Megahnya Masjid di Martapura, Kalsel


Martapura merupakan sebuah ibukota kabupaten Banjar yang berada di provinsi Kalimatan Selatan. Martapura merupakan sebuah kota yang sangat terkenal baik didalam negeri maupun diluar negeri berkat intannya.

Nach tepat setelah pasar intan terkenal tersebut berdiri megah sebuah bangunan masjid. Dan masjid ini masih diklaim terbesar di kalimantan selatan.

Masjid Al Mukarramah

Masjid ini dinamai seperti yang tertulis dengan huruf arab di depannya yaitu Masjid Al Mukarramah Karomah. Arsitektur masjidnya bergaya masjid-masjid di arab, karena masyarakat-masyarakat di Martapura kebanyakan keturunan Arab.

Masjid ini memiliki kubah yang unik dengan warna-warna dipuncaknya, dan juga dilengkapi dengan 1 menara tinggi dengan arsitektur yang unik juga.

Dan arsitektur didalam masjidnya tidak kalah dengan penampilan luarnya. Ademnya situasi masjid didalam tidak menggambarkan jika diluar panas terik.

Dan jika anda menyempati singgah di martapura untuk mencari intannya, sebaiknya anda juga menyinggahi masjid ini untuk menunaikan salah satu shalat 5 waktu anda, sayang untuk melewati nyamannya masjid ini.

O iya, untuk mencapai masjid ini gampang sekali karena hanya butuh +/- 1 jam perjalanan dari kota Banjarmasin dan hanya 1/2 jam jika dari bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru. Dan masjid ini juga berada di pinggir jalan trans Kalimantan ruas Kalsel-Kaltim dan berada di pusat kota Martapura.


54 respons untuk ā€˜Megahnya Masjid di Martapura, Kalselā€™

  1. Iya bener… Emang bagus banget. Saya suka warna kubahnya…

    >>>>bener dit..gw ja sampe jeprat jepret mulu disono….o iya..klo mau wallpapernya juga da di page Wallpapernya y…

  2. bagus banget….

    di Padang juga ada cuman ukurannya kecil, nggak luas seperti disono

    >>>>Padang bukannya lagi bikin masjid agung seberang TELKOM dot..gw pernah liat maketnya di padang ekspress waktu pulkam des maren…

  3. wah iya, gede banget ya mesjidnya…kerenn…

    >>>>di Samarinda masjid agungnya udah kelar pa blm jat?….khan itu terbesar di Indo kabar2nya…

  4. waaahh bagus banget yaa .. subhanallah ..

    gw orang banjarmasin nih haha . tapi blom pernah ke martapura ..

    gila ya enak banget kerjaannya jalan2 terus !!! ^^

    >>>>y wekekeke…..jalanjalanterus mach blog gw..kerjaan gw liat2…

  5. wah akhirnya datang juga..
    mas, kayakx salah tulis nama tuh masjid deh.yg bener masjid agung al karomah.
    kalau jeli masuk ke dalam masjid x, pasti ketemu 4 buah tiang warna ijo, konon katanya ditengah2 barisan tiang itu, sering dijadikan tempat sholat ulama kenamaan kalsel, syech muhammad arsyad al banjari.
    jangan lupa juga habis sholat, mampir sebentar ke pasar wadai. yg letaknya persis disamping pasar intan itu.buanyakkkk bgt kue khas banjar yang yummi, dg harga yg murah..oke,,,

    >>>>o iy..namanya salah..padahal gw pernah ngeralat punya lo y….tq bro..akan gw edit…

  6. wah indah banget yah..kubahnya cantik..mirip2 mesjid di Libanon…wah harus kesana nih…tapi kapan yah???

    >>>>iya…arsitekturnya mirip2 masjid disono..*padahal gw blm pernah kesono*….

  7. mas anno, ternyata di pelaihari, kalsel juga ada masjid besar.hampir menyamai masjid martapura lho.aq kemaren sempat jeprat-jepret juga.buka ya blog aq.bandingin ama masjid martapura.bagus an mana??

  8. mesjid ini sebenarna bangunan sejarah kemudian di renovasi gaya moderen di tengah mesjid ada 4 tiang 4 kono zaman dahulu tokoh ulama martapura yg mindahin bahan dari kayu ulin semua bangungan d bongkar dr banguna lama hanya 4 tiang yg d tinggal karena sejarahna na itutiang d tengah mesjid 4 buah dahulu. sebenar na disini bukan karena bnyk org arab tp memang ada lah org keturanan arab n kota ini memang jg d sebut serambi mekah seperti aceh tp ini hanya kabupaten bukan provinsi seperti aceh. disini juga lahir ulama besar Indonesia beliau jg adalah ahli fiqih, hadist ajaran beliau mempengaruhi perjalaman islam indonesia yaitu beliau adalah Syech Arsyad Albanjari atau org banjar bilang Datuk Kalampayan krn beliau lahir di salah satu tempat d martapura.

    salam nah bubuhan Pro GT, Charf, kakawanan SMP 2 martapura, SMA Citra Banjarbaru, SD Taruna karya martapura, bubuhan kampung jawa martapura, bubuhan ratu elok banjarbaru. peace nach met puasa

    kl ada kakawalan email aku nach : calleds@yahoo.com

    tabiks,

    >>>>sip..trims infonya….

  9. hebat mesjid luar biasa subhanallah ak jua orang banjar.aku kalau makan sop disana jua dipasar wadai martapura

  10. unda amun mudik ka banjar pasti ka martapura n manyampatkan sholat disini, pas februari 2009 nang lalu unda mudik n sampat 2x ka martapura n pastinya unda sholat disini n masjid sudah boleh dipadahakan tuntung, alhamdullillah nikmat banar mudah2an unda ada umur n ada raziki lagi bisa mudik lagi n bisa kasini lagi, salam gasan bubuhan sabarataan

  11. ass.wr.wb. adakah dingsanak2 nang diblog ini pinandu lawanaku, aku alumnus sma negeri 2 banjarmasin kaluaran th.1972, sudah lawas banar kada badapatan lawan bubuhan bahari, amun bulik ka bjr gen kada suah badapatan siapa tahu nah ada nang nongkrong disini, aku wayahini badiam di sukabumi jawabarat, amun ada nang ingat lawan unda lakasi kuntak ka unda, okeh . ass.

  12. saya berencana ke Banjarmasin terutama ke Martapura dari Airport naik apa ya kalo ke Mesjid Al Karomah dulu. dar i Airport ada angkutan umumnya g? namanya apa? rutenya kemana?

    ada penginapan murah ng dekat mesjid Al Karomah?

  13. akhirnya sy kesn tgl 18 kmrn, lewat dpn mesjid (sayang g sempat mampir)) jjs ke Pasar Batuah n ..coba ke kuin di Banjarmasin tp rada keciwa soale kebanyakan turis terapungnya dari pada pedagang terapungnya …. anyway … I keep opening your web … sapa tau ada yg bisa disinggahin sembari tugas hehehe … thanks ya

  14. saya sukaaaaaa banget buka puasa dengan kluarga saya yang nyaman meski kadang marah2 nangis2 dipukulin dendam2 lagi fuh cape ngurusin rasanya udah mo mati

  15. mesjidnya bagus suasana masyarakatnya menarik, cuma tukang parkirnya tidak bersahabat, masa se enaknya sendiri menarik harga parkir, apa tidak ada aturannya ya….., tolong ditertibkan.

  16. Mari berkunjung ke kotaku Martapura,
    di kota yang dijuluki serambi mekah ini kalian bisa wisata religi sekalian berbelanja batu permata di CBS (cahaya Bumi selamat) di sini ada batu permata yang harganya puluhan ribu sampai yang ratusan juta rupiah ada lho,,, šŸ™‚

  17. salam kenal dari dalang ampah
    sip mengenalkanku pada tempat ibadah yang indah dan bersih semoga membawa hati dalam kedamaian dan bersih
    salam rahayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s