Arsip | Kota RSS feed for this section

Victoria Peak, tempat wajib didatangi di Hongkong

24 Sep

Wajib?…Pasti semuanya pada bingung dan bertanya-tanya kenapa gw sampai bilang wajib. Coba liat dulu sebentar ke foto dibawah ini !

Jika pada menganga semua dan merasa bilang WOWWW, berarti gw gak usah panjang lebar menjelaskan kenapa harus wajibnya kesini. Ok dach, sedikit cerita dach.

Dari Victoria Peak ini kita bisa melihat kota Hongkong secara jelas ke semua penjuru terutama pencakar-pencakar langitnya yang memang berada di seberang Hongkong Island -Kowloon ataupun yang berada di Hongkong Island sendiri. Lokasinya sendiri sesuai namanya merupakan puncak tertinggi dari Hongkong yang berada diatas permukaan laut sekitar 525 m di Hongkong Island. Untuk menuju kesana kita bisa menggunakan Peak Tram ataupun jalan darat biasa. Khusus yang menggunakan Peak Tram loketnya dekat dengan stasiun MRT Central lebih kurang 15menit jalan kaki.

Hanya melihat panorama Hongkong saja?..tentu tidak…Di tempat perhentian Peak Tram ini ada yang namanya Peak Tower serta Peak Galeria semacam seperti mall.

Di Peak tower sendiri ada satu tempat penting yaitu Museum lilin-madam tussauds, yup pasti pada pernah denger semua. Museum ini sendiri seperti banyak kita ketahui menyediakan patung-patung lilin tokoh-tokoh terkenal di seluruh dunia mulai dari Michael Jackson sampai presiden USA saat ini, Barrack Obama, dan khusu di Hongkong sendiri mereka juga ada patung yang mungkin hanya ada disini seperti bintang-bintang dari Hongkong. Patungnya sendiri sangat mirip dengan orang aslinya dengan skala 1:1, sehingga museum ini sangat cocok buat anda yg narsis ingin berfoto dengan bintang idolanya karena berfoto dengannya gratis kecuali dengan Jackie Chan yang harus bayar.

Dan bagi anda yang pengoleksi souvenir Hard Rock bisa mencarinya di Peak Galeria seberang Peak Tower ataupun hanya mencari kaos dengen embel-embel Hongkongnya bisa di Giordano dengan kualitas bagus dan dengna kualitas lumayan di counter souvenir.

O iya agar perjalanan kesini berkesan dan hemat sebaiknya ke puncak sebelum matahari terbenam sekitar masih sore dan pulang ketika sudah agak malam, sehingga view kota Hongkong bisa dapat view malam dengan lampu-lampu dan tidak. Dan biar lebih hemat dari loket Peak Tramnya langsung beli tiket paket Peak Tram pp + madam tussaud nya sekitar HKD$170.

Iklan

Juanda, Bandara Internasionalnya Surabaya

13 Agu

Kota Surabaya sudah sangat dikenal sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta yang juga sebagai ibukota negara Republik Indonesia. Kota pahlawan ini tidak mungkin besar sendirinya tanpa didukung oleh infrakstruktur yang yahud terutama pintu gerbang nya.

Pintu gerbang ini tak lain dan tak bukan adalah bandara. Gw masih inget dan sempat merasakan bandara kebanggaan warga Surabaya dan Propinsi Jawa Timur ini yang masih kecil dan crowded di akhir 2005. Untungnya tidak lama berselang setahun setelah pendaratan gw disono, untuk pendaratan berikutnya bandara ini berobah menjadi lebih besar, bersih, megah dan tentunya skala bandara yang Internasional semakin layak menjadi bandara Internasional.

Merujuk ke wikipedia , tepatnya bandara ini pindah ke bandara baru(lebih tepatnya terminal baru ) 10 Nov 2006 telah dilengkapi terminal khusus untuk domestik maupun internasional yang terpisah sehingga pergerakan penumpang bisa lebih rapi. Bandara yang namanya diilhami oleh penggagas berdirinya bandara ini, yaitu eks Perdana Mentri RI dulu< Djuanda Kartawijaya ini berlokasi sebenarnya bukan di kota Surabaya nya, tetapi di kota satelitnya yaitu Sidoarjo, tetapi hanya 1/2-1 jam perjalan ke pusat kota Surabaya koq.

Bandara Juanda ini bergaya rumah adat Jawa yaitu Joglo yang dilengkapi 11 garbarata dan beberapa ruang tunggu yang nyaman di lantai atasnya. Bandara ini yang sebelumnya telah gw bilang punya 2 terminal yaitu A untuk internasional dan B untuk domestik juga sebagai hub ke beberapa kota lain yang ada di belahan timur Indonesia seperti Sulawesi, Papua dan Maluku maupun Kalimantan serta Bali dan Nusa Tenggara. Untuk Internasional sendiri penerbangan ini melayani penerbangan langsung ke Singapore, Kuala Lumpur, Hongkong , taiwan serta Brunei. Dengan banyaknya trafik tersebut bandara ini ikut juga sebagai bandara tersibuk kedua di Indonesia.

O iya, untuk akses transportasi ke bandara ini sangatlah lengkap mulai dari taksi, bus, rent car dan juga akses ke tol sangat dekat. Dan sebagai bandara hub atau transit di bandara ini sangatlah nyaman fasilitasnya mulai dari cafe, ATM, restoran, toko buku, butik ataupun duty free sangatlah banyak, ataupun mau beli oleh-oleh juga ada beberapa toko disini. Jadi, jikapun di bandara hanyalah transit, kita tidak akan bosan.

Merasakan suasana Jakarta Tempo Doeloe

15 Nov

Jakarta sebagai ibukota negara kita, Republik Indonesia yang saat ini disebut juga DKI(Daerah Khusus Ibukota) Jakarta tidak terlepas dari sejarah berdirinya jaman baheula. Nach, untuk saat ini kota Jakarta yang telah berumur beratus tahun ini bisa dirasakan juga bagaimana pentingnya dulu Jakarta di jaman Belanda dulu, Batavia.

kota1

Nach untuk merasakan bagaimana suksesnya Batavia jaman dulu ini kita bisa berkunjung ke daerah Kota namanya yang saat ini termasuk daerah Kotamadya Jakarta Utara atau disebut juga dengan daerah Kota Tua Jakarta atau Old Batavia. Di daerah yang tidak begitu luas ini kita bisa menjumpai gedung-gedung sisa-sisa kesuksesan Batavia jaman dulu dan umumnya juga sudah dijadikan museum seperti Kantor Pos, Bank Indonesia,Museum Fatahillah,  Jembatan Kota Intan, Stasiun, dan masih banyak yang lain.

Untuk saat ini, Kota Tua ini sudah kembali dirawat dengan merehabilitasi gedung-gedung itu kembali seperti Museum Fatahillah dan Museum Bank Indonesia yang sekarang sangat cantik dengan arsitektur Belanda dulu termasuk juga Stasiun kereta api yang dikenal dengan nama Stasiun Beos.

kota2

Untuk mencapai kota ini sangatlah gampang, cukup turun di Halte Busway Kota(paling ujung) koridor 1 (Blok M-Kota) ataupun naik kereta api dan turun di stasiun Kota/Beos dan kemudian dari Halte Kota atau Stasiun Kota ini bisa dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri deretan gedung-gedung tua dimulai dari Museum Bank Mandiri di seberang Halte dan Stasiun. Tetapi jika ingin merasakan sensasi berbeda dengan sensasi jaman dulu bisa menikmati ojek sepeda sampai ke sentral Kota Tua di seputaran Museum Fatahillah. Dari Halte/Stasiun tersebut lebih kurang hanya 500m.

O iya, jika ingin merasakan seperti apa kuliner jaman dulu, disini masih ada cafe Batavia yang sepertinya masih mempertahankan suasana batavia dulu, dan tenang jika pengen masakan jaman sekarang disekitaran Museum Fatahillah ini juga sudah ada pedagang kaki lima dengan jajanan khas seperti nasi goreng, sate dll.

Dan ke sini waktu yang paling tepat datang adalah sore menjelang malam, banyak aktivitas yang ada seperti fotografi, skater, nongkrong ataupun hanya pindah internetan karena PEMDA menyediakan akses hotspot dari TELKOMHotspot. Jadi jika ingin langsung upload status atau foto ketika berada disana bisa langsung dach. Enjoy Jakarta !!!

Bunderan HI, Jakarta

31 Mar

Bunderan HI alias Bunderan Hotel Indonesia. Yop, bunderan ini berada di dekat Hotel Indonesia. Bunderan HI ini merupakan kawasan yang paling prestisius di Jakarta dan bahkan mungkin di Indonesia. Karena di bunderan HI ini berada di pertemuan jalan protokol utama Jakarta yaitu Jl MH Thamrin dan Jl Sudirman dan juga Jl Imam Bonjol.Bunderan HI ini berupa bunderan dengan atraksi air mancur yang mengelilingi sebuah tugu yang juga punya nilai hostoris yang tinggi, tugu Selamat Datang. Tugu tersebut dibangun dalam rangka menyambut Asian Beach yang dilaksanakan pertama kali di Jakarta.

hi

Bunderan HI ini juga dikelilingi oleh 4 hotel berbintang lima di setiap pojok jalannya sehingga menambah prestisius kawasan bunderan ini. Dan seperti kita tahu Jl Sudirman dan Jl Thamrin merupakan kawasan bisnis internasional yang di sepanjang jalannya berdiri gedung-gedung pencakar langit megah-megah sehingga titik point bunderan HI juga sebagai patokan paling terkenal. Selain perkantoran dan hotel berbintang di kawasan bunderan HI ini juga terdapat 2 pusat perbelanjaan paling prestisis se-Indonesia yaitu Plaza Indonesia dan Grand Indonesia yang masih anyar, yang didalam mal-mal tersebut terdapat butik-butik terkenal perancang-perang kelas dunia yang harganya selangit.

Untuk mencapai bunderan yang terdapat di Jakarta Pusat ini sangatlah mudah karena merupakan kawasan yang sangat terkenal bagi semua orang apalagi sopir taksi. Jika menggunakan kendaraan umum paling gampang adalah dengan menggunakan Busway yaitu Busway koridor 1(Blok M-Kota) dan turun di halte Bunderan HI. Selain itu tentunya kawasan ini juga masih dilewati oleh bus umum segala jurusan serta metromini. Dengan menggunakan kereta api bisa juga dicapai dengan turun di stasiun Dukuh Atas maupun Gambir dan kemudian dilanjutkan lagi dengan Busway.

Lika liku perjalanan di pedalaman Kalteng

17 Jan

Hmmmm…perjalanan gw kali ini juga gak begitu banyak dan bagi orang kota mungkin gak terlalu menarik karena gw hanya masuk-masuk ke pedalaman Kalimantan khusunya Kalteng. Tetapi tunggu dulu, perjalanan ke pedalaman Kalteng serasa sudah muter-muter keliling indonesia karena ternyata areanya luas banget.

