Tag Archives: Jakarta

Jakarta itu gak hanya gedung bertingkat

26 Mei

 

Gak ada yang gak kenal Jakarta kayaknya untuk pembaca blog gw ini. ​Jakarta merupakan ibu kota dari Negara kita Republik Indonesia. Banyak orang yang dari luar daerah berbondong-bondong untuk mengadu nasib di Kota Metropolitan ini. Katanya sih, di Kota Jakarta banyak pekerjaan, jadi banyak penduduk di desa yang datang dengan maksud untuk mencari pekerjaan.

​Di kota ini sangat banyak gedung-gedung pencakar langit yang sangat tinggi. Berbeda dengan pedesaan yang lebih banyak pepohonan yang menjamur di mana-mana. Udara yang ada di Kota ini pun sudah sangat tercemar dengan polusi asap motor ataupun kendaraan lainnya, asap rokok, dll. Selain itu, kota ini terkenal dengan macetnya. Pada hari Senin sampai dengan Jumat dengan waktunya adalah Pagi di mana orang-orang sedang berangkat ke kantor dan di sore hari di mana orang-orang waktunya pulang ke rumah masing-masing, di saat itu pula jalanan mulai macet. Anda harus mempunyai kesabaran yang tinggi bila tinggal di Kota Jakarta.

​Namun, walaupun begitu, kota ini mempunyai tempat wisata yang sangat menyenangkan untuk Anda, keluarga maupun teman-teman selama mengisi waktu liburan yang ada. Mulai dari wisata alam seperti Taman Mangrove, wisata kuliner, wisata belanja, hiburan, seni, sampai wisata pendidikannya.

​Di Jakarta Selatan terdapat satu wisata yang sangat tepat untuk anak Anda, yaitu Kebun Binatang Ragunan. Tahukah Anda bila Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang yang pertama kali dibuat di Indonesia. Pada awalnya di tahun 1864, kebun binatang ini bernama Planten En Dierentuin yang luasnya mencapai 10 hektar di kawasan Cikini, Menteng – Jakarta Pusat. Namun, seiring berjalan waktu, kebun binatang ini kemudian dipindahkan ke tanah yang dihibahkan pemerintah dengan luas 30 hektar ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu – Jakarta Selatan tahun 1964. Kemudian Kebun Binatang Ragunan ini diresmikan tahun 1966 pada tanggal 22 Juni oleh Pemerintah DKI Jakarta.


Sumber: wikipedia.org

​Untuk menuju ke Kebun Binatang Ragunan, Anda bisa menggunakan banyak transportasi. Seperti menaiki Transportasi Transjakarta yang merupakan transportasi paling aman dengan fasilitas AC di dalamnya dengan membayar Rp. 3.500. Selain itu Anda bisa menaiki angkutan umum berwarna merah M15 A sampai ragunan dengan membayar Rp. 5.000 dari terminal pasar minggu.

​Kebun Binatang Ragunan ini berbentuk hutan tropis mini dengan di dalamnya terdapat banyak flora dan fauna yang terdiri dari lebih dari 2000 ekor satwa dan 50.000 jenis pohon yang ada di kebun binatang ini. Jenis fauna mamalia seperti beruang madu, harimau sumatera, siamang, gorilla, babirusa, tapir, singa, harimau bengala, dan masih banyak yang lainnya. Fauna Reptil seperti kura-kura pipi merah, Sanca Patola, komodo, king kobra, kadal lidah biru, sanca kembang, biawak salvator, biawak hitam dan masih banyak reptil lain. Fauna Aves seperti pelikan, kasuari gelambir tunggal, flamingo, elang ikan kepala kelabu, elang irian, nuri merah punggung kuning, puyuh mahkota sengayan, dan masih banyak aves lain. Fauna Piesces seperti ikan arapaima.

​Sedangkan Flora yang ada seperti pinus, pala, nyatuh pucung, nam nam, menteng, saputangan, puspa, sawo dan masih banyak jenis tumbuhan lainnya.

​Anda bisa mengajarkan sekaligus mengenalkan keanekaragaman satwa dan tumbuhan yang ada di kebun binatang ragunan ini. Manfaat berlibur Anda menjadi banyak selain sebagai tempat refreshing, Anda menjadi mempunyai waktu yang berkualitas bersama keluarga khususnya bersama anak, juga mendapatkan pengetahuan tambahan mengenal satwa-satwa sekaligus tumbuhan yang ada di kebun bintang di Jakarta ini.

​Harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan ini adalah Rp. 4.000 per orang untuk dewasa dan Rp. 3.000 per orang untuk anak-anak. Anda juga harus menambah biaya untuk parkir kendaraan Anda. Untuk mobil pribadi, Anda akan dikenakan harga Rp. 6.000 per hari, untuk sepeda motor Anda dikenakan harga Rp. 3.000 per hari, sepeda Rp. 1.000 per hari, Bus pariwisata kecil Rp. 12.000 per hari dan bus besar Rp. 15.000 per hari.

​Ada banyak fasilitas tempat yang berbeda di dalam kebun binatang ragunan ini, yaitu taman refleksi, taman satwa anak, sarana rekreasi dan Pusat Primata Schmutzer. Yang menarik adalah Pusat Primata Schmutzer, yang merupakan pusat primata internasional yang mencangkup dalam konservasi primata Indonesia. Anda dapat menemukan berbagai jenis primata di dalamnya seperti orang utan, gorilla dan juga simpanse.

Sumber: wikepedia.org

​Fasilitas di Pusat Primata Schmutzer adalah terdapat ruang teater pemutaran film dokumenter, diorama satwa, perpustakaan, dan dapur makanan satwa. Anda bisa memasuki Pusat Primata Schmutzer dengan membayar Rp. 6.000 per orang untuk hari Senin sampai Jumat dan Rp. 7.500 untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya. Untuk bisa menonton film dokumenter, Anda harus membayar kembali sebesar Rp. 150.000 untuk sekali putar film. Ruangan ini berkapasitas 85 orang.

​Setelah Anda puas menikmati dan melihat-lihat satwa yang unik, Anda bisa istirahat di tempat penginapan ataupun hotel yang terdekat dari kebun binatang ini. Banyak sekali penginapan di dekat lokasi yang dapat anda jadikan tempat beristirahat dan haraganya terjangkau juga fasilitas yang sangat memadao.

ber’pusing-pusing’ di Kuala Lumpur

29 Mar

Kuala Lumpur dikenal sebagai ibukota dari negara tetangga kita, Malaysia. Kuala Lumpur ato disingkat KL ini merupakan kota terbesar di Malaysia, dan telah menjadi pusat ekonomi, maupun pendidikan nya Malaysia kecuali pusat pemerintahan yang di tahun Milenium telah dipindah ke Putrajaya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membayangkan KL ini pasti terbayang pertama kali oleh kita adalah gedung kembar tertinggi di dunia, Petronas Twin Towernya Baca lebih lanjut

Sigombing Kebon Sirih

19 Nov

Jika ke Jakarta, tentu tidak lengkap pula rasanya jika tidak merasakan kuliner khasnya. Nach, menurut gw salah satu kuliner yang sangat khas dan enak adalah Nasi Goreng Kambing. Pasti pada kaget….kenapa Nasi Goreng Kambing?…..Karena sepengatahuan kita Nasi Goreng itu bukannya dimana-mana ada, jadi bukan khas Jakarta tentunya, yup bener,..walopun ditambah Kambing memang belum cukup khas sebagai makanan asli Jakarta.

Nach, Nasi Goreng Kambing yang ini dibilang khas dikarenakan rasanya yang mak nyoss menurut versi salah satu pakar kuliner Indonesia. Dan gw juga udah membuktikannya sendiri, sebagai warga Jakarta yang bekerja di daerah Kebon Sirih sangat sering makan disini. Yup, sesuai nama daerahnya tadi, Nasi Goreng Kambing (Sigombing) ini namanya Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih dan inipun cuman hanya disini doank. Ech ada 2 dink, satu lagi di Jalan Sabang–masih dekat Kebon Sirih.

