Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar

16 Jan

Bandara Internasional Minangkabau yang biasa disebut dengan singkatannya BIM merupakan bandara pengganti untuk bandara Tabing. Bandara ini merupakan bandara sebagai pintu masuk kawasan sumatera bagian barat khususnya untuk provinsi Sumatera Barat.

BIM1

Sebelum menjadi BIM bandara ini juga sempat terkenal dg nama MIA (Minangkabau Internasional Airport), tetapi berhubung untuk nama internasional MIA sudah digunakan oleh Miami International Airport maka ditetapkan lagi menjadi BIM yang mengIndonesia.

Bandara ini juga merupakan hub yg menghubungkan Sumatera bagian barat ke dunia, dan saat ini dari bandara ini telah ada penerbangan ke Singapura dan Kuala Lumpur serta Bangkok selain yang domestik ke Jakarta, Medan, Batam, Palembang dan Bengkulu.

BIM2

Bandara baru ini resmi beroperasi sejak 22 Juli 2005 menggantikan bandara Tabing yang telah beroperasi selama 34 tahun. Bandara ini sudah tidak berada di kota Padang tetapi sudah berada di Kabupaten Padang Pariaman tepatnya di Ketaping yang berjarak lebih kurang 20 km dari pusat kota Padang.

Bandara ini berasitektur khas Minangkabau dg bercirikan atap yang bergonjong dan juga interior maupun exteriornya dihiasi oleh ukir-ukiran khas Minang. Landasan pacunya sepanjang 2750 meter dengan luas bandara keseluruhan 4,2 km2.

Untuk foto-foto lainnya bisa dilihat di sini

Untuk menuju bandara ini dari kota Padang telah disediakan bus khusus angkutan bandara dg tarif 20ribu yang melewati 2 rute ke arah pusat kota Padang. Selain itu juga disediakan Taxi khusus bandara yang bisa melayani ke semua kota di Sumatera Barat dan beberapa kota lagi yang berada di Sumatera bagian Tengah seperti Pekanbaru, Jambi dan Bengkulu dengan tarif yang sudah flat, jadi tidak menggunakan argo. 

ps : sumber dari sini , sini

Iklan

16 Tanggapan to “Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar”

  1. STR 16/01/2008 pada 11:03 am #

    Waaa … Harusnya ente masuk tuh waktu foto-foto … Jadi bandaranya bisa tergambar dengan jelas. 😀

  2. STR 16/01/2008 pada 11:04 am #

    Maksudnya interiornya juga … Hohoho …

    >>>>untuk interiornya bisa diliat di sini…dan sini

  3. escoret 16/01/2008 pada 11:22 am #

    ulasannya tanggung..ngambang…KURANG JLEAS…!!!

    *eh,koment protes boleh kan..???*

    >>>>ok boss…td berhubung udh jam kerja so kepublish sementara versi draftnya….ok akan gw tambahin berhubung lo mau ke payakumbuh y ….

  4. dodot 16/01/2008 pada 7:33 pm #

    angkot yang mau kesana sepi banget dan terkadang rame, namun yang jelas adalah lokasi dari bandara tersebut kejauhan…

    dan memang dirasa penting kalau jauh dari pusat kota mengingat kota PAdang harus melakukan pengembangan di daerah atau kawasan padang pariaman.

    Semoga aja kantor gubernur SUMBAR jadi dipindahin ke kawasan aia pacah

    >>>>yup..gw setuju bangett dipindahin bandaranya shg kota Padang gk hanya seputaran pasaraya doank..syukurlah bandara sudah dipindah..dan untuk kntr gubernur dan kantor pemerintahan lain semoga semakin cepat dipindahin ke kawasan aia pacah tersebut shg kota padang lebih berkembang dan bisa mengejar ketertinggalan dari kota-kota tetangga

  5. antarpulau 16/01/2008 pada 11:18 pm #

    Ngeliat foto yg paling atas, seru banget..
    memiliki background suasana pegunungan..
    ngomon’2x… disana dingin kan..?

    >>>>klo di bandara panas boss..khan pinggir pantai…wehehehe..kecuali di bukit2 itu baru dingin..itulah uniknya Sumatera Barat

  6. Juminten 17/01/2008 pada 1:08 am #

    hahaha… aku udh sering banget ke Sumatra Barat.
    maklum, kampung halamannya orang tua! 😛
    tapi belum pernah tuh ke Bandara-nya.
    soalnya selalu mudik naik mobil rame2 sekeluarga dr Riau. 😀

    >>>>kasiannya Jum…yang paling bagus lagi sich view danau kembar yg keliatan ketika saat-saat akan mendarat…

  7. ZeAL 17/01/2008 pada 6:24 am #

    hmmm… Tahun Anggaran ini mungkin aja gue dines ke sana…
    Ada yang menarik dan patut dicicipi atau dibeli gak disana?