Dan bukan hanya karena areanya yang luas yg bikin kita berucap cukup hanya sekali ke daerah tersebut (terutama untuk kabupaten pemekaran baru) atau emang klo bagi yg jiwa petualang pengen banget kayaknya berulang-ulang karena :

1. Jalan berlumpur…a.k.a Kuala Lumpur

dsc_0101

Yup..karena masih berupa daerah-daerah pemekaran baru, so jalan-jalan utama menuju ibukota kabupaten-kabupaten tersebut otomatis belum bagus, tepatnya sedang diperbaiki atau diupgrade kualitas jalannya. sehingga ketika dalam proses upgrade kualitas jalan tsb, kalimantan yg sering hujan ini akan menjadi surga lumpur sehingga akan menyulitkan kita untuk melewati jalan tsb, padahal hanya itu satu-satunya akses. Jadi jika musim hujan dan perlu ke daerah2 pemekaran seperti Kuala Kurun, Puruk Cahu, Lamandau dan Sukamara perlu disiapkan kendaraan yg prima.

o iya..ini ada videonya..

2. Jalan perintis a.k.a tour of sawit

dsc_0169

Nach untuk beberap daerah seperti ke Lamandau dan Sukamara perjuangan jadi lebih berat lagi karena kita kudu harus melewati jalan perintis yang notabene jalan perusahaan sawit yang pasti otomatis jalantersebut emang dikhusukan untuk per sawit saja sebenarnya. Yup, masih jalan tanah. Jalan-jalan seperti ini sangat banyak jika kita harus masuk ke kota-kota kecamatan seperti ke Kuala Kuayan ataupun Sebabi. Dan untuk jalanjenis ini hati-hati jik amusim hujan karena licin, serta harus memperhatikan petunjuk2 kecil di perempatan blok-blok sawit karena di perkebunan yang semu perempatannya sangat mirip, jadigampang kesasar. Tetapi jika musim kemarau hati-hati ma debunya.

3. Nyebrang dgn feri darurat

dsc_0140

Kalimantan juga identik dengan pulau yang banyak sungai dan kota-kota di kalimantan ini juga mayoritas berada di pinggir sungai. Dan jangan kaget jika untuk menuju ke beberapa kota dan karena masih terbatas jembatanya , so kita perlu nyebrang ke kota tersebut dgn bantuan feri darurat alias gabungan beberapa yang dirubah menjadi rakit yg bisa membawa mobil 2-4 mobil sekali angkut.

dsc_0011

Untuk kasus-kasus ini terjadi di daerah yang jemabatan penyebrangannya belum jadi karena jembatan masig dalam progress pembangunan seperti Kuala Pembuang, Puruk Cahu dan Buntok.

4. dll seperti akrobat jalanan

dsc_0167

Hehehe…selama perjalanan jika stress bisa dihibur dengan akrobat-akrobat di jalanan seperti motor yang diisi dengan drum-drum air maupun BBM dan diatas drum-drum tsb ada penumpangnya juga.

Dan dari paparan diatas, semua infrastruktur tersebut semuanya dalam progress pembangunan, so kemungkinan thn 2010 kemungkinan akses- akses di pedalaman kalteng semoga semakin lancar.

Lelahnya perjalanan ke Muara Teweh, Kalteng

27 Des

Hmmm,,,,pasti pada bingung denger nama nich kota, Muara Teweh. Masih pada asing pastinya. Tapi kalo pada denger Barito, pasti udah pada gak asing, yup salah satu sungai terpanjang dan terlebar di Indonesia. Dan diatasnya bertengger ‘golden gate’nya Indonesia.  Nach, disepanjang sungai barito ini banyak sekali kota-kota kecil baik itu termasuk wil Kalteng maupun Kalsel. Nach kali ini, kita ngomongin salah satu kota di pinggir sungai Barito bagian hulu yaitu Kota Muara Teweh.

dsc_0021-copy

Kota Muara Teweh ini merupakan ibukota kabupaten dari Kab Barito Utara yang masih masuk prov Kalteng. Tetapi jangan heran jika harus ke kota ini dari Palangkaraya, ibukota Kalteng kita kudu melewati kota Banjarmasin yg notabene ibukotanya Kalsel. Yup, karena keterbatan infrastruktur di Kalimantan ini, akses jalan raya yang belum begitu bagus dari Palangkaraya langsung ke kota ini mengharuskan kita harus menempuh perjalanan lebih kurang 13-15 jam perjalanan darat melewati kota-kota di Kalsel. Jalan pintasnya sendiri sebenarnya bisa ditempuh perjalanan cuman 5-8 jam sepertinya. Tapi akses darat dari Banjarmasin-Muara Teweh cukup bagus koq dengan aspal hotmix. Dan seperti halnya kota-kota di Kalimantan, di kota ini juga ada jembatan panjang di atas sungai Barito.

dsc_0009-copy

Kotanya sendiri masih tergolong kota kecil dimana jumlah penduduknya se kabupaten masih 150.000 ‘an. Tetapi dengan status kota kabupaten saat ini di kota ini telah banyak berdiri bank-bank nasional yang juga disediakan ATMnya sehingga penduduk kota ini juga tidak begitu jauh dari teknologi terbaru walaupun kotanya jauh banget. O iya, di kota yang konturnya berbukit-bukit ini juga ada bandara perintis, tetapi sayang saat ini penerbangan ditutup kembali dikarenakan sepi penumpang walaupun sudah bersubsidi.

dsc_0006

Selain akses darat dan udara, ke kota ini juga bisa dilakukan via transportasi air dengan menyusuri sungai barito dari kota Banjarmasin. Dan penduduknya sendiri mayoritas berpenghasilan dari nelayan, pns, tambang dan buruh perkebunan sawit maupun karet. dan kota ini biasanya dijadikan kota transit bagi pekerja tambang batubara sebelum mereka ke camp terdekat. So, bagi yg pengen berpetualangan kota Muara Teweh cocok sekali, tetapi kudu siap stamina yg bagus

Manisnya kota Pangkalan Bun, Kalteng

6 Des

Pangkalan Bun merupakan salah satu kota kabupaten tepatnya ibukota kabupaten Kotawaringin Barat di provinsi Kalteng tepatnya berada di bagian barat Kalteng dan juga diklaim sebagai kota pintu gerbang bagian baratnya Kalteng. Kota ini berjarak 10-12 jam perjalanan darat dari kota Palangkaraya.

pbu

Kota yang dijuluki kota Manis (Minat, Aman,Nikmat, Indah dan Segar)  ini dapat dijangkau via darat, udara maupun laut, jadi kota yang sudah dapat berdiri sendiri tanpa bergantung ke ibukota provnya di Palangkaraya. Untuk rute udara sendiri bisa melayani ke Jakarta maupun Semarang, begitu pula laut yang bisa langsung ke Semarang via pelabuhan Kumai. Dan memang kota ini sebenarnya berseberangan dengan kota Semarang di pulau Jawa jika ditarik garis tegak lurus ke Kalimantan.

Kota yang konturnya berbukit dan berlembah dan juga berada di pinggir sungai arut ini sangat rapi dalam tata kotanya. Jalanan yang telah dibagi 2 jalur juga ditunjang oleh pengaturan komplek perkantoran, perumahan dan pusat bisnis di lokasi-lokasi tertentu.

pbu3

Di kota ini juga terdapat cagar budaya berupa Istana Kuning-istana peninggalan kerajaan Kutaringin. Istana ini terdapat di tengah kota Pangkalan Bun tepatnya di daerah Radja dekat dengan daerah pasar.

pbu2

Selain istana ini kota ini juga menawarkan petualangan ke pusat penagkaran oran utan di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

Dan kota ini juga sebagai base untuk kantor-kantor perkebunan kelapa sawit yang di kabupaten ini sangat menjamur.

Dan dari kota ini, oleh-oleh yang sangat terkenal adalah batu kecubungnya. So silahkan nikmati manisnya Pangkalan Bun yang sedang berkembang ini. Dna menurut gw kota ini lebih prospek dibandingkan kota Palangkaraya untuk dijadikan kota bisnis.