Tapi jangan dibayangkan jika Sigombing ini berada di cafe di lobby gedung ataupun di foodcourt sebuah mal ataupun berada di ruko, sigombing ini hanya berupa warung di salah satu gang sempit antara pencakara langit di jalan Kebon Sirih tepatnya diantara Menara Ravindo dan BNI Kebon Sirih. Dan tempatnya sangat sederhana sekali berupa warung kecil, tetapi pelanggannya dari kalangan yang hanya jalan kaki sampai bermobil mewah. Trus temapat makannya gimana?…Nach ini juga unik, selain di warungnya yang hanya cukup beberapa orang saja, kita juga bisa makan di trotoar sambil menikmati suasana jalanan Kebon Sirih yang ramai ataupun cukup makan dari mobil yang satu jalur di Kebon Sirih ini bisa siungsikan sebagai parkir ketika jam kantor sudah lewat.

O iya, Sigombing ini bukanya tiap hari mulai sore hari sampai malam. Dan harap bersabar jika di hari libur apalagi malam minggu, antriannya panjang.

Seperti di bilang sebelumnya lokasinya berada di Jalan Kebon Sirih Raya -jalan satu arah dari Sudirman arah Tugu Tani. Dan jika yang masih awam dengan Jakarta ke tempat ini bisa dijangkau dengan naik Busway koridor 1 turun di Halte BI kemudian jalan kaki ke Kebon Sirih arah Tugu Tani/Sabang.

Merasakan suasana Jakarta Tempo Doeloe

15 Nov

Jakarta sebagai ibukota negara kita, Republik Indonesia yang saat ini disebut juga DKI(Daerah Khusus Ibukota) Jakarta tidak terlepas dari sejarah berdirinya jaman baheula. Nach, untuk saat ini kota Jakarta yang telah berumur beratus tahun ini bisa dirasakan juga bagaimana pentingnya dulu Jakarta di jaman Belanda dulu, Batavia.

kota1

Nach untuk merasakan bagaimana suksesnya Batavia jaman dulu ini kita bisa berkunjung ke daerah Kota namanya yang saat ini termasuk daerah Kotamadya Jakarta Utara atau disebut juga dengan daerah Kota Tua Jakarta atau Old Batavia. Di daerah yang tidak begitu luas ini kita bisa menjumpai gedung-gedung sisa-sisa kesuksesan Batavia jaman dulu dan umumnya juga sudah dijadikan museum seperti Kantor Pos, Bank Indonesia,Museum Fatahillah,  Jembatan Kota Intan, Stasiun, dan masih banyak yang lain.

Untuk saat ini, Kota Tua ini sudah kembali dirawat dengan merehabilitasi gedung-gedung itu kembali seperti Museum Fatahillah dan Museum Bank Indonesia yang sekarang sangat cantik dengan arsitektur Belanda dulu termasuk juga Stasiun kereta api yang dikenal dengan nama Stasiun Beos.

kota2

Untuk mencapai kota ini sangatlah gampang, cukup turun di Halte Busway Kota(paling ujung) koridor 1 (Blok M-Kota) ataupun naik kereta api dan turun di stasiun Kota/Beos dan kemudian dari Halte Kota atau Stasiun Kota ini bisa dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri deretan gedung-gedung tua dimulai dari Museum Bank Mandiri di seberang Halte dan Stasiun. Tetapi jika ingin merasakan sensasi berbeda dengan sensasi jaman dulu bisa menikmati ojek sepeda sampai ke sentral Kota Tua di seputaran Museum Fatahillah. Dari Halte/Stasiun tersebut lebih kurang hanya 500m.

O iya, jika ingin merasakan seperti apa kuliner jaman dulu, disini masih ada cafe Batavia yang sepertinya masih mempertahankan suasana batavia dulu, dan tenang jika pengen masakan jaman sekarang disekitaran Museum Fatahillah ini juga sudah ada pedagang kaki lima dengan jajanan khas seperti nasi goreng, sate dll.

Dan ke sini waktu yang paling tepat datang adalah sore menjelang malam, banyak aktivitas yang ada seperti fotografi, skater, nongkrong ataupun hanya pindah internetan karena PEMDA menyediakan akses hotspot dari TELKOMHotspot. Jadi jika ingin langsung upload status atau foto ketika berada disana bisa langsung dach. Enjoy Jakarta !!!

Bunderan HI, Jakarta

31 Mar

Bunderan HI alias Bunderan Hotel Indonesia. Yop, bunderan ini berada di dekat Hotel Indonesia. Bunderan HI ini merupakan kawasan yang paling prestisius di Jakarta dan bahkan mungkin di Indonesia. Karena di bunderan HI ini berada di pertemuan jalan protokol utama Jakarta yaitu Jl MH Thamrin dan Jl Sudirman dan juga Jl Imam Bonjol.Bunderan HI ini berupa bunderan dengan atraksi air mancur yang mengelilingi sebuah tugu yang juga punya nilai hostoris yang tinggi, tugu Selamat Datang. Tugu tersebut dibangun dalam rangka menyambut Asian Beach yang dilaksanakan pertama kali di Jakarta.

hi

Bunderan HI ini juga dikelilingi oleh 4 hotel berbintang lima di setiap pojok jalannya sehingga menambah prestisius kawasan bunderan ini. Dan seperti kita tahu Jl Sudirman dan Jl Thamrin merupakan kawasan bisnis internasional yang di sepanjang jalannya berdiri gedung-gedung pencakar langit megah-megah sehingga titik point bunderan HI juga sebagai patokan paling terkenal. Selain perkantoran dan hotel berbintang di kawasan bunderan HI ini juga terdapat 2 pusat perbelanjaan paling prestisis se-Indonesia yaitu Plaza Indonesia dan Grand Indonesia yang masih anyar, yang didalam mal-mal tersebut terdapat butik-butik terkenal perancang-perang kelas dunia yang harganya selangit.

Untuk mencapai bunderan yang terdapat di Jakarta Pusat ini sangatlah mudah karena merupakan kawasan yang sangat terkenal bagi semua orang apalagi sopir taksi. Jika menggunakan kendaraan umum paling gampang adalah dengan menggunakan Busway yaitu Busway koridor 1(Blok M-Kota) dan turun di halte Bunderan HI. Selain itu tentunya kawasan ini juga masih dilewati oleh bus umum segala jurusan serta metromini. Dengan menggunakan kereta api bisa juga dicapai dengan turun di stasiun Dukuh Atas maupun Gambir dan kemudian dilanjutkan lagi dengan Busway.

Wisata langsung kedalam Kandang, Taman Safari

1 Feb

Taman Safari berupa wisata kebun binatang, tetapi berbeda dengan kebun binatang kebanyakan, di Taman Safari kita bisa langsung melihat binatangnya kedalam kandang tidak melihat dari luar kandang termasuk untuk binatang buas seperti harimau, singa, beruang maupun buaya.

safari2

Taman Safari di Indonesia sebenarnya sudah ada dua yaitu yang pertama adalah di Cisarua, Puncak, Jawa Barat dan yang terbaru adalah di Jawa Timur. Kali ini gw baru punya waktu mengunjungi Taman Safari di Cisarua yang merupakan tertua kita sebuat TSI 1. Di TSI 1 ini koleksi binatangnya cukup lengkap baik itu yang asli Indonesia maupun binantang dari Afrika yang bisa ditemui di African Parknya.

safari1

Untuk berkunjung kedalam kandang tersebut disebut juga Safari Park kita telah diarahkan ketika masuk setelah bayar bea masuk 60rb untuk dewasa ke kandang-kandangya yang berada di lembah-lembah bukit di kawasan TSI1 ini. Tadinya kawasan ini merupakan kebun teh yang sudah tidak produktif lagi. Selama megelilingi kandang kita bisa memberi makan binatang-binatang tersebut dengan sayuran yang bisa dibeli sebelum memasuki gerbang masuk TSI ini. O iya, kecuali untuk binatang buas cukup pawangnya saja yang memberi makan.

Selain menikmati atraksi binatang didalam kandangnya, kita juga bisa keliling TSI dengan naik Gajah ataupun keliling dengan mobil safari sendiri dan tentunya dengan guide yang bisa menjelaskan asal usul binatangnya terutama ke anak-anak.

safari3

Bosan dengan hanya masuk ke kandang-kandang doank, kita juga bisa menikmati atraksi lain seperti taman hiburan lainnya mulai dari atraksi burung-burung, go kart, boom boom car, kora-kora, rollercoaster, komedi putar, kincir raksasa, ataupun rumah hantu dan tentunya juga ada circus. Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah atraksi di panggung hewan-hewan berupa pementasan drama dari hewan2, baby zoo yang kita bisa foto bareng anak harimau, orang utan maupun burung. Dan tidak lama lagi kawasan TSI juga akan dilengkapi dengan waterbom.

safari5

Dan jika masih bosan disana juga masih ada wisata alam seperti air terjun, outbound camp dan trekking. Dan jika masih belum puas disiang hari kita juga bisa mencoba Safari Malam untuk melihat aktifitas binatang di malam hari, dan penginapan juga ada yang unik yaotu di caravan.

safari4

Untuk mencapai TSI 1 ini sangatlah mudah, cukup jalan ke jalan poros puncak yang kira-kira 11 km dari gerbang tol Ciawi-Jagorawi jadi sekitar 1jam’an dari Jakarta, dan jika sedang weekend harap berangkat lebih pagi untuk antisipasi macet. Dan karena berhawa dingin dans ering hujan jadi kudu bawa jaket dan payung untuk persediaan dan sebaiknya juga bawa mobil pribadi. Dan peta yang dikasih di pintu gerbang jangan ditinggal di mobil biar gak kesasar karena area TSI 1 ini sangat luas banget.

Masjid ber’Kubah Emas’, Depok

27 Jan

Rasa penasaran gw belakangan ini tentang sebuahmasjid telah terjawab sudah. Yup, akhir-akhir ini gw sangat penasaran dengan namanya masjid yang berkubah emas.

emas1

Masjid ini nama aslinya Masjid Dian Al Mahri bukan masjid kubah emas seperti yang dikenal saat ini. Masjid ini berada di kec Limo di jalur antara Depok ke Cinere. Masjid ini sangat mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan. Dengan kubahnya yang berwarna kuning dan dilapisi emas asli ini memang sangat mencolok dari pinggir jalan. Kubahnya saja terdiri dari 1 buah kubah gede dan 4 kubah kecil yang masing-masing kubah tersebut dilapisi emas yang konon tebalnya 2-3mm dan juga dilengkapi 6 menara yang juga dilapisi emas 24 karat.

emas2

MAsjid ini tidak hanya sebagai rumah ibadah bagi umat Islam, tetapi juga dijadikan sebagai obyek wisata, dimana kita bisa mengagumi masjid yang dibangun oleh pengusaha wanita asal Banten sambil beribadah. Sehingga areal masjid yang sangat luas ini disediakan areal parkir yang luas serta taman-taman yang bagus dan ada petugas di masing-masing titik keramaian.

Belum cukup rasa kagum kita melihat kemegahan masjidnya di luar, di bagian dalam lebih megah lagi dengan ukir2an bergaya timur tengah dapat dijumpai berupa kaligrafi-kaligrafi. Dan tentunya lampu hiasnya yang konon beratnya sampai 6 ton yang didatangkan dari Italia.

Dan untuk mencapai masjid ini juga sangat gampang dari Jakarta bisa dari Arah Cinere maupun dari arah Depok ataupun Bogor-Sawangan.