Taman Wisata Kumkum, PalangkaRaya

3 Apr

Kumkum berupa salah satu tujuan wisata masyarakat di PalangkaRaya , dan mungkin merupakan salah satu tujuan wisata paling dekat. Dan karena satu-satunya tujuan wisata yang paling dekat, maka sangat wajar jika di hari-hari tertentu tempat wisata ini sangat ramai sekali.

View of Kumkum

Lokasinya sangat dekat sekali dengan kota PalangkaRaya nya kira2 sekitar 5km dari pusat kota, dan tidak begitu jauh dari jembatan Kahayan (iconnya PLK). Dan Kumkum ini sendiri juga berada di tepian kahayan. Tempat wisatanya berupa tempat rindang yang menyediakan gubuk-gubuk dari kayu yang berupa rumah panggung dan dirindangi oleh pohon-pohon karet. Dan jika air lagi pasang, air-air dari sungai kahayan akan berada di bawah gubuk-gubuk tersebut. Dan semua lokasinya itu berada diatas panggung-panggung dari kayu.

SUdut

Selain gubuk-gubuk tersebut yang dikenakan tarif untuk sewanya per jam, juga disediakan tempat duduk yang berada di jalan-jalan panggung dan free. Kita bisa memesan makanan/minuman dari tempat-tempat makan yang berada di dalam lokasi wisata tersebut sambil menikmati live musik dari panggung Flexiholic yang berada di tengah-tengah lokasi Kumkum . Dan kita juga bisa melihat aktivitas-aktivitas nelayan di sungai kahayan.

Buaya Kalimantan

Dan jika kita sebagai pendatang atau kita membawa anak-anak, tempat ini juga sebagai kebun binatangnya kota PalangkaRaya, karena di dalam tempat wisata ini juga disediakan beberapa kandang binatang. Dan binatang-binatang disini juga berupa binatang2 khas kalimantan seperti Buaya, Beruang Madu, Burung Tingang (maskot Kalteng), Monyet, Kuskus, dll. Tapi yang sayang sekali Orang Utan dan Bekantan (monyet khas kalimantan) tidak ada.

About these ads

37 Tanggapan to “Taman Wisata Kumkum, PalangkaRaya”

  1. sluman slumun slamet 03/04/2008 at 11:31 pm #

    jauh ya….
    kapan bisa ke sana?

    >>>>tergantung niat lo….wekekekke…:)

    • alona tersa zara 31/03/2012 at 6:12 pm #

      bgus lo,pemandanganx pingir sungai pula,………….

  2. catatanlasya 04/04/2008 at 10:17 am #

    Wih asyik .. ada Buaya Darat-nya lagi :lol: saya saja Jawa belum lunas apalagi sampai sebrang pulau … kapan ya…?

    >>>>ckckckck..berusaha dan berusaha…..

  3. phiy 04/04/2008 at 3:59 pm #

    Itu flexinya jadi sponsor ya :lol:

    Burung Tingang tu kek apa ya? (‘ . ‘)

    >>>>wekekeke..ya begitulah…
    burung tingang itu kayak burung enggong klo gk salah..klo ntar ada fotonya..coba tk share juga dach….lagi nyari2 foto2nya….

  4. quelopi 04/04/2008 at 9:39 pm #

    tempat nya bagus, jadi ngidam mau kesana

    >>>>bagus y….keren klo ada air2nya

    • nita 24/01/2010 at 7:39 am #

      datang aja ada banyak koq tempat wisata lain na bgs2 psti na….. mau yg ada air na atau yang ga ada air na semua ada ko.

  5. Denmasrul 05/04/2008 at 1:48 pm #

    Namanya unik yach, Kum Kum.. (artinya apa sih?) jadi ingat pernah ada film animasi Jepang yang diputar di TVRI tahun 80-an.. judulnya Kum Kum juga :-) Di Kaltim juga ada yang mirip gitu, ada gubuk2 tempat makan di kebun karet gitu.. 50 km dari Samarinda ke arah Bontang, tapi tidak di tepi sungai dan tidak ada kebun binatangnya..

    >>>>gw juga bingung kenapa ni taman namanya Kum Kum..bisa jadi juga yg punya (swasta soalnya…) ngefans berat ma tuch KumKum

  6. Ojat 06/04/2008 at 8:53 am #

    mungkin yg ngasi nama doyan nonton pilem india kali ya *hehhe ga nyambung*, rindang banget tempatnya..pasti seger ya duduk disitu :)

    >>>>india pa kartun nich…gw bingung..secara tu nama juga kagak ngerti da hub apa…wekeke..:)
    seger bgt jat….palagi diluar ituyg lagi terik2 banget…

  7. Nona Nieke,, 06/04/2008 at 3:40 pm #

    Wawww,
    tempatnya masih asri banged ya, bang
    masih hijau banyak pohon2 rindang,
    trus bisa liyat2 binatang,
    hummm, boleh nih dicoba,
    klo pengen mengobati penat dari hiruk pikuk kota Jakarta ;)

    >>>>dateng ja non…ntar gw gk mikir2 koqklo mo nganter…

  8. mpokb 07/04/2008 at 9:20 am #

    wah.. pingin tahu kalo pas pasang. apa nggak ribet jalan dari pintu depan?

    >>>>klo pasang,,,sebenarnya gpp mbak…jalannya dari depan itu udah pake jembatan kayu ..tpi klo psangnya gawat…agak ribet juga sich..krn jalan raya bakal kerendam…

  9. nita 07/04/2008 at 9:05 pm #

    sy baru tau kalo di kalimantan ada beruang madu. burung tingang itu sama dg enggang ya…oya, blog-nya sy link ya

    >>>> :)..malah beruang madu itu maskotnya kota balikpapan…..yup..burung itngang mirip burung enggang…tp moncongnya nlebih kecilan..n warna bulunya juga gk sebanyak enggang….

  10. myviolet 10/04/2008 at 12:41 am #

    keren..
    jadi pengen datang..

    >>>>ok..i’ll wait…tapi gak nanggung klo gw udah pindah….

  11. escoret 10/04/2008 at 2:43 pm #

    kumkum..????
    bukan KUMALA BOS..????

    >>>>klo kumala di tenggarong bos….

  12. Juminten 13/04/2008 at 1:33 am #

    uhmmm… asyik ya gubuknya. kayaknya bersih gitu.
    eh, bener kaget deh pas liat foto terakhir.
    tau2 ada buaya! hahahaha… :D

    >>>>itu khan buaya air jum…
    buaya darat lo udh sering ketemu berarti…..:)

  13. ridu 13/04/2008 at 6:45 am #

    wew.. ada buaya darat?? serem..

    btw foto2nya bagus2 nih.. keren.. oh ya itu gubuknya keknya seru tuh istirahat dan bersantai di situ.. wah jadi pengen bersantai2..

    >>>>seru bgt du….palagi ma buayanya….:)

  14. vi3n 15/04/2008 at 1:09 pm #

    Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com

    http://www.infogue.com/tempat/taman_wisata_kumkum_palangkaraya/

  15. Lintang 18/04/2008 at 7:14 am #

    no’ selama setahun aku d palangka, belum pernah aku ke kumkum hehe…parah ya :D

    >>>>parah..prah….n terlaluuu…:)….

  16. Malinda 03/05/2008 at 7:39 pm #

    terakhir kesana… pas kelas 1 sma… 4 tahun yang lalu hahaha…

    wah tambah ramai yah… dah ada buaya nya juga… ntar kalo pulang mampir ach…

  17. eno reto 07/09/2008 at 11:30 am #

    palangkaraya……………aq kangen kalian………….

  18. trasmianto 22/12/2008 at 9:29 am #

    emmmm.. nice post itu buaya darat ya bosss.
    btw mampir kesini mampir juga ke jurangjuang.wordpress.com

  19. supardi 03/03/2009 at 2:02 pm #

    kum kum????ada tempat mancingnya ngga???katanya di pinggir sungai kahayan ya..???? He3x……air keruh……

    >>>>ada…..kemaren festival mancing klo gak salah disono

  20. rico kapuas 15/05/2009 at 9:59 pm #

    mantap,jadi penegen nyoba tuh

  21. iriana 21/11/2009 at 10:09 am #

    duuh….. jd inget kenangan2 di palangkaraya, pgen bget bisa maen kesana lagi. kapan ya????

  22. nita manies 24/01/2010 at 7:44 am #

    paray.. aq kgn bgtttttttttttt….

  23. ilham 25/01/2010 at 2:26 pm #

    asiiiiiiiiiiiik lo jalan ke kum kum makanannya wuuuuuuuuuuuuenak tempatnya juga asiiiiiiiiiiiiiik ada tempat bermain anak anak juga lo aku udah

  24. eghegh 20/02/2010 at 11:02 pm #

    ahh ini blog sangat membantu ..
    aku lagi buat tugas tentang kumkum n kmaren waktu datang ke kumkum g smpat memperhtikan apa2 saking sntainya sama temen2 hehehe…
    thx postnya ..

  25. asthiee 27/05/2010 at 2:27 pm #

    sbntr lg hengkang dr paray..hiks

  26. riris 11/07/2010 at 10:20 am #

    infonya menarik. bisa diperjelas, bagaimana menuju kesana dr palangkaraya? adakan kendaraan umum? kl sewa taxi brp?

    • aNNo' 11/07/2010 at 10:59 am #

      Di plk tidak ada taxi adanya taksi kota alias angkot ..heehehe. Tp ke kumkum ini bukan jalur angkot. Klo mau naik angkot turun di jemb kahayan aja dan tinggal nyebrang jemb dan jalan dikit sktr 100m ke kumkum ini.

  27. LumuTz 22/07/2010 at 11:15 am #

    mantaaaaaaaaaaaaaapppp mank….kekekekekekeke

  28. mr.marks.w 11/09/2010 at 12:17 pm #

    Saya lagi makan di rumah makan ne……*asyik sama keluarga ya sambil menhilangkan kepenata

  29. mr.marks.w 11/09/2010 at 12:21 pm #

    Sambil ngedener musik lagi ……..1ahhhhhhh mantap…..

  30. mr.loenly 01/10/2010 at 2:52 pm #

    sayang skrg binatang nya banyak yg tewas..

  31. Manje_Ulik_Mayang 09/10/2011 at 1:06 am #

    Saya Juga Pengen Mau Kepalangkaraya..
    kapan aja bisa kesana…
    soalnya Saya tak pernah keluar dr malaysia.. apa lg naik pesawat.. jadi teruja dalam ketakutan nih.. T_T

  32. rudie 02/03/2012 at 8:08 am #

    kpn y bsa ksana lg,aq kangen ma seseorang..oh priulina

  33. Cerdas inovatif 21/04/2013 at 4:23 pm #

    Palangkaraya memang keren yah boss…. soalnya tanah kelahiran saya disana..

    salam kenal
    blogger banua

Trackbacks/Pingbacks

  1. Beautifully « Babakanblog's Blog - 05/06/2010

    […] far from there, about five miles to west of downtown, there was a Park Kum Kum as one tourist destination city. This park is located on the banks of the river with diverse […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 245 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: