Pasar Intan yang tidak seperti Intan

22 Jun

Mendengar kata Martapura semua orang pasti akan langsung mengaitkan dengan Intan. Yup, intan dikenal luas berasal dari salah satau kota di Prov Kalsel ini. Nach, tepat di Kota Martapura, ibukota kab Banjar terdapat sebuah pasar yang menjual intan tersebut. Pasarnya berada di dekat Masjid Al Karomah.

Di pasar intan ini tidak hanya menjual batu intan doank tetapi juga mencakup semua batu-batu mulia yang ada baik di Indonesia maupun dunia kali…cos gw denger ada permata dari eropa katanya….wehehehe…

Di pasar ini dijual batu-batu mulai dari harga yang hanya belasan ribu sampai miliaran rupiah. Tetapi kalau kita melihat dari bentuk pasarnya sendiri, mungkin jika orang yang tidak tahu kalo itu pasar intan tidak bakal mengira kalau dipasar tersebut menjual perhiasan yang berharga berjuta-juta atau sampai berjuta kuadrat. Yup…pasarnya hanya seperti pasar kebanyakan pasar di indonesia saja tidak ada yagn istimewa dari segi bentuknya, hanya dibagian depan pasar yang berupa taman memang dibuat desain taman yang katanya mengadopt dari Arab sono. O iya, orang martapura dikenal juga sebagai masyarakat yang memang kebanyakan keturunan Arabnya, sehingga arsitektur-arsitektur disana seperti di Arab kebanyakan.

Dan di pasar ini,kita juga bakal mengira itu bukan pasar karena terdapat sebuah menara yang seperti menara mesjid yang juga ada tulisan arabnya sehingga kita akan mengira disana adanya masjid bukan pasar. Nach begitulah uniknya pasar ini. Dan tenang jika pedagang membuka harga di harga tinggi, jangan takut menawarnya, cobalah setengah harga dari harga yang ditawarkan..gw berhasil koq….so selamat hunting batu permata.

Dan di pasar ini kita juga bisa memperoleh oleh-oleh khas Kalimantan lainnya.

Iklan

18 Tanggapan to “Pasar Intan yang tidak seperti Intan”

  1. quelopi 22/06/2008 pada 2:42 pm #

    harga batu intan nya berapa pak? wuih…. padet seperti pasar yah, padahal di mesjid

    >>>>buka masjid dod..tapi sebelahnya sekitar 50m lah….harganya dari 20ribu – sampe berM -M …terserah lo milih yg mana

  2. Denmas 22/06/2008 pada 7:41 pm #

    Unique juga yach… sudah denger dari dulu kalau Martapura pusatnya batu-batuan namun baru lihat pic-nya sekarang. Cuma satu lokasi itu aja yach, bro?

    >>>>kalo setau gw emang hanya satu lokasi itu aja…tapi di lokasi itu banyak koq toko2nya…tinggal milih mana yg cocok…

  3. anas 23/06/2008 pada 9:40 am #

    komen lg neh…bupati nya baru berbulan2 yg lalu beli sebuah alat penggosokan intan dgn harga sekitar 12 milyar…!
    dgn alat itu, kualitas intan yg dihasilkan sebanding dgn kualitas penggosokan di negara maju kayak jerman.
    tdk hanya disini saja pertokoannya, di lokasi lain juga ada kayak di Zamrud Plasa, Martapura.kalo gak salah web nya adalah http://www.permatazamrud.com.

    mas ano, gw sdh mosting ttg festival budaya terapung lho.liat aja…banyak koleksi fotonya juga.

    >>>>gile…mahal kali….mungkin ntar pasarnya kayaknya perlu diperbagus….biar orang2 kaya pad ayakin belanja kesono….wehehehehe…
    Zamrud Plaza sebelah mana tuch nas?….belum pernah lliar gw,,,,ntar kapan2 gw pengen ke tempat pendulangannya…katanya bisa diliat…

  4. ika 23/06/2008 pada 12:26 pm #

    bagus banget neh,,catet ah buat referensi,,hehe

  5. anas 24/06/2008 pada 7:19 am #

    mahal sih mahal tp sebanding dengan kualitas gosokannya.cling….!
    tp orang bernasib spt gw, kek nya gak bakal pernah bisa memiliki batu mahal itu.hiks…..
    lokasi jamrud plasa itu kalo gak salah di jalan a yani (kako dr bunderan simpang 4 banjarbaru arah martapura tu sebelah kiri deh.)gedungnya warna ijo muda.
    arsitektur bangunan pertokoan yg mas kunjungi itu kek nya udah bagus n unik.memang gak bertingkat2.cuma agak bergaya arab n banjar.
    lokasi pertambangan intan emang bisa dikunjungi oleh wisatawan.lokasi nya di cempaka.gw jg belum pernah kesono, tp udah jd jadwal lokasi yg wajib gw kunjungi.
    semangat wisata, semangat ngeblog…!

  6. yanti 24/06/2008 pada 8:08 pm #

    intan nuraini herganya berapa bos??

    wehehehe.. aku wanita yang gak ngerti perhiasan… intan, kristal dan diamond.. mahalan mana? dan apa yang membedakan

    >>>>intan nuraini dijual juga ?????..mau donk jg gw….

    perhiasan?….gw apalagi?…lo cewe ja ora mudeng apalagi gw yg cowok…tapi kayaknya klo intannya segede durian..mahal intan lah…

  7. Juminten 24/06/2008 pada 10:29 pm #

    wuiiiihhh… pasar terelit di Indonesia, dunkz! hahaha… 😀
    ntar pulang dr sana ngebawa blanjaannya pake kantong kresek jg ga, yah?
    *ngeyel*

    >>>>o iy bener jum..gw maren bawa belanjaan pake kantong kresek merah…..:))

  8. puputs 25/06/2008 pada 12:59 pm #

    jangan bawa cewek kesitu, bisa bangkrut borong intan

    >>>>wekekekeke…bilangnya gini kali…
    ihhh ini bagus mas..yg ini juga….palagi yg itu mas….

  9. [H]Yudee 26/06/2008 pada 12:02 am #

    wow … intan.
    eh … itu kan sinetron bukan ???

    😀

    >>>>sinetron?…gak kenal tuch…
    :))

  10. anas 27/06/2008 pada 10:45 am #

    mampir lg nieh.mas anno, gw ada nemu situs wisata yg basisnya di palangka raya.buka deh http://www.wowborneo.com disitu byk bgt info ttg paket wisata nya, khususnya menjelajah kalteng.tp agak mahal juga, coz pake dolar AS.gw pengen bgt deh, palagi pas liat kapal wisatanya di atas sungai.asik bgt kayaknya

  11. anas 27/06/2008 pada 10:46 am #

    http://www.wowborneo.com

  12. Zee 14/07/2008 pada 8:32 am #

    weh masa siy sampe bermilyar harganya? ngeri ya… apa emg batu2nya berkualitas? yg dijual2 di toko itu berarti ambilnya di situ yaa..

    >>>>coba aja bayangin klo ada batu mutiara segede buah pala…nach katanya itu pernah ditemukan..n penemunya kaya mendadak….

  13. ande-ande loemot 11/09/2008 pada 8:38 pm #

    He bro ga cuma intan yg mahal, ada juga tuh makanan tradisional sedikit elit ,klo di jawa sih istilahnya telepon tahan air ( klelep phone). tambah lagi ada yg pake buntut nya Ibu HaRI. he…hhe……

    >>>>klelep phone ibu hari?….belum pernah denger euy…bukan kelelep samabil nelpon khan tach?…..

  14. edo 24/02/2009 pada 7:19 pm #

    di daerah cempaka kota banjarbaru kalimantan selatan. khususnya d daerah desa pumpung d kenal sebgai pusat pendulangan intan tradisional dan semi modren….

    >>>>o cempaka y…nanti klo sempat kesono

  15. erwansyah79@yahoo.com 28/02/2009 pada 9:05 am #

    martapura bukan intan aja,,,,,,,,,,,tpi banyak juga yg lain,di kenal jg kota santri,kota paling banyak ngelairin ulama kondang……………

  16. roomy 10/05/2009 pada 10:56 pm #

    om mw tanya dunk!! ada rencana mw ke martapura nih
    klo kita mw ke martapura ada ga yah pesawat yg langsung kesana?
    trus kira biaya untuk pergi kesana berapa duit yah??
    trus klo cari penginapan yg buat backpacker susah ga?
    mohon infonya ya om!! thx b4
    tolong kirim infonya ke royu_nasmy@yahoo.com

    >>>>waduch sorry baru kebalas…

    kayaknya di tulisan di atas udah ada jawabannya dach…klo pesawat kudu turun di Banjarbaru n banjarbaru ke martapura cuman 1/2 jam koq….n penginapan banyak koq di BJM n Banjarbau

  17. erwansyah79@yahoo.com 11/07/2009 pada 9:50 am #

    assalamualaikum,salam sejahtra,bagi yg mau ke martapuara di harapkan bawa uang sebanyak2nx tuk keperluan mata yg g nahan ngelihat kemilaunx intan,permata,berlian,emas yg murni……………….

  18. Riki 29/04/2010 pada 10:41 am #

    Aslkm salam kenal ne….saya tinggal di bogor mas….sakrang saya lagi pegang intan yang di bawa kaka saya dari sulawesi,sekiranya minat silahkan hub saya di 085710636169

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: