Suramadu, jembatan terpanjang Indonesia

14 Agu

Kota Surabaya yang dulunya dikenal sebagai kota pahlawan, saat ini tidak hanya dikenal sebagai itu doank. Kota ini punya icon baru dan menyisihkan patung buaya dan hiu malah. Yop, setiap orang yang sempat datang ke Surabaya pasti tidak akan melewatkan untuk melewati jembatan Suramadu yang saat ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan juga masuk ke Top 5 jembatan terpanjang di Asia Tenggara ataupun hanya sekedar melihat kemegahannya.

Jembatan ini melintasi selat Mandura yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura dimana di sisi Jawa adalah kota Surabaya dan Bangkalan di sisi Maduranya. Dan begitupula dengan nama jembatannya yang adalah kesingkatan dari Surabaya Madura -Suramadu. Jembatan ini panjangnya lebih dari 5km dengan jarak tempuh sekitar15menit-30 menit ujung ke ujung. Jembatan ini menyediakan jalur mobil dan sepeda motor sayangnya tidak ada jalur kereta apinya. Untuk perlintasan di jembatan ini diberlakukan layaknya tol sehingga di masing-masing sisi jembatan disediakan pintu tol dengan tarif Rp 30ribu untuk mobil dan Rp3ribu untuk motor.

Jika anda hanya sebagai penumpang transit yang singgah sebentar di bandara Juanda dan pensaran dengan jembatan ini, ke jembatan ini dari bandara bisa ditempuh lebih kurang 1.5-2 jam tergantung dari kepadatan trafik apalagi di jam-jam pulang kantor. Jembatan ini akan terasa kemegahannya ketika di malam hari karena di bentang tengahnya , setiap beberapa menit ada permainan pergantiancahaya lampu warna warni. Dan yang harus diwaspadai jika semakin tinggi penasara anda ke jembatan ini jangan sampai berhenti di tengah jembatan ya, karena bakal ditilang…hehehehe.

Iklan

5 Tanggapan to “Suramadu, jembatan terpanjang Indonesia”

  1. Lomar Dasika 21/08/2010 pada 1:15 pm #

    hmmm…saya baru tahu kalau nekad berhenti di tengah akan ditilang. hehehe…ada banyak polisi yg jaga yah? sayang saya nggak dapet apa-apa waktu kesini. waktu itu hujan deras banged, gak keliatan apa apa di luar sana. hehe

    • aNNo' 28/08/2010 pada 7:27 pm #

      pas gw kesono sich polisinya gak ada yg keliatan dan kendaraan juga gak ada berhenti bro

  2. Tri Setyo Wijanarko 27/08/2010 pada 10:40 pm #

    polisi yang jaga? jarang kok mas lomar.. tapi kalo berhenti lalu ada polisi patroli ya siap2 aja ditilang, ini kan jalan raya bukan tempat wisata yang seenaknya untuk foto2.. hehehe

    • aNNo' 28/08/2010 pada 7:28 pm #

      gw kemaren malah mikirnya disana ada CCTV nya mas, so klo kita berhenti di tengah nanti bakal dicegat setelah pintu keluar tol

  3. nadiafriza 02/10/2010 pada 4:33 am #

    waa jalan2 terus nih kayaknya 🙂 asik banget!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: