Lembah Harau, 50 Kota, SumBar

25 Okt

Lembah Harau merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di provinsi Sumatera Barat tepatnya di Kab.50 Kota. Lokasinya tidak begitu jauh dari ibukota kabupaten, Tanjung Pati , malah di dekat pintu gerbang ke Lembah Harau sekarang sedang dibangun Komplek Perkantoran 50 Kota. Dan dari kota Payakumbuh cukup 1/2 jam saja.harau3

peta harau

Obyek Wisata di lembah harau ini berupa tebing-tebing terjal yang kemiringannya hampir 90 derjat dg permukaan tanan atau mungkin ada yg 90 derjat.

harau1

Lembah Harau ini juga terbagi 2 daerah wisatanya yaitu Sarasah Bunta dan Aka Barayun( Akar Berayun-red). Di Sarasah Bunta terdapat 5 buah air terjun, dan di Aka Barayun cuman ada 1 air terjun. Air Terjun di Lembah Harau ini sangat jernih dan dingin, dan juga ada ikan-ikan kecil. Untuk air terjun di Aka Barayun sudah berupa kolam sehingga berenang jadi lebih enak. Sedangkan yang di Sarasah Bunta penampungan air terjunnya masih alami sehingga bermain di air terjunnya jadi lebih asyik.harau2

Jika merasa bosan dengan air terjun doank, sebaiknya memilih lokasi ke Akar Berayun karena disana fasilitas lebih lengkap dan disana juga sudah dilengkapi oleh Cottage/Resort. Selain itu di daerah akar berayun juga tersedia Bendi alat trasportasi tradisional Minangkabau serta juga dapat ditemui Kebun Binatang kecil dan juga bisa mengunjungi tempat penangkaran kupu-kupu. Dan yang lebih asyik disana juga telah disediain akses para pendaki tanpa alat dengan menaiki anak tangga sampai tebing paling atas, sehingga bisa melihat pemandangan seluruh Lembah Harau.

Iklan

39 Tanggapan to “Lembah Harau, 50 Kota, SumBar”

  1. STR 25/10/2007 pada 9:18 am #

    Foto-fotonya ngeri euy!

    Ngambil sendiri tuh??

  2. GWnya 25/10/2007 pada 10:14 am #

    @STR : iya..kebetulan gw moto sendiri..n foto2 yg agak nyeni juga bisa dicari di http://www.fotografer.net …hehehe

  3. STR 25/10/2007 pada 11:17 am #

    Wah! Ikut fotografer.net juga?? Manteb lah…

  4. Hannie 28/10/2007 pada 8:24 am #

    salam kenal yaa, urang awak juo kan?
    WAAAHHH!!!! Foto2nya bagus banget! Harau adalah salah satu lokasi wisata terbaik yang gw pernah datengin! Suatu waktu mo masukin Harau sebagai tema posting di Go-Ranahminang, boleh pinjem foto2 ini?
    Btw Da, ikuiklah bagabuang di forum Blogger Ranah Minang 🙂

  5. GWnya 29/10/2007 pada 12:54 am #

    @Hanie : iyo..ambo urang awak juo..
    yup..gw klo pulkam pasti ke harau…mo makai foto? bole sekali ni..pakai ajo..ndak papo…ntuk blogger ranah minang sadang manunggu konfirmasi ntuk activating dari adminnyo…trims

  6. escoret 30/10/2007 pada 4:02 am #

    huaaaaaaaaaaaaaaaaa..ngtiler liat tempatnya…!!!

    kpn yah bisa ke sono..???

    *asli..ampe ngeces2 nich *

  7. mina 03/11/2007 pada 5:01 pm #

    mirip dengan ngarai sianok? memang Ranah Minang tidak ada duanya. serasa berada di negeri dongeng, teringat bacaan sastra Minang karya Nur St Iskandar dan Marah Rusli. -terngiang-ngiang musik Minang yang merasuk ke hati, sambil melihat pemandangan Rumah Gadang dan Danau-danaunya, aduh indahnya…-

  8. mina 03/11/2007 pada 5:02 pm #

    oiya, mau bilang *sambil melirik ke atas* ada pepeng di sini…. waaaa…. peng, kamu mau jalan-jalan ke sumatera yah? ikuuut!

  9. GWnya 05/11/2007 pada 12:15 am #

    @escoret : klo bener2 mau ke ranah minang, sebaiknya lo kudu nyewa mobil, so bisa dg bebas keliling2..sepanjang perjalanan pemandangan juga gk kalah bagus ma tujuan2 wisatanya.

    @mina : klo ngarai sianok bukitnya bukan berbatu2 kayak di harau…n di harau air terjunnya banyak…hmmm…mantab tuch klo pasang2an ke harau n ngarai sianok…wehehehe

  10. vivi 16/04/2008 pada 8:49 am #

    woooaaa….payokumbuuuaah………….!!!
    taragak pulaaaang……………..!!!

    >>>>samo vi….taragak lamo2 di harau apolai

  11. Sukri 14/08/2008 pada 10:37 am #

    Harau….memang rancak bana,,,,saya di lahirkan dan dibesar kan di sana….tp saya sekarang dirantau orang…..mudah mudahan lebaran bisa pulang…and baranang di aka barayun sampai manggigia,,,,

    >>>>bener syukri….klo pulkam pasti harau harus didatangi….

    • Dilla 29/04/2010 pada 1:19 pm #

      awak pun waktu ketek acok balibur ka harau,…
      sampai kini awak acok bamimpi bukik nan di harau,…taragak pulang,…
      walaupun lahia dan gadang di pakanbaru,tapi amak wak asli urang lubuak limpato,…
      ndeeeh sanangnyo kalau pulang kampuang,suko manangguak ikan disawah…

      • Yon 14/04/2012 pada 6:53 pm #

        Iiih ado yang ngaku-ngaku urang lubuak. hehehe… Makonyo Dil, acok-acoklah pulang kampuang. kalau ndak nanti ndak di akui urang lubuak.

  12. ita Aryani 25/08/2008 pada 12:32 pm #

    Lembah Harau Rancak Banaaaaaa. . . ita Belum perhah kesana tapi liat gambarnya Z ita udah kagum banget ne. . .and pengen bangat tu liat lembah harau N aka barayun ayuuuuuun. . . he2. . .

  13. AdminGonjonglimo 14/11/2008 pada 5:01 pm #

    Lembah harau adalah salah satu pemikat dan bulu perindu bagi perantau minang khususnya dari Kota Payakumbuh dan 50 Kota

    >>>>gonjong limo?…basuo baliak di blog..dulu awak di gonjong limo bandung….

  14. rahmatan lil alamin 15/11/2008 pada 11:21 pm #

    salam KANGEN untuk ATUK SUAR…………………..
    N keluarga disana

  15. dik 13/12/2008 pada 2:16 pm #

    yo rancak bona pauokumbuah ko yo..denai jadi taragak pulang kampuang, jalan2 kaharau, aia tojunnyo ancak bn koa, taraso dima wak dinyo….best lah…bajalan dibawah lereng yang tinggi2,,banyak urang bule taparangah,.”lai katolok dek den mamanjek tobiang ko koa?”.keceknyo kakawanny yang banamo Peter.
    baa kecek kwnnyo ciek lai “ndak apo tio deh,,,beko waang jatuah jadi limpiang”

    >>>>i miss this dialek…hehehe

  16. novri 28/01/2009 pada 12:08 pm #

    Sumpah lembah harau emang keren banget, secara tahun baru kemarin gue kesana untuk liburan..dr pada ngabisin waktu libur dijakarta yang dah bosen ternyata di lembah harau tuh bener2 enak bgt n pemandangannya ekstrim gitu. Scara gw juga orang payakumbuah lho…

    Salam ya buat urang2 awak…

    c u

    >>>>ok…gw juga udah gak sabar pengen ke lembah harau lagi..gw klo pulang kampung pasti mampir….

  17. dhika 02/02/2009 pada 10:04 pm #

    lembah harau nan indah…

    memang/….

  18. Deni Yulian 06/04/2009 pada 9:16 am #

    salam,
    ada yg bisa kasih no telpon resort di Harau?

    thx
    Deni Yulian

  19. tri sandjaja 14/04/2009 pada 10:06 pm #

    lembah harau tempat penuh kenangan, salam buat teman2 di tanjung pati alumnus smpn tg pati thn 1988, kira2 ada yg masih inget ama aku ga ya…????

  20. tiyo 28/05/2009 pada 3:15 pm #

    onde mande rancak bana, ntah pabilo awak bisa pai mandi kasitu baliak, lah lamo bana awak ndak pulang kampung, taragak awak rasonyo pulang kampuang

  21. imran 30/07/2009 pada 12:13 pm #

    Awak mantan wali jorong lubuak limpato, jorong lokasi Lembah Harau, Sumpah… kagum sekali manengok foto-foto kampuang awak ado di internet…
    Selamat berkarya
    Wasalam Imran

    >>>>harus bangga wak pak…ambo urang kanagarian 7koto , guguak pak…..

    • Dilla 29/04/2010 pada 1:24 pm #

      Ndeeh,..si Im san,….
      lai obeh jo jo awak tu?…
      suak kalau kami pulang ko lubuak,bawo tek dih,..kami jalan jalan…
      kato urang harau tu kini lah banyak bona perubahannyo….mudah mudahan makin rancak dan tetap terawat yo,…

  22. al amri kasir 04/11/2009 pada 6:31 pm #

    iyo tu, nagari minang memang indak ado 2 nyo, kalo dek urang awak ( arang situ eh ) lembah ngarai itu lah biaso, tapi dek urang lua itu rancak bana, bao lah kawan-kawan ka ngarai, dudua-duduak sambia maota, lamak rasonyo da.
    ( iya benar, nagari minang memang tidak ada 2 nya, kalo untuk orang di sana keindahan ngarai itu sudah biasa, tapi kalo orang luar ( bukan orang minang) itu adalah hal biasa, bawalah teman-teman kesana, duduk-duduk sambil ngobrol, senang rasanya

  23. penyok 22/02/2010 pada 11:36 am #

    yo rancak bana pemandangan di kampuang kito,.,.,.,.,.,,.,.,.,.,..,.,.,.,..,.,.,,,.

  24. wira d utama 15/03/2010 pada 4:45 pm #

    lah lamo indak ka harau…………………

  25. irving G 26/04/2010 pada 10:27 pm #

    Lembah Harau

    ck…ck……ck……Bagus !!
    BAng ini hasil kerja keras kita selama ini bang…!!!

  26. joeb 29/04/2010 pada 9:02 am #

    euy……kampuang awk bn koah….
    yolah lm ndk bs mancaliak n mandi2 d harau,,taragak bn koah….
    lai dingin j harau kini lai…
    salam k imun yang panjago pintu gerbang harau tu ah..
    wkwkwkwkwwk

  27. Zul Achyar 03/11/2010 pada 3:21 pm #

    Rindu jo kampung halaman lebih dari segalonyo, stinggi tinggi tabang bangau turunnyo kakubangan juo. Apo lagi kalaulah meliek alam Minang, Ingin ndak capek2 pulang
    Tapi kini kaki masih takabek tanggung jawab jo perusahaan urang asing di Jakarta

  28. raja ms 25/04/2011 pada 5:09 pm #

    keren.. baru kemaren pulang dari sana.. dan pengen pergi lagi….. ngarai sianok, lobang jepang (panorama), jam gadang, HARAU, Istana Pagaruyung…. ….. kapan ya.. hahaahaaaa

  29. Adi 09/05/2011 pada 2:15 pm #

    Kalau dari bukit tinggi ke lembah naik angkot / bus bisa ga?

    • aNNo' 09/05/2011 pada 3:05 pm #

      Klo dari bukittingi ada bis jurusan bkt-payakumbuh. Nach nanti dr payakumbuh bisa naik angkot ke lembah harau ini

  30. pe'es 14/06/2011 pada 11:11 pm #

    bonyok pernah kesana, ane dikasih liat foto2nya aja, jadi pengen…… kesono nyok ah….!!!!

  31. Manajemen Seni Pertunjukan IKJ 08/02/2013 pada 11:59 am #

    saya sedih melihat lembah harau, yang kurang perhatian.
    alamnya boleh bagus infonya bagus.

  32. daindei 15/03/2013 pada 10:48 pm #

    lembah harau indahsih tapi ngelihat gambar jadi peeeeeeeeeeeeeeengiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin kesoooooono

  33. aPpLe 19/08/2013 pada 3:24 pm #

    halo, temen saya ada rencana mau kesana, boleh minta contact number yg bisa dihubungi untuk di lembah harau nya?

    terima kasih.

  34. syamsudin 22/08/2013 pada 12:44 pm #

    halo Da/Ni, kalau saya dari Bukittinggi naik transportasi umum bisa apa nggak? Kalau ada naik apa? jurusan mana? turun nya dimana?

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: