Lika liku perjalanan di pedalaman Kalteng

17 Jan

Hmmmm…perjalanan gw kali ini juga gak begitu banyak dan bagi orang kota mungkin gak terlalu menarik karena gw hanya masuk-masuk ke pedalaman Kalimantan khusunya Kalteng. Tetapi tunggu dulu, perjalanan ke pedalaman Kalteng serasa sudah muter-muter keliling indonesia karena ternyata areanya luas banget.

Dan bukan hanya karena areanya yang luas yg bikin kita berucap cukup hanya sekali ke daerah tersebut (terutama untuk kabupaten pemekaran baru) atau emang klo bagi yg jiwa petualang pengen banget kayaknya berulang-ulang karena :

1. Jalan berlumpur…a.k.a Kuala Lumpur

dsc_0101

Yup..karena masih berupa daerah-daerah pemekaran baru, so jalan-jalan utama menuju ibukota kabupaten-kabupaten tersebut otomatis belum bagus, tepatnya sedang diperbaiki atau diupgrade kualitas jalannya. sehingga ketika dalam proses upgrade kualitas jalan tsb, kalimantan yg sering hujan ini akan menjadi surga lumpur sehingga akan menyulitkan kita untuk melewati jalan tsb, padahal hanya itu satu-satunya akses. Jadi jika musim hujan dan perlu ke daerah2 pemekaran seperti Kuala Kurun, Puruk Cahu, Lamandau dan Sukamara perlu disiapkan kendaraan yg prima.

o iya..ini ada videonya..

2. Jalan perintis a.k.a tour of sawit

dsc_0169

Nach untuk beberap daerah seperti ke Lamandau dan Sukamara perjuangan jadi lebih berat lagi karena kita kudu harus melewati jalan perintis yang notabene jalan perusahaan sawit yang pasti otomatis jalantersebut emang dikhusukan untuk per sawit saja sebenarnya. Yup, masih jalan tanah. Jalan-jalan seperti ini sangat banyak jika kita harus masuk ke kota-kota kecamatan seperti ke Kuala Kuayan ataupun Sebabi. Dan untuk jalanjenis ini hati-hati jik amusim hujan karena licin, serta harus memperhatikan petunjuk2 kecil di perempatan blok-blok sawit karena di perkebunan yang semu perempatannya sangat mirip, jadigampang kesasar. Tetapi jika musim kemarau hati-hati ma debunya.

3. Nyebrang dgn feri darurat

dsc_0140

Kalimantan juga identik dengan pulau yang banyak sungai dan kota-kota di kalimantan ini juga mayoritas berada di pinggir sungai. Dan jangan kaget jika untuk menuju ke beberapa kota dan karena masih terbatas jembatanya , so kita perlu nyebrang ke kota tersebut dgn bantuan feri darurat alias gabungan beberapa yang dirubah menjadi rakit yg bisa membawa mobil 2-4 mobil sekali angkut.

dsc_0011

Untuk kasus-kasus ini terjadi di daerah yang jemabatan penyebrangannya belum jadi karena jembatan masig dalam progress pembangunan seperti Kuala Pembuang, Puruk Cahu dan Buntok.

4. dll seperti akrobat jalanan

dsc_0167

Hehehe…selama perjalanan jika stress bisa dihibur dengan akrobat-akrobat di jalanan seperti motor yang diisi dengan drum-drum air maupun BBM dan diatas drum-drum tsb ada penumpangnya juga.

Dan dari paparan diatas, semua infrastruktur tersebut semuanya dalam progress pembangunan, so kemungkinan thn 2010 kemungkinan akses- akses di pedalaman kalteng semoga semakin lancar.

Iklan

14 Tanggapan to “Lika liku perjalanan di pedalaman Kalteng”

  1. Denmasrul 17/01/2009 pada 11:47 pm #

    Seru banget perjalanannya… sempat harus nginep di jalan (di mobil) ndak tuh bro.. Andaikan suatu saat infrastruktur di Kalimantan sudah bagus semua (entah kapan).. cerita ini bisa dibaca lagi untuk nostalgia….

    >>>>untuk gak nginap di mobil sich..cuman tidur di mobil sambil disupirin….wekekeke

  2. anas 18/01/2009 pada 8:27 pm #

    kalteng emang lg getol2nya memperbaiki jalan termasuk jembatan.

    kabar terakhir yg gw baca di banjarmasin post, jembatan yg ada di sekitar muara teweh akan di rehab total.

    postingan ini mengingatkan pas menjelajah 8 kabupaten/kota di kalteng 2007 silam.pernah nyasar di kebun sawit di lamandau.

    pernah jg terjebak di kubangan lumpur di desa lempuyang kotim.tp katanya jalan2 itu sdh baik.

    gubernur yg baru ini emang oke.malah berniat bikin jalur kereta api buat mengangkut CPO & batubara.

    mas anno, ada up date di SSC thread develoment n project palangka gak??

    >>>>yup..lempuyang,samuda udah dibeton….
    klo gw nyasar di kebun sawit sblm ke kuala kuayan di kebunnya PT MAKIN

    utk muara teweh kayaknya emang mo diperbagus seperti jembatan barito..tapi akhir tahun maren blm ada perubahan

  3. escoret 20/01/2009 pada 8:44 am #

    edunnnn..ga bisa bayangin jika punya istri disana…
    setiap mudik…hrs kyk gt perjalanannya….

    parah..parah..parahhh

    >>>>hayo lo peng….berani gk lo nyobain?….
    trus lo mending nengok bini ato nyari bini baru…..wekeke

  4. Juminten 20/01/2009 pada 2:08 pm #

    waaaa… jalanannya…
    ga kebayang kalo jalan kaki di sana pake high heels… hihihi…
    pasti itu haknya udh kecemplung ke dlm lumpur. wkwkwk… 😛

    >>>>kayaknya klo gw liat ..lo kayaknya lebih sayang sepatu dibanding kaki dach jum….wekeke

  5. Za 26/01/2009 pada 7:05 pm #

    weleh, jadi g usah jauh jauh ya kl mo ke KL…:D

    >>>>yup za..ntar klo lo mo k KL..bilang2 ke gw ja za..gak usah pake passport..hehehehe

  6. koranindependen 29/01/2009 pada 2:29 am #

    Ya gitu dech ! Lanjutin lagi perjalanannya bro ke Selatan, ke daerah kami, nggak kalah dengan Tengah. Di daerah kami yang arah ke Kaltim juga jalannya parah. Pingin tahu tentang daerah kami, kunjungi di http://koranindependen.wordpress.com

    >>>>hehehehe..bag selatan arah timur..gw pernah dach kayaknya lewat yg melewati peg meratus khan?…
    dulu pernah ke Balikpapan via darat dari Banjarmasin….
    seruuu….

  7. Felicity 03/02/2009 pada 5:28 pm #

    Wesss…jalannya muantabbb…. mayan deh kalo duduk berjam2x di jalan… 😀
    Makasih buat postingannya!

    >>>>bukan mayan lagi….tapi kudu dipijit n pelurusan badan balik dari sana kudu….

  8. mila 06/02/2009 pada 10:47 pm #

    Hay hay msh d kalteng ya… k buntok koq ga mampir sich?… Msh banyaks tuh yg lebih brlumpur, hehe… Jalan k arah buntok dah ngrasain kan? Dah rata koq… ancurnya, hehehe…

    >>>>justru ke MTW milih muter daripada lewat BUntik dari Palangkarayanya mbak..takut kepertosok tengah hutan..n bnyk jembatan yg blmjadi katanya

  9. imi surya putera 13/02/2009 pada 7:26 pm #

    Cobain Bro perjalanan ke arah tenggara kalimantan yang juga bisa tembus ke Kaltim. Disana banyak yang bisa ditemui a.l ; deretan perbukitan kapur kaolin yang jumlah onggokannya ratusan. Jika hobi diving atau snorkeling, ada satu tempat indah yang terumbu karangnya masih alami, air lautnya jernih. Ada juga pulau yang dihuni oleh penyu2 laut. Let’s make a trip to south eastern kalimantan,….kotabaru gunungnya bamega….bamega, ombak manampur di rela karang….

    >>>>kotabaru yach?…..ok…gw lagi menunggu waktu yg tepat mo kesana….n btw..disono bisa snorkeling juga toch..mantab tuch

  10. iRIeL 26/02/2009 pada 10:40 pm #

    Kayaknya makin betah aja lu di sana No…
    mo ikutan jejak petualang nih..
    hheheheeeee…

    Makin banyak pengalaman yg bisa didongengkan ke anak kalo mo tidur…
    goodluck pren..

    >>>>HAYO..Lo berani gak kesini..jangan berani di Tarakan mulu….hehehe…ho oh..banyak bgt dongeng yg bisa diceritakan nantinya..bekalll

  11. FIkri 01/03/2009 pada 4:10 pm #

    Pernah ke kuala kurun naik 4WD dan disana sewa ojek trail, seru memang…jalannya rusak parah sekalian off-road. Tapi sayang, di kotanya gersang…maklum mungkin karena kotanya baru dibangun 🙂

  12. the0miy 27/03/2009 pada 8:39 pm #

    wahhh keren banget wilayang kalteng memang ga ada duanya kalo masalah sejarah budaya…. thank infonya ya…

  13. Guna 18/05/2009 pada 9:35 am #

    Nice story

  14. fakhrial 16/01/2010 pada 9:07 pm #

    mantap tap tap tap tap….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: