ke Korsel.. BTW, saya jadi berpikir.. bisa nggak ya kita mengenal Indonesia ‘via’ Museum.. satu museum saja seperti yang di Korsel itu..

    >>>>hehehe…sebenarnya yg korsel itu via ngurah rai denpasar….
    hehehe lagi..dan liputan ini (baca korsel) juga sisa2 liputan thn kemaren…

    klo di indonesia…masih terpisah2 museumnya..ato mungkin TMII kali yang lengkap kayaknya….

    malah gedean TMII kali y…

  7. Goenawan Lee 17/10/2008 pada 8:45 am #

    @ escoret: Ra podo tho Peng… Sam Poo Kong ki klenteng’e Cino. *mlayu*

  8. Edi Psw 17/10/2008 pada 11:50 am #

    Wah, jadi pingin ke korea nih.
    Fotonya keren-keren.

    >>>>paling pas ke korea klo lagi musim semi karena udara adem2 gitu n daun2 warna warni…

  9. pramudyaputrautama 18/10/2008 pada 6:38 am #

    @denmasrul :
    Khan udah ada TMII … kurang luas ?

  10. tito 18/10/2008 pada 2:56 pm #

    boleh pinjem pedang-pedangannya gak itu? Kayaknya asik.

    >>>>itu imitasi kayaknya bro….

  11. Za 20/10/2008 pada 7:15 pm #

    di foto yang terakhir…itu orang beneran yak….:D

    >>>>iye..beneran za…itu semacam artist talent gitu..yg dibayar per hari dach kayaknya….

  12. didut 25/10/2008 pada 6:28 pm #

    kalo belon kenal ceweknya belon 100% lengkap 😛

    >>>>benul bro….cewek korea suka cowok2 yang kulit coklat ..ya yg indonesia gitu dach..makanya mereka pada ke Bali….n mereka modis2….

Trackbacks/Pingbacks

  1. Korean Village…a real of korea « from nagari to anywhere - 22/10/2008

    […] real of korea 22 10 2008 Setelah sebelumnya kita mengetahui secara garis besar bagaimana kehidupan korea itu via museum, nach sekarang kita bisa melihat secara langsung bagaimana aktivitas mereka di daerah aslinya, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: