Balikpapan,ibukotanya Kalimantan

30 Okt

Kalo nyebut Kalimantan pasti kita bakal langsung membayangkan pulau yang masih ditutup hutan lebat yang hijau dengan sungai lebar yang meliuk-liuk seperti ular. Tetapi jika kita menginjakkan kaki di kota Balikpapan, salah satu kota besar dgn penduduk lebih dari 500ribu ini di provinsi Kaltim, maka hayalan tadi bakal buyar. Kota Balikpapan yang dikenal juga sebagai kota minyak tidak seperti kota di Kalimantan lain kebanyakan.

Kota-kota di Kalimantan kebanyakan berada dipinggir sungai besar atau riverview, nach berbeda dengan kota Balikpapan yang berupa kota tepi pantai atau baycity,kota Balikpapan yang juga terkenal dengan maskotnya Berunag Madu penataaannya juga sangat berbeda dengan kota lainnya, dimana kota Balikpapan lebih teratur dan terutama adalah kota Balikpapan ini sangat tertib,apalagi untuk tertib lalu lintas sepertinya Balikpapan akan sangat unggul sebagai kota tertertib lalu lintas se Kalimantan bahkan Indonesia kayaknya. Tertibnya ini juga dicontohin oleh warganya yang memang kebanyakan pendatang dan sangat sedikit sekali orang aslinya mungkin bahkan tidak ada, dan tentunya juga dicontohin oleh para ekspatriat yang bekerja di sektor minyak dan batubara disana.

Dan saking banyak pendatangnya kota ini melaju sebagai kota besar di Kalimantan mengalahkan ibukota provinsinya Kaltim(baca Samarinda) sendiri dan kota-kota lain di Kalimantan dalam bidang kemqjuan kotanya. Bukti yang paling jelas adalah kebanyakan kantor-kantor cabang pusat di Kalimantan berada di kota ini, bandara terpadat dan tersibuk juga berada di kota ini, dan tentunya kemajuan di bidang properti juga berada di kota ini, dimana saat ini sedang banyak dibangun gedung-gedung bertingkat untuk hotel, apartemen, mal dan perkantoran.Kota ini terbantu dengan lalu lintas orang yang bolak balik Balikpapan untuk urusan dinas sehingga hotel-hotel berbintang bertebaran. Pokoknya jika berada di Balikpapan kita akan merasa berada di salah satu kota di Jawa.

Iklan

38 Tanggapan to “Balikpapan,ibukotanya Kalimantan”

  1. didut 31/10/2008 pada 12:58 am #

    eh jumlah penduduknya brp yah??

    >>>>oiya gw lupa nyebutin jumlah penduduknya…sudah lebih dari 500ribu…so menjadi kota besar..

  2. acoastalhearthborneo 31/10/2008 pada 1:22 pm #

    lam nal 😀 …. boleh klarifikasi ngak…: jumlah penduduk paling banyak di kaltim samarinda bah, siapa bilang bpp tertib rapi justru pendatanglah yang buat padat,sesak dan semraut kot ini. penduduk asli di bpp masih banyak loh, dari suku dayak, kutai dan paser hanya budaya mereka kurang di ekspos, tersingkirkan oleh budaya pendatang. makanya kita hrus sopan dan tau diri dikampung orang semoga tragedi rasis tidak terjadi lagi di tanah kalimantan. u ngak bandara sepinggan itu asal nama katanya : sepiring , filosofinya makan sepiring atw bersama. so kita ini harus bisa mengambil pesan itu :…..pendatang dan penduduk asli kalimantan harus bisa hidup berdampingan menuju kesejahteraan bersama ….jangan pernah menyingkirkan eksistesi penduduk/suku asli kalimantan…………!!! taon 2002 penduduk samarinda +/-750.000 an…:D

    >>>>sip trims klarifikasinya..
    klo dikalimantan mungkin paling apdat BJM n PTK ..
    tapi yg paling tertib menurut gw emang BPP dibanding kota laen…

    • vera 25/05/2009 pada 2:37 pm #

      mmmm

      kota balikpapan tuh mank kota yang rapi, terib dan bersih
      tatanannya kota nya juga rapi
      g kayak samarinda yang amburadul
      bukan karena saya orang balikpapan terus membanggakan kota sendiri
      tapi mank beda dengan kota samarinda
      pertama kali lihat samarinda
      komentar saya pertama kali
      ” kotor banget nie kota”
      maaf yah orang2 samarinda
      low di bilang bpp kota mahal seindonesia
      gw bangga banget….berarti kesannya org yang tgl di bpp kaya-kaya wakakakakakakakakaka

    • DIKPENDY 06/09/2012 pada 11:17 am #

      kalo aq memilih Balikpapan daripada Samarinda.
      SMD kota berdebu, kota dimana ada tambang batubara ditengahnya.
      jalan pada hancur leburrrrr, walau aq tinggal di Kota kecil Bontang.

  3. anas 31/10/2008 pada 9:21 pm #

    gw setuju ama pendapat acoastal…..(sulit bgt namanya.he.)
    mungkin di kaltim, samarinda yg byk penduduknya.tp kalo se kalimantan, katanya sih banjarmasin.
    tp kota termahal se indonesia tetap kota balikpapan.versi siapa gitu….denmasrul.com tuh ada liputannya.

    masalah tragedi rasis, gw berharap jgn sampe terjadi lg di bumi kalimantan ini.penduduk asli kalimantan itu tetap welcome ama pendatang.asal bisa menghargai pribumi aja.

    balikpapan emang menjadi salah satu lokasi favorit pendatang untuk mengadu nasib.karena kekayaan alam n ketersediaan lapangan kerjanya.tp aku yakin eksistensi warga pribumi juga masih kuat disana.baik di bisnis, pemerintahan, dll.
    mungkin cuman gak terlalu nampak kayak warga Banjar di Banjarmasin atau orang jawa Jogja di Kota Jogja.
    itu pendapat saya aja lho.yg lain ada pendapat??disinilah kita saling berbagi n menghargai pendapat yg berbeda…

    >>>>bener nas..gw juga setuju dengan itu semua..

    ini dilihat di semua daerah indonesia
    warga asli harus lebih eksis di daerah asalnya..
    tapi kecendrungan yg gw liat…
    kadang2 penduduk asli kurang menghargai daerahnya seperti : buang sampah sembarangan, korupsi dan lain-lain…
    nach justru ini yang akan ngancurin daerahnya(sumber penghancur)…

  4. Abenk 01/11/2008 pada 4:48 pm #

    salam uda..sakampuang awak mah..

  5. Denmasrul 02/11/2008 pada 12:25 pm #

    Balikpapan menjadi kota termahal dilihat dari biaya hidupnya, ini hasil survey sebuah lembaga terhadap beberapa kota di Indonesia.. (sumber: detikdotcom). Soal pendatang dan penduduk asli.. bagaimana kalau kita menyebutnya penduduk Indonesia saja.. tidak ada lagi perbedaan… bagaimanapun juga kita sama-sama hidup di NKRI, tanggungjawab kita untuk saling membantu, bekerja sama, bergotongroyong menjaga kesatuan dan persatuan negeri ini.. Peace bro.. 🙂

    >>>>sip….setuju bro….
    kita semua penduduk indonesia….
    semua tanah yg kita pijak di tanah air adalah tanah air indonesia

  6. abenk 03/11/2008 pada 9:57 am #

    Indak situjuah Batua do uda tapi situjuah Bandar Dalam..dima uda sma dulu..alumni tahun bara?

  7. Felicity 04/11/2008 pada 3:56 am #

    Makasih buat artikel dan foto2xnya. Saya jadi tahu dan mendapat bayangan tentang kota2x di Kalimantan… Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sana, aminnnn….Salam 🙂

    >>>>ntar menyusul banjarmasin….
    pokoknya balikpapan paling beda…

  8. novnov 04/11/2008 pada 9:46 am #

    Balikpapan ternyata rame ya….

    >>>>yup..rame..
    palagi yang bolak balik ke BPP yg perjalanan dinas sekitar min 2 hari…

  9. escoret 04/11/2008 pada 10:12 am #

    makanan khasnya apa bos..???

    *ngilerrrr*

    >>>>ada kepiting kenari n makanan mantou- seperti bakpau tapi dmakan dgn kari daging…
    sayang gw gak ada foto2nya boss…

  10. Juminten 06/11/2008 pada 12:06 am #

    hmm… dr ceritanya kok mirip bgt dgn kota Pekanbaru ya? 😀
    apa karena sama2 kota migas?
    biasanya kota migas itu majunya pesat…
    kebanyakan pendatang jg.

    >>>>iye jum…bpp mirip ma pku perkembangannya dan sumber penghasilannya…n penduduknya juga

  11. latqueire 20/11/2008 pada 8:26 am #

    wisata yang terkenalnya apa?? makanan yang bisa dijadikan oleh2 apa??

    >>>>disana tu ada bbrp pantai dan juga wisata kota minyak kali y..o iya..sama bukit bangkirai…
    klo oleh2..ada amplang n mantau n sama kepiting kenari y g
    paling terkenal….

  12. JelajahiDuniaEly 23/11/2008 pada 10:43 am #

    kota termahal se indonesia ya 🙂

    aku pindah alamat blog nih …. dr elyswelt ke dunia ely…. mampir ya , thanks 🙂

    >>>>ho oh..sekarang no1 diatas jkt….

    sip…WP ..pantes kemaren2 gk bisa2 terus…

  13. reksa 01/12/2008 pada 4:58 pm #

    mau mutasi ke bpp no?

    >>>>>ho oh sa…..

    *bermimpi*

  14. anas 02/12/2008 pada 9:01 am #

    mas anno, gak sabar nih liat postingan baru nya.keluarin donk foto2 nya.:)

    >>>> iy euy…..gw blm ada jalan2 lagi nich…gak da stock

  15. lathifulamri 02/12/2008 pada 8:24 pm #

    saya setuju klo balik papan jadi ibukota kalimantan..
    kotanya sangat gede dan asyikk..
    pengen banget kesana..hehehee
    salam kenal

    >>>>yup…kota balikpapan kota paling laen se kalimantan….

  16. nohara11 11/12/2008 pada 3:56 pm #

    Kalimantan mang luar biasa………………………….. harus lebih di explor kekayaan alam dan keindahannya tnpa harus mengabaikan kerusakan alam…

    >>>>gw setuju banget…..manfaatin aja lahan yg gak produktif untuk perk kota….

  17. Remon 02/01/2009 pada 5:51 pm #

    klo menurut kamu,, bontang gimana????

    >>>>bontang?…gw belum pernah kesono euy..tapi dari cerita si ojat dan denmasrul yg ada di link gw katanya kotany asyik..kecil tapi lengkap….

  18. setan internet 30/01/2009 pada 12:56 am #

    Saya juga setuju Balikpapan itu tertib, bersih, teratur. Tapi ada 1 yang kayaknya kurang dibahas, konturnya menarik, ada bukit plus pantai dalam 1 wilayah kota Kayak Semarang, Manado, dan Padang (tapi yang terakhir ini gua belum pernah). BTW, gak ada ulasan kota Malang, ya?

    >>>>o iy..konturnya berbukit2…gak cocok untuk becak….n emang mirip ma kota yg diatas itu….ntar gw posting dach tentang kota padang…klo malang gw blm pernah euy

  19. armi 01/04/2009 pada 10:09 am #

    Saya pikir hidup di balikpapan gak mahal-mahal amat… kaget juga balikpapan jadi yang termahal se indonesia

  20. rey 25/04/2009 pada 7:44 pm #

    i love balikpapan.saya pernah tinggal di balikpapan dari kelas 2 sd ampe lulus sma….sekarang saya tinggal di antara jogja dan solo..kangen banget ama balikpapan kota tercinta euy….udah 15 th saya tinggalkan.masak sih kota termahal?dulu kayaknya biasa aja tuh…tapi aku tetep cinta balikpapan….

    >>>>yop..biaya hidup tinggi banget di sini..apalagi harga rumah udah selangit

  21. AndriH24 20/10/2009 pada 11:07 pm #

    Masa sih BPP udh mnjd kota mahal?
    bandingin dong dengan JKT..misalnya kalo makan di Warteg di jakarta paling mahal2nya 10rb(tempe,tahu,ikan tongkol) itupun udh termasuk Es Teh Manis ya…
    Kalo di BPP brp kira2…soalnye nih gw ditawarin pindah kerja di BPP,kalo kiranya emang mahal diatas JKT ya gw mikir2 jg dong…Tolong infonya ya brooo…

    >>>>yoi bro….lebih mahal dr jkt ..dan pd umumnya kota2 di kalimatan lebih mahal dr di jawa…klo makan sich diatas 10rb gituan rata2…..tapi jk kita dipindahin atau ditempatin di kota yg lbh mahal biasanya khan ada ekstra gaji yg lebih

  22. spice 23/03/2010 pada 4:18 am #

    baru 1,5th kutinggalkan balikpapan kota tercintaku,aku merantau kebandung,walau kutau susah cari kerja dibandung ,tp kuyakin aku akan sukses dan akan kembali kekotaku!balikpapan adalah kota terbesih di indonesia dan tertib berbagai aturan beda di rantau saya?!i love balikpapan forever,always…………………………..!!!!! untuk warga balikpapan doakan saya?

  23. widermen wl 26/04/2010 pada 1:47 pm #

    saya orang dayak kalteng tapi lahir dan besar di Balikpapan , saya sangat membela saudara2 saya orang dayak kaltim, kasihan memang budaya dayak kaltim hanya sebatas lambang…tidak pernah terlalu diperhatikan oleh pemerintah……mungkin karena orang2 yang ada di pemerintahan kota seemuanya orang pendatang….kesempatan otang dayak untuk ikut duduk di pemerintahan kayaknya udah ditutup oleh orang2 pendatang……tunggu aja saatnya mereka yang mengatakan kami pemalas akan menerima upahnya……

  24. putrazs 28/07/2010 pada 11:04 am #

    secara adminstratif pembagian kota telah dibentuk sesuai fungsinya, makanya daerah pusat pemerintahan & lembaga lainnya sgt berjaya di samarinda bsa diliat dr gedung2 pemerintahan yg bgus2 penduduknya terbesar di kaltim mendekati 1jt jiwa, klo bppn memang diperuntukan utk daerah industry,meeting & bisnis terlihat dr gedung2 yg dibangun swasta menjadikan kota ini menuju kota metropolitan, klo banjarmasin penduduknya sbnrnya setara dgn samarinda g byk2 amat hnya dibantu kota2 satlit d skitarnya mknya ksannya padat

  25. putrazs 02/08/2010 pada 8:25 pm #

    menanggapi komentar bro wderman sblumny, sbnarnya pngenalan wisata di kaltim khsusnya budaya asli sgt d prthankan loh oleh msing2 kab/kota, krn ini diangga potensi bsar utk mnarik wisman mngnalkan budaya dayaknese, cntoh kcil adlah dijga & trliharanya kmpung2 adat, & slh 1 yg luar biasa pemkot bpp mlalui disbudpar tlah k bali utk mnampilkan spirit of dayak d fest bali loh, & ini dsaksikan live di dpn expat & pemprov bali, jd sbnrnya upaya ini sdah dlkukan, doakan sja bsa go int’l

  26. kursitonerosuke 15/08/2010 pada 12:45 pm #

    Salam kenal semuanya, saya walaupun penduduk di Sumatera, tapi ikut bangga dengan kemajuan daerah lain, Balikpapan is verry good…

  27. dani 27/09/2010 pada 2:05 pm #

    kangen nih sama kota tercinta, kota kelahiranku. Balikpapan emang paling bagus deh, kotanya bersih, rapi, dan tentnya tertib..

    Balikpapan Kota Beriman, dan lagu hymne balikpapan g akan aku lupakan.

  28. Indra Brey 17/04/2013 pada 8:26 pm #

    Salam kenal Mind..
    Penasaran dengan kota Balikpapan yg di kenal dari Sabang sampai Marauke kota terbersih,teratur dan kehidupan bermasyarakat yang baik..Mau coba merantau k’sana nantinya..amin.

  29. Cakar Garuda 30/06/2013 pada 5:34 pm #

    Kota yang paling Terpadat penduduknya di Kalimantan itu Banjarmasin bro rame banget,,

  30. eef 28/10/2013 pada 2:15 pm #

    Setuju kota terbaik di indonesia

  31. dudung 19/03/2015 pada 8:58 am #

    Kota terbersih DI ASEAN mengalahkan singapura dan kuala lumpur wow

  32. Kikin 01/09/2015 pada 1:40 pm #

    Lhaaaa… balikpapan maning.. memang keren ini kota coy.. untuk makanan ya terjangkau lah.. kalau bulan tua ya ke warteg2 juga bisa paling 15rb udah kenyang.. (indomie opsi lainnya)

    Soal kebersihan mah gak usah di perdebatkan sudah terbukti dengan adipura kencananya..
    Bahkan Balikpapan dinobatkan menjadi kota paling dicintai sedunia.

    Fasilitas umum saya rasa sangat sangat memadai.. cendung sangat bagus.. kalau RTH sangat banyak..

  33. Nur wachidah 18/03/2016 pada 8:17 pm #

    Boleh ta ya ga ni bagi saudara yg ad di balik papan di sn ad rmah makan padang atau tidak trima kasih?

  34. edy lotit 16/04/2016 pada 3:02 pm #

    Untuk nur Wachidah. Kalau namanya rumah makan Padang jgn tanya deh banyak banget di kota Balikpapan ni.

    • bonjour 29/08/2016 pada 2:12 pm #

      sy bngga jdi org kalsel(banjar). krena mmpu mndominasi provinsinya sendiri.dan tetap mmprtahankan budayanya sprti bahasa.dll .dn ktanya juga mnjadi lwn berat pndatang diprovinsi klimntn lain.. wlaupun kesultanan banjar yg besar telah mnyusut hngga tersisa kalsel akibat ulah blanda. tpi pnduduknya ttap ada di hmpir sluruh borneo. dgn tetap berbahasa banjar..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: