Taman Wisata Kumkum, PalangkaRaya


Kumkum berupa salah satu tujuan wisata masyarakat di PalangkaRaya , dan mungkin merupakan salah satu tujuan wisata paling dekat. Dan karena satu-satunya tujuan wisata yang paling dekat, maka sangat wajar jika di hari-hari tertentu tempat wisata ini sangat ramai sekali.

View of Kumkum

Lokasinya sangat dekat sekali dengan kota PalangkaRaya nya kira2 sekitar 5km dari pusat kota, dan tidak begitu jauh dari jembatan Kahayan (iconnya PLK). Dan Kumkum ini sendiri juga berada di tepian kahayan. Tempat wisatanya berupa tempat rindang yang menyediakan gubuk-gubuk dari kayu yang berupa rumah panggung dan dirindangi oleh pohon-pohon karet. Dan jika air lagi pasang, air-air dari sungai kahayan akan berada di bawah gubuk-gubuk tersebut. Dan semua lokasinya itu berada diatas panggung-panggung dari kayu.

SUdut

Selain gubuk-gubuk tersebut yang dikenakan tarif untuk sewanya per jam, juga disediakan tempat duduk yang berada di jalan-jalan panggung dan free. Kita bisa memesan makanan/minuman dari tempat-tempat makan yang berada di dalam lokasi wisata tersebut sambil menikmati live musik dari panggung Flexiholic yang berada di tengah-tengah lokasi Kumkum . Dan kita juga bisa melihat aktivitas-aktivitas nelayan di sungai kahayan.

Buaya Kalimantan

Dan jika kita sebagai pendatang atau kita membawa anak-anak, tempat ini juga sebagai kebun binatangnya kota PalangkaRaya, karena di dalam tempat wisata ini juga disediakan beberapa kandang binatang. Dan binatang-binatang disini juga berupa binatang2 khas kalimantan seperti Buaya, Beruang Madu, Burung Tingang (maskot Kalteng), Monyet, Kuskus, dll. Tapi yang sayang sekali Orang Utan dan Bekantan (monyet khas kalimantan) tidak ada.


38 respons untuk β€˜Taman Wisata Kumkum, PalangkaRaya’

  1. Itu flexinya jadi sponsor ya πŸ˜†

    Burung Tingang tu kek apa ya? (‘ . ‘)

    >>>>wekekeke..ya begitulah…
    burung tingang itu kayak burung enggong klo gk salah..klo ntar ada fotonya..coba tk share juga dach….lagi nyari2 foto2nya….

    1. datang aja ada banyak koq tempat wisata lain na bgs2 psti na….. mau yg ada air na atau yang ga ada air na semua ada ko.

  2. Namanya unik yach, Kum Kum.. (artinya apa sih?) jadi ingat pernah ada film animasi Jepang yang diputar di TVRI tahun 80-an.. judulnya Kum Kum juga πŸ™‚ Di Kaltim juga ada yang mirip gitu, ada gubuk2 tempat makan di kebun karet gitu.. 50 km dari Samarinda ke arah Bontang, tapi tidak di tepi sungai dan tidak ada kebun binatangnya..

    >>>>gw juga bingung kenapa ni taman namanya Kum Kum..bisa jadi juga yg punya (swasta soalnya…) ngefans berat ma tuch KumKum

  3. mungkin yg ngasi nama doyan nonton pilem india kali ya *hehhe ga nyambung*, rindang banget tempatnya..pasti seger ya duduk disitu πŸ™‚

    >>>>india pa kartun nich…gw bingung..secara tu nama juga kagak ngerti da hub apa…wekeke..:)
    seger bgt jat….palagi diluar ituyg lagi terik2 banget…

  4. Wawww,
    tempatnya masih asri banged ya, bang
    masih hijau banyak pohon2 rindang,
    trus bisa liyat2 binatang,
    hummm, boleh nih dicoba,
    klo pengen mengobati penat dari hiruk pikuk kota Jakarta πŸ˜‰

    >>>>dateng ja non…ntar gw gk mikir2 koqklo mo nganter…

  5. wah.. pingin tahu kalo pas pasang. apa nggak ribet jalan dari pintu depan?

    >>>>klo pasang,,,sebenarnya gpp mbak…jalannya dari depan itu udah pake jembatan kayu ..tpi klo psangnya gawat…agak ribet juga sich..krn jalan raya bakal kerendam…

  6. sy baru tau kalo di kalimantan ada beruang madu. burung tingang itu sama dg enggang ya…oya, blog-nya sy link ya

    >>>>:)..malah beruang madu itu maskotnya kota balikpapan…..yup..burung itngang mirip burung enggang…tp moncongnya nlebih kecilan..n warna bulunya juga gk sebanyak enggang….

  7. uhmmm… asyik ya gubuknya. kayaknya bersih gitu.
    eh, bener kaget deh pas liat foto terakhir.
    tau2 ada buaya! hahahaha… πŸ˜€

    >>>>itu khan buaya air jum…
    buaya darat lo udh sering ketemu berarti…..:)

  8. wew.. ada buaya darat?? serem..

    btw foto2nya bagus2 nih.. keren.. oh ya itu gubuknya keknya seru tuh istirahat dan bersantai di situ.. wah jadi pengen bersantai2..

    >>>>seru bgt du….palagi ma buayanya….:)

  9. terakhir kesana… pas kelas 1 sma… 4 tahun yang lalu hahaha…

    wah tambah ramai yah… dah ada buaya nya juga… ntar kalo pulang mampir ach…

  10. emmmm.. nice post itu buaya darat ya bosss.
    btw mampir kesini mampir juga ke jurangjuang.wordpress.com

  11. kum kum????ada tempat mancingnya ngga???katanya di pinggir sungai kahayan ya..???? He3x……air keruh……

    >>>>ada…..kemaren festival mancing klo gak salah disono

  12. asiiiiiiiiiiiik lo jalan ke kum kum makanannya wuuuuuuuuuuuuenak tempatnya juga asiiiiiiiiiiiiiik ada tempat bermain anak anak juga lo aku udah

  13. ahh ini blog sangat membantu ..
    aku lagi buat tugas tentang kumkum n kmaren waktu datang ke kumkum g smpat memperhtikan apa2 saking sntainya sama temen2 hehehe…
    thx postnya ..

  14. infonya menarik. bisa diperjelas, bagaimana menuju kesana dr palangkaraya? adakan kendaraan umum? kl sewa taxi brp?

    1. Di plk tidak ada taxi adanya taksi kota alias angkot ..heehehe. Tp ke kumkum ini bukan jalur angkot. Klo mau naik angkot turun di jemb kahayan aja dan tinggal nyebrang jemb dan jalan dikit sktr 100m ke kumkum ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s