Gili Nanggu,Lombok

19 Sep

Selain pantai Senggigi yang sangat terkenal dan sudah mendunia, Lombok juga terkenal dengan Gili-Gilinya. Bukan Gili-GIli kalo di bahasa minang artinya dikitik-dikitik tetapi Gili dalam bahasa Lombok artinya adalah pulau atau nusa.

Yup, Gili-gili ini merupakan pulau-pulau kecil yang berada di lepas-lepas pantai pulau Lombok. Antara lain ada di lepas pantai bagian utara-barat, selatan-barat , utara-timur dan bagian selatan. Keunikan yang tidak bakal kita lupakan, Gili ini mempunyai panorama yang sangat aduhai dengan pasir putihnya dan air lautnya yang berwarna kehijauan dan pantai yang landai panorama bawah laut dengan ikan-ikan berwarna-warni. Salah satu Gili tersebut adalah Gili Nanggu yang terdapat diarah barat daya pulau Lombok. Gili Nanggu ini tadinya hanyalah sebuah private island yang kemudian dibuka untuk umum. Di barat daya ini GIli Nanggu berupa pulau terjauh dari kumpulan 3 pulau yang berdekatan. Pulau ini sangatlah kecil, untuk mengitarinya tidak cukup waktu sejam dengan topografi pantai ada yang berupa pasir dan ada berupa terumbu karang, sehingga pulau ini juga cocok untuk menikmati sunset maupun sunrise. Dan yang tidak harus dilewatkan adalah melihat ikan-ikan warna-warni dengan snorkeling, tidak usah takut untuk yang tidak bisa berenang, snorkeling cukup hanya beberapa meter dari pantai dengan kedalaman hanya sedalam dada orang dewasa dengan arus kecil.

Untuk mencapai pulau ini, kita cukup meyewa kapal motor yang berada di daratan Lombok -daerah sekotong-selatannya pel Lembar , dan ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit. Dan sebelum menyeberang sebaiknya juga langsung menyewa peralatan snorkelingnya karena di pulau sewanya lebih mahal, sewa diseberang +/- 50 ribu sepaket-ditawar saja. Dan selama penyeberangan kita juga disuguhi panorama pulau Lombok yang juga ciamik dengan backgroun bukit-bukit tandus dan laut biru yang bening.

Untuk fasilitas di pulau ini sudah disediakan beberapa pondok dan tempat berlabuh kapal. Dan saat ini ada pihak swasta yang sedang membangun bungalow berupa resort di tengah pulaunya. O iya, setelah berenag juga tidak usah risau untuk showernya, shower yang tersedia juga sangat unik dengan desain yang tradisional-modern. Dan yang sangat membuat pulau ini nyaman tentunya terbebas dari pedagang asongan maupun warung-warung, sehingga privatisasi kita sangat terjaga, sehingga kita perlu membawa persediaan makan..hehehe…Dan selain itu pulau ini catuan listriknya hanya bergantung 3 tiga buah tenaga angin, sehingga kita juga tidak bakal mendengar suara bising dari perangkat elektronik. Yup, pulau ini sangat cocok sekali bagi mereka yang mendambakan suasana yang sangat hening dengan panorama yang aduhai.

Iklan

24 Tanggapan to “Gili Nanggu,Lombok”

  1. budiernanto 20/09/2008 pada 3:55 am #

    Lombok nampaknya punya potensi besar dalam hal pariwisata ya? sayang sekali kalo pemda setempat tidak mengelola dengan benar.

    >>>>yup..bener bro…potensinya gak kalah dengan Bali..mungkin masih kurang promosi..
    dan saat ini bandaranya lagi dibikinin baru untuk bandara internasionalnya….

    • Lalu teguh 22/08/2012 pada 5:53 am #

      masyarakat LOMBOK masih primitif dan fanatik,belum bisa menerima adanya dunia PARIWISATA,coz dunia PARIWISATA g’ akan terlepas dari Mudarat,maksiat,dan sebagainyalahh,,maka dari itu sulit di terima,,
      saya asli Surabaya,tapi karena sy tertarik dengan Pariwisata LOMBOK,akhirnya sy kuliah di LOMBOK dan mengambil Perhotelan bidang pengantar Parwisata,,

  2. didut 20/09/2008 pada 7:37 am #

    kmrn sy gagal kesana….hiks

    >>>>bentar lagi kayaknya mo dibikin resort privat ..so mending jgn ditunda2 lagi….

  3. dejavu 20/09/2008 pada 3:37 pm #

    mantep-mantep pemandangannya….mesti di agendain tuh kesana

    >>>>kudu…..

  4. tanteangga 21/09/2008 pada 10:50 am #

    yah ampunn…
    (ampe mau nangis ngeliat fotonya)

    gw pengen banget ke lombok,,,
    malah yah… (selaen pengen bulan madu juga kesana)
    gw pengen nanti, di masa tua gw, masa pensiun gw,,,
    gw tinggal disana, ma happy family gw nanti.

    boss,,,
    ntar gw mo private, tanya-tanya soal lombok yah??

    >>>>cocok banget tante…..
    klo ntar jadi tinggal disono ..gw ntar bisa numpang gratis dunk…

    hmm..private ?….wehehehe..kirim email ja tan…

  5. nothing 21/09/2008 pada 10:31 pm #

    wah pantainya jos tenan..
    semoga bisa kensana suatu saat nanti…semoga

    >>>>buruan sebelum diprivatisasi

  6. felicity 23/09/2008 pada 8:21 pm #

    Foto2xnya indah sekaleee…. Amazing! Salam kenal yah 😀

    >>>>trims….

  7. anas 24/09/2008 pada 4:15 pm #

    bro gw suka foto paling bawah.
    seneng bgt warga lombok, kalo daerahnya dibahas abis2 an di blog ini.

    >>>>sip..tks bro…
    itulah effort yg didapat klo g wberkunjung ke suatu daerah baru…
    wekekekek

    ada yg mau undang gw gak…..;)

  8. sandi 28/09/2008 pada 9:56 am #

    Irinya bisa jalan2 terus……….. IRI…………….. hehehe

  9. Elys Welt 29/09/2008 pada 5:13 am #

    belum pernah ke sana nih , jadi pengen 🙂

    >>>>ayok……

  10. Juminten 29/09/2008 pada 4:10 pm #

    wooo… pantainya indah banget. kapan aku ke sana, yah? 😦
    btw, ada yah bahasa minang “gili-gili”?
    hihihihi… aku baru tau. payah… 😛

    >>>>klo misalnya lo udah lancar gili-gilinyo baru bis ake GILI ini nil…wekekeke

  11. denmasrul 05/10/2008 pada 2:12 pm #

    Cantik… sayangnya waktu ke Lombok gagal pergi Gili-Gili… 🙂

    >>>>klo gili-gilian udah khan?…Jumi mau diajarin tuch den….wekekeke…:))

  12. xero 06/10/2008 pada 12:03 am #

    waaah jadi makin pengen pergi ke lombok!

  13. Masenchipz 06/10/2008 pada 9:30 am #

    he..he… dah lama gw gak ke gilitrawangan… kangen ama temen2 bule…wekekek..wakakakak

    betewe

    TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM TAQABBAL YA KARIM. MINAL AIDIN WAL FAIZIN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN YAAAA…. MULAI DARI NOL YA… HE..HE…

  14. Lomar Dasika 06/10/2008 pada 5:02 pm #

    huhuhuhu….sedich…..belum pernah ke Nusa Tenggara Barat sama sekali…..pingin tapi lagi nunggu waktu yang pas, n dibagi2 sama waktu buat cuti n kelilingan ke tempat lain…..

    *siap siap nyebur ah….*

    >>>>jangan sering ditunda….hehehehe

  15. bu6z 09/10/2008 pada 9:13 pm #

    anjrittt……… super duper keren bangedddd.
    Rencana outing kantor ke Lombok, tapi gagal total gara2 gak cukup budget.

    Mesti kesampean nihh backpacking bareng temen2…….
    Lombok……….. tunggu diriku

    >>>>njrit..nambah lagi yg anjrit2an liat lombok…
    buruan ja mas…drpd ntar lebih komersil…

  16. beni fuad ismail 06/08/2009 pada 1:47 pm #

    alhmdlh besok dapet kesempatan kesana….he
    thanks god…

  17. LiNa 29/08/2009 pada 8:24 am #

    waaaaahhhhhhhh,PENGEN bgt k Lombok!!amat sangat pengen!!!

    Tapi saiang,susah bgt jadi cwe buat minta izin jd backpacker sndirian,,
    aPaLagi yang jauh gituh,, Huft!! =(

    >>>>ajak temen ja mbak…..enakan bareng2

  18. Cool man 03/09/2009 pada 10:25 pm #

    Alhamdulilah, merp. Kebanggaan trsndiri buat gw lhir dlmbok,BUT. . .
    Bru 2 bln akhr2 ni bru nyadar gw tu tgl di virgin island yg keindahanx g da duax!
    (what the hell??¤*%!)
    untg j brkat gw kul dluar n gra2X ud g plg stngh taun lbh di bndung,gw search2 gmbr2 pnte lmbok. . Gile edan!bnr2 bru xdar gw tmpt tgl gw indah bgt!untg lburan gw bnr2 manfaatin bgt jLn,ohx btw gw pux rmh apung yg dket gili sudak n gli tangkong,(hhe promosi)n jdix gw ud lmayan sRing k gli nangGu,buat yg mw rncna k lmbok,TUNGGU APALAGI!BURUAN! Sblum vist lmbok sumbwa 2012!bkal naik tarifx uy!ok smua,i love u full

    >>>>ok…tks bro sharingnya….
    virgin island?bdg?…lo benernya tinggal dimana bro?…

    • Cool man 04/09/2009 pada 5:30 am #

      Tgl dlmbok,tpi kul dluar,nah smnjak kul dluar n ud stngah taun g pnah liat pnte bru dah kgn ma pnte2 dlmbok,gtU brow:)
      hwehehe

  19. Cool man 04/09/2009 pada 5:31 am #

    Ohx yg gw mksud virgin island tU lmbok mksudx

    >>>>o begono….tak kirain virgin island di benua lain gitu…heheheh

    • Cool man 04/09/2009 pada 10:15 pm #

      Buwekekekeke,,hhehehe:)
      ohx bdw,bunaken jg cool abiz!hheher kpn2 pgn ksana

  20. Catatan Perjalananku 20/02/2012 pada 2:59 pm #

    jadi pengen kesitu,, bulan depan ah, naek motor ke lombok lagi 😀

  21. Lalu teguh 22/08/2012 pada 5:44 am #

    lombok memang tidak kalah indahnya dengan bali,,perbandingan Lombok dan Bali,,
    di Bali ada pantai Kuta,di Lombok juga ada pantai Kuta..
    di Bali terkenal dengan pulau 1000 Pura,di Lombok,,wahhhh,,banyak bgt Pura..
    tapi,,di Lombok terkenal dengan pulau 1000 Masjid,di Bali ada tidak?
    di Lombok ada pantai Senggigi,di Bali tidak ada,
    di lombok ada Gilinya seperti Gili terawangan,Meno,Air,dan Nanggu..di Bali,ada g’ ya??,,:D

    tapi karena pertambangan yg ada Di NTB menghadang perkembangannya PARIWISATA,,maka dari itu Lombok kalah saing dengan Bali dalam bidang PARIWISATA,,
    walawpun banyak turis mancanegara mengakui,Lombok banyak mempunyai potensi dalam bidang Pariwisata,tapi mw gimana lagi,dari masyarakat lokalpun,karena masih berpikiran primitif dan menolak adanya PARIWISATA yg tidak jauh dari kata MUDARAT,MAKSIAT,dan sebagainya,
    dari pemerintahpun,belum ada dukungan yg maximal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: