Lembah Harau, 50 Kota, SumBar


Lembah Harau merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di provinsi Sumatera Barat tepatnya di Kab.50 Kota. Lokasinya tidak begitu jauh dari ibukota kabupaten, Tanjung Pati , malah di dekat pintu gerbang ke Lembah Harau sekarang sedang dibangun Komplek Perkantoran 50 Kota. Dan dari kota Payakumbuh cukup 1/2 jam saja.harau3

peta harau

Obyek Wisata di lembah harau ini berupa tebing-tebing terjal yang kemiringannya hampir 90 derjat dg permukaan tanan atau mungkin ada yg 90 derjat.

harau1

Lembah Harau ini juga terbagi 2 daerah wisatanya yaitu Sarasah Bunta dan Aka Barayun( Akar Berayun-red). Di Sarasah Bunta terdapat 5 buah air terjun, dan di Aka Barayun cuman ada 1 air terjun. Air Terjun di Lembah Harau ini sangat jernih dan dingin, dan juga ada ikan-ikan kecil. Untuk air terjun di Aka Barayun sudah berupa kolam sehingga berenang jadi lebih enak. Sedangkan yang di Sarasah Bunta penampungan air terjunnya masih alami sehingga bermain di air terjunnya jadi lebih asyik.harau2

Jika merasa bosan dengan air terjun doank, sebaiknya memilih lokasi ke Akar Berayun karena disana fasilitas lebih lengkap dan disana juga sudah dilengkapi oleh Cottage/Resort. Selain itu di daerah akar berayun juga tersedia Bendi alat trasportasi tradisional Minangkabau serta juga dapat ditemui Kebun Binatang kecil dan juga bisa mengunjungi tempat penangkaran kupu-kupu. Dan yang lebih asyik disana juga telah disediain akses para pendaki tanpa alat dengan menaiki anak tangga sampai tebing paling atas, sehingga bisa melihat pemandangan seluruh Lembah Harau.


39 respons untuk ‘Lembah Harau, 50 Kota, SumBar

  1. salam kenal yaa, urang awak juo kan?
    WAAAHHH!!!! Foto2nya bagus banget! Harau adalah salah satu lokasi wisata terbaik yang gw pernah datengin! Suatu waktu mo masukin Harau sebagai tema posting di Go-Ranahminang, boleh pinjem foto2 ini?
    Btw Da, ikuiklah bagabuang di forum Blogger Ranah Minang 🙂

  2. @Hanie : iyo..ambo urang awak juo..
    yup..gw klo pulkam pasti ke harau…mo makai foto? bole sekali ni..pakai ajo..ndak papo…ntuk blogger ranah minang sadang manunggu konfirmasi ntuk activating dari adminnyo…trims

  3. mirip dengan ngarai sianok? memang Ranah Minang tidak ada duanya. serasa berada di negeri dongeng, teringat bacaan sastra Minang karya Nur St Iskandar dan Marah Rusli. -terngiang-ngiang musik Minang yang merasuk ke hati, sambil melihat pemandangan Rumah Gadang dan Danau-danaunya, aduh indahnya…-

  4. @escoret : klo bener2 mau ke ranah minang, sebaiknya lo kudu nyewa mobil, so bisa dg bebas keliling2..sepanjang perjalanan pemandangan juga gk kalah bagus ma tujuan2 wisatanya.

    @mina : klo ngarai sianok bukitnya bukan berbatu2 kayak di harau…n di harau air terjunnya banyak…hmmm…mantab tuch klo pasang2an ke harau n ngarai sianok…wehehehe

  5. woooaaa….payokumbuuuaah………….!!!
    taragak pulaaaang……………..!!!

    >>>>samo vi….taragak lamo2 di harau apolai

  6. Harau….memang rancak bana,,,,saya di lahirkan dan dibesar kan di sana….tp saya sekarang dirantau orang…..mudah mudahan lebaran bisa pulang…and baranang di aka barayun sampai manggigia,,,,

    >>>>bener syukri….klo pulkam pasti harau harus didatangi….

    1. awak pun waktu ketek acok balibur ka harau,…
      sampai kini awak acok bamimpi bukik nan di harau,…taragak pulang,…
      walaupun lahia dan gadang di pakanbaru,tapi amak wak asli urang lubuak limpato,…
      ndeeeh sanangnyo kalau pulang kampuang,suko manangguak ikan disawah…

      1. Iiih ado yang ngaku-ngaku urang lubuak. hehehe… Makonyo Dil, acok-acoklah pulang kampuang. kalau ndak nanti ndak di akui urang lubuak.

  7. Lembah Harau Rancak Banaaaaaa. . . ita Belum perhah kesana tapi liat gambarnya Z ita udah kagum banget ne. . .and pengen bangat tu liat lembah harau N aka barayun ayuuuuuun. . . he2. . .

  8. Lembah harau adalah salah satu pemikat dan bulu perindu bagi perantau minang khususnya dari Kota Payakumbuh dan 50 Kota

    >>>>gonjong limo?…basuo baliak di blog..dulu awak di gonjong limo bandung….

  9. yo rancak bona pauokumbuah ko yo..denai jadi taragak pulang kampuang, jalan2 kaharau, aia tojunnyo ancak bn koa, taraso dima wak dinyo….best lah…bajalan dibawah lereng yang tinggi2,,banyak urang bule taparangah,.”lai katolok dek den mamanjek tobiang ko koa?”.keceknyo kakawanny yang banamo Peter.
    baa kecek kwnnyo ciek lai “ndak apo tio deh,,,beko waang jatuah jadi limpiang”

    >>>>i miss this dialek…hehehe

  10. Sumpah lembah harau emang keren banget, secara tahun baru kemarin gue kesana untuk liburan..dr pada ngabisin waktu libur dijakarta yang dah bosen ternyata di lembah harau tuh bener2 enak bgt n pemandangannya ekstrim gitu. Scara gw juga orang payakumbuah lho…

    Salam ya buat urang2 awak…

    c u

    >>>>ok…gw juga udah gak sabar pengen ke lembah harau lagi..gw klo pulang kampung pasti mampir….

  11. lembah harau tempat penuh kenangan, salam buat teman2 di tanjung pati alumnus smpn tg pati thn 1988, kira2 ada yg masih inget ama aku ga ya…????

  12. onde mande rancak bana, ntah pabilo awak bisa pai mandi kasitu baliak, lah lamo bana awak ndak pulang kampung, taragak awak rasonyo pulang kampuang

  13. Awak mantan wali jorong lubuak limpato, jorong lokasi Lembah Harau, Sumpah… kagum sekali manengok foto-foto kampuang awak ado di internet…
    Selamat berkarya
    Wasalam Imran

    >>>>harus bangga wak pak…ambo urang kanagarian 7koto , guguak pak…..

    1. Ndeeh,..si Im san,….
      lai obeh jo jo awak tu?…
      suak kalau kami pulang ko lubuak,bawo tek dih,..kami jalan jalan…
      kato urang harau tu kini lah banyak bona perubahannyo….mudah mudahan makin rancak dan tetap terawat yo,…

  14. iyo tu, nagari minang memang indak ado 2 nyo, kalo dek urang awak ( arang situ eh ) lembah ngarai itu lah biaso, tapi dek urang lua itu rancak bana, bao lah kawan-kawan ka ngarai, dudua-duduak sambia maota, lamak rasonyo da.
    ( iya benar, nagari minang memang tidak ada 2 nya, kalo untuk orang di sana keindahan ngarai itu sudah biasa, tapi kalo orang luar ( bukan orang minang) itu adalah hal biasa, bawalah teman-teman kesana, duduk-duduk sambil ngobrol, senang rasanya

  15. euy……kampuang awk bn koah….
    yolah lm ndk bs mancaliak n mandi2 d harau,,taragak bn koah….
    lai dingin j harau kini lai…
    salam k imun yang panjago pintu gerbang harau tu ah..
    wkwkwkwkwwk

  16. Rindu jo kampung halaman lebih dari segalonyo, stinggi tinggi tabang bangau turunnyo kakubangan juo. Apo lagi kalaulah meliek alam Minang, Ingin ndak capek2 pulang
    Tapi kini kaki masih takabek tanggung jawab jo perusahaan urang asing di Jakarta

  17. keren.. baru kemaren pulang dari sana.. dan pengen pergi lagi….. ngarai sianok, lobang jepang (panorama), jam gadang, HARAU, Istana Pagaruyung…. ….. kapan ya.. hahaahaaaa

  18. halo, temen saya ada rencana mau kesana, boleh minta contact number yg bisa dihubungi untuk di lembah harau nya?

    terima kasih.

  19. halo Da/Ni, kalau saya dari Bukittinggi naik transportasi umum bisa apa nggak? Kalau ada naik apa? jurusan mana? turun nya dimana?

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s