    >>>>ckckckck..klo di list yg menarik n patut dicicipi bnyk bgt…gk muat di list kayaknya…
    tapi yg bener2 patut : Bukittingi, Maninjau, Lembah Harau, Malin Kundang, Bungus, Keripik Balado, Dendeng Batakok, Sate Dangung-Dangung…n klo di Padang nyari makan didaerah Ulak Karang dan Pantai Padang

  8. deteksi 17/01/2008 pada 7:32 am #

    jiah keren banget, sumprit… bentuknya itu sebagai identitas :d

    *cek ke googlemap*

    >>>>behhh..udh ngecheck jg toch ke googlemap…sayang yg di googlemap msh blm update kayaknya …

  9. ika 17/01/2008 pada 8:33 am #

    enaknya dunia maya tuh kek gini ni yah bro,,sayah bisa liat2 tempat2 menarik di seluruh endonesa tanpa harus ke sana langsung…
    bandaranya unik dan keren tuh..nuansa sumatera barat banget 😀

    >>>>yup..beruntung bgt qta hidup di dunia millenium ini y…
    n di sumbar memang semua kantor dianjurkan mengadopsi bangunan rumah gadang untuk arsitekturnya…

  10. za 17/01/2008 pada 4:00 pm #

    weeeh, sayang za lom sampe ke sana…palingan ke palembang yang udah…:D
    kangen juga gak jalan jalan lagi….:(

    >>>>jgn jalan krn dinas mulu za..sekali2 bener2 jalan2 beneran lah..wehehehe..gk bakal rugi koq ke ranah minang ini…wehehehe 🙂

  11. Nona Nieke,, 18/01/2008 pada 11:52 pm #

    Hah?
    Bagus juga yah bandaranya SUmbar!
    Aku dah sering banged wara wiri Sumbar,
    cuman belom kesampean ke bandaranya,
    soalnya kalo ke sana naek mobil, mas!
    cuman 6 jam perjalanan dr rumahku di Riau!
    *hush! kita sedang ngomongin bandara, Niekeee! :P*

    Btw, kenapa letaknya malah di Pariaman?
    Pariaman khan gak terlalu mengkota banged,
    yah, lumayan menkota sihhh,
    tap..tapiii,
    kenapa gak di Bukittinggi aja?
    Yang lebih ‘ramean’ dikit?
    apa memang disengaja seperti itu?
    *huh, dasar urang Bukiktinggi! maunyo badakek bana jo kampuang wak :P*

    >>>>wekeke..justru krn blm mengkota nik?…biar kotanya nyebar wehehe..n klo di bukittingi kayaknya ditaroh di ngarai sianok ja kali y….wehehehe

  12. rustie 30/01/2008 pada 9:24 am #

    duhhh bdk aq mau k pdg n aq blum pernah sama sekali ke sana..
    mudah-mudahan gak nyasar y d bandaranya….

    >>>>gak koq..sign board nya jelas semua koq..n yang unik ada 3 bahasa announcement : Inggris, Indonesia dan Minang

  13. Stevanus 16/03/2008 pada 4:52 pm #

    maju sumbar berikan jurnalistik yang terbaik . saran fotonya kurang bersih alias buram. saran saja tidak ada maksud apa. Thank

    >>>>tks kritikannya..klo foto yg bandara diatas memang ada yg difoto di balik kaca pesawat dan mobil sehingga kelihatan buram kayaknya….but…tks pak…

  14. baby_lasac 08/06/2009 pada 12:53 am #

    untuang bana bandara baru kini di kumpuang awak ……mah,,,,,,,jidi rami kampuang gosong awak kini,,,,owh yo jdi takana jo cewek awak yg di kampuang…tpi sayang yo wak lah ptuih lo,,heeeeeeeeeee

  15. cici 09/11/2011 pada 1:53 pm #

    kok nggak ada penjelasannya sih

  16. ricadSID 14/06/2012 pada 2:32 am #

    Memang Indah dan Memiliki Kharisma Tersendiri dari Bandara Lainnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: